SYARAT SAH SHOLAT
Adalah Hal” yang wajib di hadirkan di dalam melaksanakan shalat dan dia bukan bagian dari shalat, dan jika ditinggalkan tanpa udzur, maka shalatnya dianggap tidak sah.
Syarat-syarat sah shalat ada 8 yaitu:
1. Islam
Orang yang belom masuk islam semua ibadahnya tidak dianggap secara syar’i. Artinya semua ibadah yang di lakukan tidak sah dan sia-sia belaka.
Seseorang dikatakan sebagai seorang muslim dengan ketentuan sbb:
a. Keturunan Orang islam.anak dari ayah/ibu yang muslim, maka dia dihukumi sebagai muslim,walaupun tidak pernah mengucapkan 2 kalimat syahadat.
b. Mengucapkan 2 kalimat syahadat.
_Bersyahadat hanya wajib bagi:_
• Orang Kafir asli (Keturunan Orang Kafir)
• Bagi Orang murtad yang ingin kembali kepada Agama Islam.2. Tamyis
Tanda tamyis ada 2 yaitu:
a. Mandiri
Sudah Mampu membedakan kanan dan kirinya, bisa membedakan antara makanan dan bukan makanan, dapat bersuci sendiri.
b. Umur 7 tahun hijriyyah.3. Masuk waktu shalat
Mengetahui jika waktu shalat telah masuk. Artinya tidak sah shalat seseorang sebelum waktu shalat tiba.
Shalat wajib ada 5 yaitu:
Shalat Dzuhur
b. Shalat Ashar
c. Shalat Maghrib
d. Shalat Isya’
e. Shalat Shubuh4. Mengetahui waktu shalat sudah masuk
Dalam urusan Ibadah,seseorang dianggap sah ibadahnya jika memenuhi 2 syarat yaitu:
a.Yakin atau menduga waktu shalat telah masuk.
b. Didalam kenyataannya atau hakekatnya memang waktu sudah masuk.
Berbeda dengan urusan selain ibadah, seperti urusan Uang,harta, kalau kita menjual barang maka syarat barang yang kita jual harus milik Kita atau kita diberi amanat oleh orang untuk menjualnya,walaupun kita tidak menduga bahwa barang itu milik kita, Jika dalam kenyataanya barang itu adalah milik kita, maka jual beli kita sah.5. Suci dari hadast besar dan hadast kecil.
6. Suci dari najis di 3 tempat .
Yaitu badan,pakaian dan tempat.
Yang di maksud tempat adalah tempat yang menempel dengan jasad kita waktu shalat,artinya jika di tempat shalat kita ada najis, asalkan badan dan baju kita tidak menyentuh najis tersebut,maka shalat kita tetap sah.7. Menutup Aurat.
8. Menghadap Kiblat.