Bikin Visa

1 0 0
                                    

Jakarta, 29 November 2021

Jam 10 pagi saya sampai di depan kedubes Turki. Di depan situ saya agak ragu, disini bukan sih bikin visanya, hahaha. Karena gak kayak yang lain, saya datang kesiitu cuma sendiri. Mana pembimbingnya belum datang lagi. Ya saya mana ngerti juga, berkas saya juga masih sama beliau. Ya udah nunggu depan kedubes sendirian kayak orang...... ditambah lagi, saya ngobrol bareng mbak-mbak depan kedubes yang lagi duduk, dia nanya ke saya, "Memang bikin visa pelajar disini ya? Setahu saya sih ini untuk yang mau ngurus kayak nikah, atau orang Turki yang ke Indonesia gitu". Anah, makin bingung kan saya. Tapi kayaknya dari foto-foto bareng hasil teman-teman saya ya disini tempatnya. Memang dimana lagi? 😅. Ya udah, saya tunggu saja. Akhirnya pembimbing gak lama kemudian datang, saya akhirnya masuk ke dalam setelah pengecekan berkas dan briefing sedikit. And then, sudah. Cepat sekali selesainya. Yang mewawancara setelah tau saya orang Gontor, nanya "Hafal berapa juz?" Saya bilang juz 30. 1 dan 29. Dia malah ngiranya juz 1-29. Jadi saya bakal dimudahin dan dibantuin banget dengan dia. Ya, saya bilang 'dan', bukan 'sampai. Itupun dulu, sekarang udah banyak yang lupa, karena kurang Muroja'ah. Tapi kalau sekedar ngikutin bacaan, bisa lah dikit-dikit.

Selesai bikin visa, saya telpon teman saya, bisa gak dia jemput saya untuk ngobrol bareng. Ini teman sesama Alumni Gontor, sih. Tapi saya bilang, saya beli tiket dulu di Gambir. Setelah beli, baru saya kabarin dia. Karena hari ini, ya saya harus balik. Saya ngojek dari kedubes ke Gambir. Lucunya waktu itu saya ada masalah dengan aplikasi Gojek, nomor saya terdaftar atas nama dan email orang lain. Kalau Grab, saya gak ngerti gimana gunainnya, hahaha. Jadi, saya minta tolong bapak-bapak yang lagi duduk depan Kedubes. Untung beliau mau bantuin saya. Dipesenin Gojek lah saya dan langsung cus ke Gambir. Saya ke Damri, ternyata dapat jam setengah 9. Agak malam, jadi saya bilang ke teman saya, biar saya aja yang dateng kesana. Takut ngebebanin dia juga. Saya ke Tangerang ternyata cepatnya naik KRL. Di KRL bingung saya, hahaha. Belum pernah naik soalnya. Gak ada di Sumatra. Mana sistemnya pake kartu, lagi. Orang-orangnya juga buru-buru banget jalannya. Ya saya ikut-ikut aja lah, sambil nanya-nanya security. Jabodetabek ya gini. Jam 1 saya sampai di Tangerang. Tapi teman saya lama banget jemputnya, ternyata tidur dia, hahaa. Capek katanya abis kerja tadi malam. Ya udahlah ya. Saya abiskan waktu dengan dia sama beberapa teman yang lain. Eh, ternyata dapat notif, keberangkatan saya diundur jadi tanggal 7, otomatis saya dari rumah tanggal 5. Tau gini mah, saya nginep aja di Tangerang. Hadeuh, capek gini bolak-balik. Masalahnya, saya sudah pesan tiket. Saya mau reschedule tapi lupa minta nomor yang jaga tiket. Mau ngehubungin juga bingung kayak gimana. Ya udahlah, saya habiskan 4 jam saja di Tangerang. Saya ke pasar lama, banyak banget jajanan disana. Walaupun harganya agak lebih mahal dari jajanan di daerah saya. Ya wajar sih, daerah Jabodetabek UMR nya tinggi.

Setelah banyak saya ngobrol dengan teman-teman, dengan ortunya teman saya. Makan bareng, dokumentasi foto juga udah, saya balik ke Gambir lewat stasiun tanah abang. Jam 9 saya berangkat balik ke Lampung. Capek banget memang. Kemarin naik kapal, hari ini naik kapal lagi. Seandainya saya dapat notifnya sebelum saya ke Tangerang, ya saya lebih milih untuk nginep di rumah teman saya dulu pasti. Well, kholas lah! 😅. Balik!

Notes from TurkiyeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang