Lampung, 10 September 2021
Pada bulan ini saya menghabiskan waktu saya untuk seminar buku saya yang pertama, "Santri Kuat". Alhamdulillah saya dapat kesempatan untuk berbicara di depan para santri di 5 ponpes berbeda di wilayah Lampung Utara dan Bandar Lampung. Isi seminarnya lebih ke bedah buku dan juga tambahan sedikit motivasi bagi para santri agar selalu percaya bahwa siapapun bisa menjadi sukses tergantung dari mindset dan usaha kita. Persiapan berupa bekal tuk menyongsong masa depan menjadi inti dari motivasi yang saya berikan. Dan Alhamdulillah, sambutan dari para santri pun kebanyakan positif. Dari seminar ini pula saya berhasil menjual lebih dari 150 buku saya.
Di seminar ini pula saya mendeklarasikan kepada para peserta seminar, bahwa dalam kurun 5 tahun lagi akan terbit buku kedua saya yang berjudul, "Notes From Turkey", yang menceritakan keseharian kuliah saya di Turki secara informatif dan santai. Yang semoga banyak orang bisa mengambil manfaat dan bisa mengenal perkuliahan dan pemandangan di Turki lebih dalam lagi.
Alasan saya menulis lagi karena saya lihat banyak orang yang mengambil manfaat dari buku saya yang pertama dan mereka memberikan apresiasi. Ini jadi pemicu saya untuk menulis buku "Notes From Turkey" ini. Karena menulis bukanlah hobi saya. Segala sesuatu yang berhubungan dengan sepak bola itu baru hobi saya. Tapi melihat dari segi manfaat tadi, saya bisa jadikan menulis sebagai dakwah, sarana edukatif dan informatif. Karena Rasulullah pun bersabda, "Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain".
Saya menulis juga karena saya rasa menulis adalah thoriqoh yang paling cocok buat saya. Walaupun masih banyak kekurangan sana-sini, tapi pasti bisa dikembangkan lagi seiring berjalannya waktu. Kenapa gak ambil videography dan ngeyoutube aja? Karena saya merasa kurang cocok aja di bidang itu. Tulisan juga menjadi sarana untuk mengeluarkan opini serta unek-unek yang akan disampaikan. Tulisan adalah sejarah di kemudian hari. Dengan tulisan, nama kita tidak akan hilang tertelan waktu. Dengan tulisan pula, nama kita akan dikenal oleh para pembaca buku. Buku kita pastinya, masa buku orang lain .
Video memang menampilkan peristiwa secara jelas dan gamblang. Tapi tulisan menceritakan peristiwa secara lengkap dan kompleks. Karena tidak semua peristiwa terekam oleh kamera. Berdakwah, mengekspresikan diri, dan berkarya bisa melalui apapun. Dan menulis adalah jalan yang saya pilih. Maka, ayo menulis!
KAMU SEDANG MEMBACA
Notes from Turkiye
AvventuraCatatan keseharian selama kuliah di turki. Sebelum, ketika, dan setelah berangkat ke turki. İnformasi apa saja tentang turki secara santai. Setiap perjalanan menarik, termasuk destinasi keren yang saya kunjungi selalu saya catat dengan bahasa yang a...