FILE 13. MISTERI MNI BUS YANG TERSESAT

11K 603 4
                                    

LOKASI : WONOGIRI
WAKTU KEJADIAN : 1990 - AN

Kejadiannya di sekitar kota Wonogiri, Jawa Tengah. Tanggal tepatnya tak ada yang mencatat. Penduduk daerah itu hanya menyebut saat musim kering. Itu berarti sekitar pertengahan tahun. Dan ini kisahnya...

Suatu pagi, penduduk dibuat gempar. Kegemparan yang sangat menghebohkan, hingga menarik perhatian penduduk di desa-desa sekitarnya untuk datang dan menonton !

Yang menjadi pokok perhatian adalah Bukit Kapuk yang kering dan terjal ! . Disebut Bukit Kapuk, karena bukit tersebut dipenuhi pohon randu atau kapuk, yang menghasilkan kapuk untuk isi bantal, guling atau kasur tempat tidur. Yang menyita perhatian penduduk bukan bukitnya yang terjal dan sulit didaki itu, melainkan nun jauh di atas bukit bertengger mini bis, yang biasa dipergunakan untuk angkutan umum antar desa ... ! Yang jadi pertanyaan orang-orang adalah : bagaimana mini bis itu bisa bertengger di atas bukit ... ?

Saksi mata, penduduk yang tinggal di sekitar bukit pun bilang :

"Padahal, kemarin tidak ada mini bis di atas sana... !"

Ia bahkan berani disumpah atas keyakinan itu. Ia tidak sendirian. Ada banyak lagi yang merasa yakin pada penglihatan.

"Kemarin tidak ada ... !" Ujar mereka serempak.

"Perlu waktu satu minggu untuk mengangkat mini bis itu ke atas bukit ... ! Itu pun dengan mengangkatnya secara beramai-ramai atau gotong royong ... !" Ujar yang lain.

Yang mengejutkan, penduduk menemukan kunci kontak mobil masih bertengger di tempatnya, di bawah kemudi. Ketika dicoba, mesin bisa hidup dengan baik. Setelah diperiksa dengan seksama, mobil ternyata dalam keadaan mulus, tak terlihat penyok atau bopeng di sana sini. Itu berarti, mobil tersebut bisa dijalankan secara normal.

Sore harinya, penduduk makin banyak yang menonton. Keanehan ternyata belum berakhir di situ. Menjelang maghrib, penduduk berhasil menemukan sopir mini bis tersebut ! Ia tergeletak tak sadarkan diri, dibawah tumpukan batu, sekitar seratus meter di bawah mini bis berada.

Orang-orang kontan merubung sopir berambut keriting. Bertubuh agak tinggi, dan berusia sekitar 35 tahun itu. Dari kesaksiannyalah orang-orang ingin tahu jawaban misteri mini bis bisa tersesat dan bertengger di atas bukit kering dan terjal, padahal tidak terdapat jalan mobil menuju atas sana ! Jangankan jalan mobil, jalan setapak pun tak ada !

Dan inilah kisah yang dituturkan sang sopir. Namanya Warto Supandi, usianya 35 tahun, sudah menikah punya 3 anak, kelahiran Kudus, Jawa Tengah, dan ciri-cirinya rambut hitam keriting, ada bercak hitam sebesar uang logam di bawah telinga.

"Tadi malam, sekitar pukul sebelas, saya sudah berniat menghentikan kerja dan tidak mengangkut penumpang lagi. Hujan rintik-rintik dan sepi penumpang. Mau saya ingin cepat-cepat pulang dan tidur. Apalagi badan saya rasanya pegal bukan main !,

Karena kendaraan sudah kosong. Hadi, kondektur saya, duduk di bagian depan di sebelah saya. Nah, keluar dari kota, di dekat Bukit Kapuk itu saya dan Hadi melihat seorang wanita sedang berjalan sendirian. Ia memakai celana panjang coklat dan berkemeja putih. Wanita ini seakan tidak peduli sama hujan.

Entah karena kasihan atau apa. Hadi mengusulkan mengangkut wanita itu. Sedang saya maunya jalan terus. Sudah engga tahan capeknya. Entah karena apa, usul Hadi berubah jadi paksaan. Tanpa pikir panjang, saya pun menghentikan kendaraan. Wanita itu kita angkut. Ia duduk di tengah-tengah, diapit Hadi dan

Hadi membuka pembicaraa.

"Mau kemana hujan-hujan begini, Mba ?"

"Pulang," jawab wanita itu.

"Kemana ... ?" Kejar Hadi.

"Desa di depan. Sudah dekat, kok !" Sahut wanita itu.

"Wah, kita satu arah, dong, ujar Hadi senang.

Tak ada pembicaraan sejenak. Saya tetap asyik melihat jalanan. Sepinya bukan main ... !

Tak lama kemudian, wanita itu terdengar marah-marah.

"Jangan, coba-coba menggoda saya ! Berbahaya," katanya mengancam.

Ah, dasar anak muda. Rupanya, Hadi mencoba menggoda wanita itu. Namun, mendengar ancaman itu, Hadi bukannya menghentikan niatnya atau takut, eh, malah terus menggoda sambil tertawa

Wanita itu meronta. Dan, Hadi tetap tidak peduli. Entah mengapa mulut saya mendadak terkunci. Suara saya tidak keluar sama sekali ! Keadaan semakin tidak terkendali.

Tak lama kemudian, lampu mobil mendadak mati. Mata saya tidal melihat apa-apa. Bulu kuduk saya langsung berdiri. Mau meloncat keluar, kaki rasanya seperti terikat. Lagi pula. Saya masih mendengar deru mesin. Itu berarti mobil terus melaju. Saya menyetir sekenanya.

Saya marah pada Hadi, "sudah saya bilang, wanita itu jangan diangkut ... !" Teriak saya.

Seberkas cahaya muncul di depan. Putih menyilaukan. Saya menoleh ke arah wanita. Aneh dia sudah tidak ada ...!

Tak lama kemudian terdengar suara berderak mobil agaknya menghantam sesuatu. Saya lalu tidak ingat apa-apa lagi sampai bapak-bapak sekalian menemukan dan menolong saya. Saya heran mengapa mobil saya bisa sampai tersesat di bukit ini ... ?"

Sopir naas itu masih itu masih bingung. Wajahnya nampak ketakutan. Wajah ketakutan juga terlihat di wajah Hadi. Kondektur itu di ketemukan tak jauh dari sang sopir. Tubuhnya tergantung di dahan pohon kapuk.

Tentang wanita itu masih misterius. Siapa dia tak ada yang mengetahuinya .

CATATAN FILE : Sampai saat ini misteri yang menyebabkan mini bus nyakut dan tersesat di atas bukit belum terpecahkan ... bagaimana mungkin kendaraan seberat hampir setengah ton itu bisa ada di sana, dan bagaimana mengangkutnya, dan dalam satu malam saja ....

KASUS DI TUTUP

KISAH - KISAH MISTERITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang