34. Cara mengedit cerpen

285 26 0
                                    


Sebelumnya diharapkan vote dan commentnya ya teman teman, biar aku semangat terus bikin cerita ini.

Spam komentar yang banyak, aku suka baca baca komentar unik dari kalian, tenang aja yang komentarin aku balas satu satu kok 😊

Follow juga @ChalisaTuha

***

34. Cara mengedit cerpen

Catatan wattpad yg perlu diperhatikan saat menulis.

Jadi di materi ini aku mau bahas tentang mengedit cerpen. Nah, kan kalo menulis itu sebaiknya sesuai dengan kaidah kebahasaan walaupun gaya menulis setiap orang itu beda-beda. Apalagi kalo mau ceritanya dilirik penerbit atau mau dikirim ke penerbit, tentu harus edit ceritanya dulu. Jadi aku mau kasih materi/tips tentang mengedit cerita biar rapi.
Jadi yang pertama ada yang disebut edit umum. Di edit umum ini ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat mengulas cerpen kita lagi, yaitu:

-Kalo pakai nomor halaman, apakah sudah dicantumkan?
-Apakah jumlah halaman sesuai dengan kriteria? (Jika naskah akan dikirim untuk penerbit/koran/majalah/lomba)
-Apakah judul cerita, nama penulis dan biodata singkat sudah ditulis? (Biasanya biodata singkat dicantumkan di akhir cerita/cerpen)
-Apakah pengaturan pengetikan sudah sesuai standar yang berlaku? Lanjut ke poin kedua, ada edit bahasa. Nah di poin ini ada hal-hal yang perlu dicermati juga, yaitu:

-Apakah penulisan sudah sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang benar?
-Perhatikan penulisan tanda baca (titik, koma, tanda kutip, seru, dan tanya)
-Dalam kalimat dialog yang berakhiran tanda tanya/seru, kata setelahnya tetap ditulis kecil karena masih satu kalimat.
-Setiap kalimat pertama dimulai dengan hurup kapital, walau itu dalam kalimat dialog.
-Buang kata-kata yang ditulis berulang-ulang, yang maknanya sama, pengulangan subjek yang sama, dan kata yang maknanya tidak tepat.
-Setiap awal kalimat dialog sebaiknya dijadikan paragraf baru, dan harus ditulis dijorokkan ke dalam atau tekan tombal (TAB) di keyboard.
-Awal kalimat harus huruf besar
-Awal kalimat dialog harus huruf besar
-Biasakan menulis kalimat yang pendek, 10-15 kata per kalimatnya. Supaya pembaca lebih terang menangkap maksud isi kalimat.
-Awal nama orang harus huruf besar
-Dalam kata sapaan keluarga yang menyebutkan kata ganti untuk tokoh cerita ditulis huruf besar baik dalam dialog maupun narasi/deskripsi
[4/5 20.14] +62 815-1702-8234: -Jika huruf besar dan kecil disatukan dalam satu kata, maka harus ada tanda hubung (-) contoh lainnya, kepada-Nya, KTP-ku, SPP-nya, se-Indonesia, dll.
-Saranku hindari menulis bahasa gaul dalam narasi/deskripsi tapi cukup dalam dialog saja.
-Penulisan tanda hubung (-) pada kata ulang ditulis serangkai/disatukan dengan kedua kata sebelum atau setelahnya.

Jadi di poin ketiga ada yang namanya edit isi cerpen. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah;

-Perhatikan kelancaran jalannya cerita, apakah mengalir atau tersendat-sendat.
-Perhatikan apakah ada loncatan cerita yang tiba-tiba, bisa karena penggunakan bahasa yang seketika (dari bahasa Indonesia ke bahasa daerah tertentu tanpa didukung oleh penguatan tokoh atau seting cerita).
-Hindari peristiwa kebetulan dalam cerita. Dalam cerpen, tidak ada sesuatu yang kebetulan harus ada penyebabnya. Seringnya kejadian kebetulan dalam sebuah cerpen, akan merusak plot cerita.
-Apakah konflik sesuai tema cerita?
-Apakah ending cerita sudah bisa menjawab konflik yang terjadi?
-Apakah ada sesuatu yang bisa didapatkan si pembaca setelah membaca cerita kamu? (Seperti moral cerita)
-Apa karakter tokoh sudah terasa? (Lebih cenderung ke tokoh utama)
-Apa pembaca (dapat) mengerti jalan cerita sehingga mereka bisa mendapat makna/pesan dari cerita?

Diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan).

***

Kurang jelas? Bisa tanyakan lewat kolom komentar ya, vote dulu chapter ini. Spam komentar yang banyak ya 😍

Follow akun aku untuk mengetahui updetan ceritaku yang lainnya 😆😍

Kalau ada yang mau promosi cerita jangan di wall ya, gak akan aku balas kamu bisa promosi di cerita tentang Kepenulisan part 6, semoga membantu untuk materi ini.

Salam
Chalisa pecinta reptil

Btw ada yang punya kura kura di rumah? Kalau ada bisa dm hihi

Tentang KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang