Mari kita buka bab keempat dengan kegilaan~
•
•
•
Tampaknya, sejak beberapa waktu lalu, Desa Mo tidak lagi damai. Mayat berjalan, seperti namanya, adalah orang mati yang bisa bergerak, sejenis mayat tingkat rendah yang telah diubah. Kecuali jika orang yang meninggal itu memiliki kebencian yang kuat, mereka biasanya bermata tumpul dan lesu. Mereka tidak terlalu berbahaya, tapi cukup membuat khawatir orang kebanyakan, terutama bau busuk yang menyebabkan muntah.
Namun, bagi Wei Wuxian, mereka adalah boneka yang paling patuh. Ketika dia mendengar mereka disebutkan, dia bahkan merasakan keakraban—dan sedikit kegembiraan.
A-Tong, salah satu pelayan yang membenci Mo Xuanyu tampak memasang wajah cemberut, “A-Ding, jika kamu ingin keluar, kamu harus membawaku agar aku bisa melindungimu...”
A-Ding menjawab dengan nada remeh, “Kamu? Lindungi aku? Berhentilah menyombongkan diri. Apakah kamu yakin bisa mengalahkan hal-hal itu?” A-Tong berkata dengan getir, “Jika aku tidak bisa mengalahkan mereka, orang lain juga tidak bisa.”
A-Ding tertawa, “Bagaimana kamu tahu bahwa orang lain tidak bisa mengalahkan mereka? Izinkan saya memberi tahu Anda—hari ini, beberapa orang datang ke Desa Mo. Saya mendengar bahwa mereka berasal dari sekte yang sangat terkemuka! Nyonya sedang berbicara dengan mereka di aula utama, dan semua orang di kota menonton. Tidak bisakah kamu mendengar suaranya? Aku tidak punya waktu untuk bermain-main denganmu, mereka mungkin memberiku lebih banyak pekerjaan setelahnya.”
Wei Wuxian mendengarkan dengan penuh perhatian. Benar saja, suara samar-samar orang datang dari timur. Dia merenung sejenak, berdiri, dan memutuskan untuk keluar dari persembunyiannya.
Saat ini, kedua pelayan, A-Ding dan A-Tong, sedang menggoda satu sama lain, memekik keras ketika melihat Wei Wuxian tengah berada di hadapan mereka. A-Tong yang berpikir kalau dia sudah kehilangan muka di depan A-Ding ingin menebusnya, jadi dia melompat dan melambaikan tangannya seperti sedang mencela seekor anjing, “Ssst! Ssst! Pergi! Kenapa kamu keluar? Kembalilah ke tempatmu!”
A-Tong memperlakukannya lebih buruk daripada memperlakukan seorang pengemis atau seekor lalat. Seringkali, semua pelayan keluarga Mo memperlakukan Mo Xuanyu seperti ini karena dia tidak pernah menolak. Wei Wuxian menendang ringan A-Tong, menjatuhkannya, dan tertawa, “Betapa beraninya seorang anak pesuruh mempermalukan orang lain seperti ini.”
Dengan itu, dia menuju ke arah keributan di timur. Cukup banyak orang yang berkerumun di dalam dan sekitar Aula Timur. Saat Wei Wuxian melangkah ke halaman, seorang wanita berbicara dengan suara yang beberapa nada lebih keras daripada yang lain, “Seorang anggota dari generasi muda keluarga kami juga pernah menjadi seorang kultivator...”
Pasti Nyonya Mo yang mencoba menjalin hubungan lagi dengan keluarga budidaya. Wei Wuxian tidak menunggu sampai dia selesai berbicara, dengan cepat dia bergegas melewati kerumunan, menuju aula, dan menyeringai, “Aku datang, aku datang. Di sini!”
Seorang wanita paruh baya duduk di aula, dengan kesehatan yang terjaga dan mengenakan pakaian mewah. Dia adalah nyonya Mo. Suaminya duduk di bawahnya, dan di seberangnya duduk beberapa anak laki-laki berjubah putih. Karena orang aneh yang tidak terawat muncul dari dalam orang-orang, semua obrolan terhenti, tapi Wei Wuxian berbicara tanpa malu-malu, seolah-olah dia tidak menyadari suasana tak bergerak sama sekali, “Siapa yang memanggilku tadi? Akulah yang nenek tua itu katakan. Karena hanya aku di keluarga ini yang menjadi seorang kultivator!”—Wei Wuxian berkata dengan penuh kejujuran.
Seorang kultivator yang lebih muda, Jingyi, hampir tertawa, mengeluarkan suara pfft. Wajahnya menjadi serius lagi ketika orang lain, yang tampaknya adalah pemimpin kelompok itu, Sizhui, memberinya tatapan tidak tajam.
Wei Wuxian mengikuti suara itu dan mengamatinya. Dia berpikir bahwa para pelayan hanya bersikap bodoh dan membesar-besarkan situasi, tapi dia terkejut melihat bahwa mereka benar-benar murid dari ‘sekte terkemuka’ dan Wei Wuxian tidak bisa menahan senyum lebar karena dia dengan sangat jelas mengetahui darimana orang-orang itu.
Anak laki-laki tersebut mengenakan jubah dengan lengan yang melebar dan ikat pinggang yang menjuntai, tampak seperti ikemen dan pastinya memanjakan mata. Dilihat dari seragamnya, terlihat jelas bahwa mereka berasal dari sekte Gusu Lan. Mereka pasti juga generasi muda yang memiliki hubungan darah dengan keluarga Lan, karena mereka semua mengenakan pita dahi putih selebar satu jari, dengan pola awan dijahit di atasnya.
Motto Gusu Lan adalah ‘kebenaran’. Pita dahi menyiratkan ‘berperilaku baik’, dan pola awan adalah pola resmi keluarga Lan, yang tidak berhak dipakai oleh para kultivator yang berasal dari keluarga lain. Wei Wuxian sakit gigi setiap kali dia melihat seseorang dari sekte Lan. Di masa lalunya, dia selalu menganggap seragam sektenya sebagai ‘pakaian berkabung', itulah sebabnya dia tidak akan pernah salah mengartikannya. ‘Lan Zhan~ kita benar-benar berjodoh, he he~’
Nyonya Mo sudah lama tidak melihat keponakannya ini, dan baru bisa melupakan rasa kecewanya setelah sekian lama, ketika dia menyadari siapa orang yang yang mengenakan topeng itu. Dia sangat marah, tapi dia tidak ingin kehilangan kesabaran dan membuat dirinya tidak tenang, jadi dia merendahkan suaranya pada suaminya, “Siapa yang membiarkan dia keluar? Bawa dia kembali ke sana!”
Suaminya segera tersenyum untuk menenangkannya dan berjalan mendekat dengan tatapan kesal, siap menariknya keluar dari sini. Namun, Wei Wuxian tiba-tiba terjatuh ke tanah, anggota tubuhnya menempel erat ke lantai. Tidak ada yang bisa membangunkannya, bahkan setelah lebih banyak pelayan dipanggil untuk membantu. Saat wajah nyonya Mo menjadi gelap sedikit demi sedikit, suaminya juga berkeringat. Dia mengomel, “… Kamu… Dasar orang gila! Jika kamu tidak kembali sekarang, tunggu dan lihat bagaimana aku akan menghukummu!”
Meskipun semua orang di Desa Mo tahu bahwa keluarga Mo memiliki tuan muda yang kehilangan akalnya, Mo Xuanyu sudah bersembunyi di ruangan gelap itu selama beberapa tahun, takut untuk keluar. Orang-orang berbisik di antara mereka sendiri, menantikan pertunjukan yang bagus untuk ditonton. Wei Wuxian berbicara, “Aku bisa pergi jika kau tidak menginginkanku,” dia menunjuk ke arah Mo Ziyuan, “Tapi suruh dia mengembalikan barang yang dia curi dariku dulu.”
Mo Ziyuan tidak menyangka orang gila yang tidak berguna itu punya nyali untuk membuat masalah di sini, bahkan setelah dia didisiplinkan kemarin. Wajahnya menjadi pucat, “Omong kosong! Kapan aku mencuri barang-barangmu? Apakah aku perlu mencuri sesuatu darimu?”
Wei Wuxian berkata, “Ya, ya. Kamu tidak mencuri, kamu merampok!” dalam hatinya, Wei Wuxian tertawa puas.
—
To be continue
KAMU SEDANG MEMBACA
WILD DESTINY
RandomWei Wuxian yang dibangkitkan kembali karena permintaan tulus dari seseorang yang memiliki hati yang murni, bersih, dan tulus, harus menghadapi takdir barunya yang liar. Sosok yang dijuluki Yiling Laozu itu terlahir ke dunia manusia dengan identitasn...