Balik lagi sama Lisa 🙌
Sebelum mulai klik bintang di pojok kiri ya, makasih 😊
Untuk yang mengikuti promosi cerita, aku tulis di percakapan akun aku ya, terima kasih telah mengisi formulirnya 😁👏
Komentar nya menyusul setelah klik bintang di samping ya ❤
Part ini cukup panjang, mohon dibaca sampai habis kalau mau tau ilmu 😅😆
Jangan lupa baca cerita yang berjudul di atas ❤
***
11. Kekurangan dan kelebihan penerbit indie dan mayor
Lalu apa sih sebenarnya bedanya penerbit Indie dengan penerbit Mayor?
Nah untuk mengetahui perbedaan antara penerbit Mayor dengan penerbit Indie, baca saja kelebihan dan kekurangannya yang akan diuraikan berikut ini.
1. Kelebihan Penerbit Mayor
1. Menerbitkan buku di Penerbit Mayor 100℅ gratis! Biaya produksi, distribusi dan promosi sepenuhnya ditanggung pihak penerbit.
2. Promosi yang dilakukan penerbit Mayor jauh lebih menjanjikan. Mereka sangat gencar promo di sosial media, yang mana sosial media penerbit Mayor rata-rata memiliki pengikut yang besar. Ketika menerbitkan buku baru, penerbit Mayor juga kerap mengadakan blog tour, kuis-kuis, give away, bahkan launching buku dengan menghadirkan langsung penulisnya.
Dalam sekali terbit, sebuah judul buku di Penerbit Mayor akan dicetak dalam jumlah banyak 👏👏 keren gak tuh?
Nanti Lisa jelasin, Lisa lebih suka penerbit apa 😆👻
Untuk saat ini Lisa kasih perbedaanya dulu ❤
3. Biasanya antara 2.000 hingga 5.000 eksemplar pada cetakan pertama. Selanjutnya kalau habis/best seller, akan diterbitkan lagi cetakan kedua, ketiga, dan seterusnya.
4. Sistem penjualan buku pada penerbit Mayor lebih bervariasi. Selain dijual di toko-toko buku ternama di seluruh Indonesia, penjualan juga dilakukan secara online, baik dengan cara order pada toko-toko buku online yang banyak beredar di dunia maya, ataupun memesan langsung kepada penerbit. Malah untuk penulis-penulis ternama, buku bisa diorder sebelum beredar di toko buku. Buku-buku produksi penerbit Mayor juga ada yang dijual dalam bentuk ebook di play store.
#Kekurangan Penerbit Mayor
1. Prosesnya cukup lama! Untuk mendapat jawaban apakah naskah yang kita kirim diterima atau ditolak saja, kita harus menunggu antara empat hingga enam bulan. Sudah begitu kalau diterima, pihak penerbit juga masih butuh waktu lagi untuk mengedit naskah tersebut.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Kepenulisan
RandomDisini kalian akan mendapatkan pengetahuan tentang dunia kepenulisan, bagaimana cara menulis dengan baik dan benar. Aku akan memberikan pengetahuan kepada kalian semua, karena berbagi adalah kebaikan yang nantinya akan mendapatkan pahala. Yang ingin...