PROLOG - Q.S Ali 'Imran Ayat 31

18.2K 658 10
                                    

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Allah SWT berfirman:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَـكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

"Katakanlah (Muhammad), Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 31)

Hadis yang di riwayatkan dari Suwaid bin Sa'id, dari Ali bin Mushir, dari Abu Yahya Al-Qottat, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas r.a dari Nabi SAW, bahwasanya beliau bersabda: "Barang siapa yang jatuh cinta kemudian menyimpannya dan menjaga harga dirinya dan bersabar, maka Allah akan mengampuninya dan memasukannya ke surga."

Syeikh Jakfar As-Sarraj menyebutkan di awal kitab Mashori'ul Usysyaqnya tentang pengertian cinta dalam sebuah riwayat dari Abu Al-Aliyah As-Syami: "Amirul Mu'minin Al-Ma'mun bertanya kepada Yahya bin Aktsum tentang cinta,

"Apakah cinta itu?."

Yahya berkata: "Cinta adalah sesuatu yang menimpa seseorang. Lantas hatinya di sibukkan dengan perkara itu, sedangkan jiwanya terpengaruh oleh hal itu."

Imam Al-Ghazali dalam Ihya'nya membagi sebab cinta menjadi 4:

1. Mencintai seseorang karena orangnya,

2. Mencintai seseorang karena mengharapkan sesuatu darinya,

3. Mencintai seseorang bukan karena orangnya, tapi karena hal yang berhubungan dengan akhiratnya,

4. Mencintai seseorang karena Allah, bukan karena ilmu ataupun amal, bukan pula karena mengharapkan sesuatu di balik cintanya.

Dr.Muhammad Sa'id Ramadhan Al-Buthi mengungkapkan dalam kitabnya Minal Fikr Wal Qolb saat beliau di tanya tentang apa hukum cinta dalam Islam?.

Beliau menjawab: "Islam tidak menghukumi apa apa tentang cinta, sebagaimana islam tidak menghukumi kebencian, kesedihan, rasa takut dan rasa lapar."

Syeikh Badiuzzaman Said An-Nursi seorang keajaiban Zaman dari Turki berkata: "Yang paling layak untuk dicintai adalah cinta itu sendiri, dan paling layak dimusuhi adalah permusuhan itu sendiri."

Itulah kutipan dari Allah, Rasulullah, dan tokoh islam mengenai cinta.

Cinta adalah Anugerah dan kita tidak bisa menghindarinya.

Dan hanya orang yang merasakannya saja yang mengetahui arti cinta.

Tapi, jarang yang mengetahui bahkan merasakan, arti cinta sejati dan sebenarnya.

Rasakanlah, begitu nikmatnya mencintai Allah.

🌸🌸🌸

Syukron😊

Sumber:

"HAKIKAT CINTA" Karya Imam Abdullah El-Rashied.

Kalian bisa menemukan karyanya yang sangat bermanfaat di lylstnrjnh

Jangan lupa ya, baca Basmallah yang sudah aku sediakan tiap partnya. Karena, pekerjaan apapun bila dimulai dengan Basmallah akan dinilah Ibadah. Makanya, jangan lupa ya gaes.

#JanganlupabacaQur'annya

08 Rajab 1440H

MAHABBAH [SELESAI]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang