Wartawan-wartawan berbondong-bondong ingin mewawancarai mereka berenam. Membuat klarifikasi bahkan sampai mereka di minta untuk menambahkan cerita yang menjurus kebohongan hanya karena ingin berita mereka naik di televisi.
Tetapi Maya menolak untuk berkomentar bahkan memberi keterangan. Maya menyuruh semua teman-temannya untuk tidak berbicara terkait hal apapun.
Ketika kesehatan mereka telah pulih kembali. Mereka memutuskan untuk kembali ke kota. Mereka pulang tanpa keberadaan Luna. Di perjalanan, mereka selalu memikirkan musibah yang sangat tidak bisa mereka lupakan. Niat mereka berlibur dan membuat konten menjadi tidak berjalan dengan menyenangkan.
Konten dengan background alam dan mistis di tempat yang banyak misteri. Itu adalah langkah yang sangat salah di lakukan oleh seorang siswa dan siswi SMA. Resiko yang mereka ambil sangatlah besar. Mereka juga harus kehilangan seorang teman. Kebudayaan dan kepercayaan yang masih melekat di daerah ini.
Ketika sampai di kota, Mereka pulang ke rumah masing-masing. Maya kini menjadi seorang anak yatim piatu untuk kedua kalinya. Naura menjadi lumpuh dan harus menggunakan kursi roda. Gibran mengalami sedikit trauma. Irsyad juga sedikit mengalami trauma. Oca harus melakukan operasi pada Kaki dan tangannya yang mengalami retak. Mereka semua juga kembali menjalankan sebagai murid seperti biasa. Namun tidak untuk Satria, dia harus masuk ke jeruji besi dan mempertanggung jawabkan semua perbuatannya.
Akan tetapi di sisi lain dari traumanya mereka. Kelima anak ini menjadi idola bagi semua murid. Mereka berhasil menemukan kelima mahasiswa yang hilang di daerah itu. Walaupun mereka harus kehilangan seorang teman. Bisa selamat dari tragedi membuat mereka bisa bernapas dengan lega.
***
Beberapa tahun kemudian cerita itu dibuat menjadi sebuah film yang digarap sendiri oleh Maya, Gibran, Oca, Irsyad dan Naura yang di dukung oleh pihak-pihak yang mengerti dalam pembuatan film."Terus bagaimana kalian sekarang, setelah mengalami hal seperti itu?" tanya Wartawan.
"Kita, menjalani hidup dengan seperti biasa. Kita juga akan ada projek untuk membuat film baru tetap dengan ganre horor yang menampilkan kisah nyata di berbagai daerah." Gibran menjawab.
"Sekarang bagaimana kondisi teman kalian? Apa kalian sering menjenguk di sel?" tanyanya.
"Satria, meninggal setelah sebulan berada di penjara," sahut Irsyad.
"Kenapa? Apa karena hukuman kah?" tanyanya kembali.
"Enggak, bukan karena hukuman. Tetapi lebih tepatnya dia meninggal karena bunuh diri." jawab Oca.
"Mbak, Maya apakah meninggalnya Satria ada sangkut paut dengan perjanjian itu?" Wartawan semakin mengulik informasi.
"Hm, ya! Perjanjian yang mereka buat akan mereka tanggung jawab di kemudian hari," Maya menjawab dengan tenang.
"Terus apa nih keinginan kalian dengan adanya film Malapetaka ini?" tanyanya kembali.
"Aku berharap, jika di luar sana masih ada yang memiliki dendam atau amarah yang berlebihan dan membuat kalian melakukan hal-hal yang akan merugikan diri kalian sendiri. Sebaiknya di pikirkan dulu resiko yang ada di dalamnya. Jika. Kalian jatuh di lubang kehitaman, kalian tidak akan mudah untuk memanjat lubang itu dan merubah segalanya. Jika kalian ingin berniat mencoba bahkan menjerumuskan diri sendiri dalam kegelapan ilmu hitam, sebaiknya di pikirkan terlebih dahulu, saat kalian telah melakukan sebuah perjanjian dengan setan, perjanjian itu tidak akan mudah juga untuk di putuskan," ucap Maya sambil memegang sebuah kalung permata.
"Apakah film yang selanjutnya akan sama dengan Malapetaka ini?" tanyanya.
"Kita tidak tau ya, karena kita berusaha untuk buat cerita nyata di kehidupan perjalanan yang juga memiliki banyak cerita mistis di dalamnya, " sahut Gibran.
"Mbak, Maya terakhir pertanyaan saya, Apakah makhluk seperti mereka bisa melukai manusia seperti kita? Apakah mereka masih ada di sekeliling mbak Maya?" tanyanya kembali.
"Bisa, ketika mereka mendapatkan energi dari rasa takut dan marah dari manusia itu bisa membuat mereka melukai manusia itu sendiri dan sampai sekarang pun masih ada di sekeliling saya, karena hal itu tidak bisa di pungkiri bahwa kita yang masih hidup ini hanya terbatas tembok tipis di dunia mereka. Kita harus saling menghargai." Maya memberi petuahnya.
"Wah, Terima kasih untuk kalian semua! Cerita ini semoga bermanfaat bagi semua orang. Mereka jadi akan mendapatkan bayangan bagaimana ketika kita terjerumus dalam ilmu Hitam bahkan terkait dalam sebuah perjanjian. Harus saling menghargai walau berbeda dunia" sahut wartawan.
***
Wawancara yang di lakukan oleh Maya dan keempat temannya menjadi topik terhangat di berita dan sosmed. Mereka juga sering di panggil oleh banyak orang untuk sekedar paranormal activity, menetralisir kan makhluk-makhluk, mengungkapkan sebuah tragedi pembunuhan, pemerkosaan dan lain sebagainya. Selepas wawancara tersebut mereka menyempatkan untuk berziarah ke makam Satria. Berdoa dan melepaskan dengan ikhlas. Maya pun berziarah ke makam Tante dan Paman bahkan juga kedua orang tuanya. Walaupun, jasad dalam kubur paman dan Tante tidak ada tapi nama mereka terpampang di batu nisan.
Semua menjadi pembelajaran yang berarti bagi diri mereka. Kegelapan tidak bisa mengusir kegelapan, hanya cahaya yang bisa melakukannya. Kebencian tidak bisa mengusir kebencian, hanya cinta yang bisa melakukan itu.
Ketika manusia berkecimpung ke dunia hitam. Mereka akan merasakan ketika telah tiada. Dimana saat manusia seperti itu tiada. Arwah mereka tidak pernah mendapat cahaya. Arwah mereka akan dipergunakan untuk menyakiti manusia lainnya.
Pengalaman yang tidak pernah mereka lupakan. Bahkan akan selalu mereka ingat dalam hati dan benak mereka.
Ketika kalian memiliki sifat iri dan dengki berkelanjutan. Bahkan hingga menimbulkan keinginan untuk melenyapkan. Itu adalah tindakan yang sangat merugikan diri sendiri. Bersikap yang baik dan menjadi manusia yang baik dan bermanfaat bagi orang lain.
*****
Tamat
KAMU SEDANG MEMBACA
MALAPETAKA ( Tamat )
Terror"Jangan sekali-sekali melakukan sesuatu hal yang merugikan diri kalian sendiri, bapak tidak akan menanggung bila terjadi sesuatu?" Tujuh anak SMA yang berlibur ke suatu tempat di mana tempat itu memiliki sebuah cerita legendaris atau cerita mistis...