Halo semua selamat pagi
Btw Lisa nulisnya jam 4 jadi Lisa menyapa biasa untuk semua orang, tidak membeda bedakan agama kok. Yuk sharing semua pertanyaan, atau ada hal yang mau dibahas boleh kok.Sesuai dijudul Lisa akan membahas semua pertanyaan, berikut dengan jawaban. Dari sudut pandang Lisa atau menurut jawaban orang lain.
Dan Lisa yakin ini bakalan panjang, jadi kita adakan sesi tanya jawab seputar literasi dulu. Next times boleh kok pertanyaan nyeleneh atau sekedar basa basi, akan Lisa tanggapin. Intinya sopan ya.
Dan itu tidak akan Lisa jawab langsung di kolam komentar, melainkan Lisa ketik ulang. Silahkan simak dulu pertanyaan berikut.
Btw vote dulu ya satu vote buat kalian berharga banget loh buat penulis
Bener apa bener?😅
Yang sama sama penulis absen nama sama daerah atau kota kalian dulu yuk
Contoh: Lisa-Tangerang
Yang pembaca juga ikut komentar kok.
Kita awali dengan doa menurut kepercayaan masing masing ya.
***
Edisi pertama
1. Lisa akun wattpadku eror atau gimana ya, soalnya pas lagi baca cerita orang gak bisa vote gitu loh?
Ada yang pernah ngalamin?
Jawab: kalau Lisa pribadi juga pernah kok, sata masa masanya Lisa masih jadi pembaca. Dan Lisa baru tau sekarang, jadi menurut salah satu teman Lisa itu dan survei pendapat orang orang yang paham atau pernah mengalami, wattpad hanya bisa mem vote 100 kali dalam sehari.
Lewat dari itu pasti kalian tidak bisa, dan akan muncul notifikasi kaya leg atau sistem eror.
Kalau ada yang salah yuk saling sharing ya, gunakan bahasa sopan. Untuk menjaga mood dalam menulis haha. Bercanda 😅
2. Arti satu vote buat penulis gunanya apa?
Jawab: ekhem apakah tidak ada note saat kamu membaca cerita favoritmu? Jika tidak akan Lisa jelaskan. Vote itu kita anggap sebagai bonus dalam menulis, percaya deh banyak penulis pemula yang terpacu dengan satu vote. Jangan kamu langsung judge bahwa "wah dia terobsesi menulis sekedar mencari vote semata"
Tidak! Bukan seperti itu.
Vote itu sangat berarti untuk penulis kita bisa semangat saat ada yang baca karya kita, kalau Lisa pribadi mending milih dua pembaca tapi tiap kali baca selalu vote disetiap chapter. Tidak sepuluh pembaca siders yang tidak pernah vote.Terima kasih untuk kamu yang sudah vote chapter kali ini
3. Caranya naikkin mood saat nulis gimana sih?
Jawab: banyak sih beragam, kalau Lisa pribadi saat sedang tidak mood nulis hari itu juga Lisa tinggalkan dunia tulis. Lisa mencari kesenangan sendiri, contoh hari itu Lisa dengerin lagu abis itu nonton youtobe. Apapun hal itu asalkan memang bisa menaikkan mood dalam menulis.
Setelah itu kamu berkata kepada diri kamu sendiri "Main mainnya udah. Sekarang lanjut nulis, semangat!"
4. Kasih semangat dong buat penulis pemula biar semangat
Jawab: Lisa gak tau ya ini pertanyaan atau gimana, tapi pastinya sangat berguna dan berdampak banget buat kamu. "Siapa pun diri kamu, kamu bebas menulis selagi menulis itu memberikan manfaat atau hasil yang baik untuk ke depannya, jangan menyerah saat pertama kali. Terus berjuang demi kamu dan pembaca setiamu, ada yang hujat kamu? Biarkan saja selagi kamu kuat. Toh nanti dia tidak ada gunanya dia hanya parasit yang menghalangi jalan kamu. Kalau tidak sanggup kamu block dan laporkan, biar pihak wattpad yang menegaskan"
Kejam? Memang. Lisa tahu aturan kapan harus serius atau bercanda sama pembaca, coba kamu bacaiin komentar ketos. Rata rata Lisa tanggapin 98 persen tapi kalau ada yang sama Lisa tidak jawab, dan itu Lisa bawa asik aja.
5. Pernah block akun wattpad seseorang gak? Kalau pernah kenapa?
Jawab: pernah, kalau tidak salah saat orang itu promot di kolom komentar deh. Hmm sekitar dua atau tiga bulanan, kalau tidak salah cuman sekali doang Lisa pernah block akun, kamu boleh kok promot di wall Lisa atau dm Lisa, saling baca juga boleh tapi beneran dibaca ya, jangan cuman boom vote doang.
6. Hal pertama yang harus kita lakuin saat membuat cerita?
Jawab: Niat setelah itu bikin kerangka cerita. Tidak dijelaskan karena sudah dibahas, korek sendiri part berapa ya.
7. Cara agar ide cerita kita gak kemana mana?
Jawab: buat kerangka setelah itu buat alur disetiap bab, pastinya saat kamu menemukan ide baru ide lamamu akan masih tetap sama. Karena kamu sudah menangkan di kertas. Kamu bebas membuat cerita berapa saja, tapi tantangan di diri kamu sendiri, sanggupkah kamu menamatkan semuanya?
Jawab!
8. Aku kalau nulis sambil nyetel lagu kadang ide ngalir lancar jaya, tapi tetap saja stuck saat nulis, gimana tuh sarannya?
Jawab: Lisa saranin kalau kamu dengerin lagu yang tanpa lirik, kalau semisal kamu stuck atau kehabisan ide cerita. Kamu istirahat dulu atau jalan jalan kemana gitu, dan balik nulis lagi deh
9. Cara memperkuat tokoh gimana Lisa?
Jawab: Kamu harus menyukai si tokoh ceritamu sendiri, buatlah sereal mungkin kalau dia itu terkesan di dunia nyata. Jadi saat kamu nulis kamu akan mudah membayangkan tokoh seakan tokoh itu ada orang yang dekat denganmu
10. Writers block definisi Lisa bagaimana?
Jawab: Saat di mana kamu mengalami kehilangan ide cerita, mood saat menulis dan gangguan lainnya. Dan caranya sudah dijelaskan dipertanyaan sebelumnya.
Oke, sepuluh pertanyaan dulu akan dibahas, Lisa sedikit mau curhat dulu sebentar. Jadi pas saat nulis cerita ini, Lisa mendapatkan notifikasi bahwa cerita ini masuk ke wattys 2020. Waw its real
Lisa sampe speachles karena itu, tapi kenapa cerita ini gituloh. Soalnya ini materi dan diskusian lain lain, dengan genre acak. So gak ada didalam list untuk masuk wattys.
Yang akan Lisa daftarkan di tahun ini cerita berjudul Ketos Is My Husband
Lisa minta dong kalian semua tag lima akan teman kamu di bagian
Ini 💬Tolong share cerita Tentang Kepenulisan, karena pastinya banyak orang yang bertanya tanya dan dia tidak tahu harus ngapain. Caranya mudah cukup salin link cerita ini dan tempel, setelah itu sebar ke media sosial kamu.
Jangan lupa tag akun Lisa.
Ayo komentar di bawah, kali ini seputar dunia literasi dulu ya. Nanya apa saja asalkan sesuai tema.
Yang masih ada unek unek yuk keluarin aja, kali aja Lisa dapat membantu.Ayok komen di bawah, atau dm Lisa semisal mau curhat curhat juga boleh. Folow dulu biar akrab
:D
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Kepenulisan
RandomDisini kalian akan mendapatkan pengetahuan tentang dunia kepenulisan, bagaimana cara menulis dengan baik dan benar. Aku akan memberikan pengetahuan kepada kalian semua, karena berbagi adalah kebaikan yang nantinya akan mendapatkan pahala. Yang ingin...