Sebelum baca tekan vote dulu yah, biar hargai penulis
Tag lima akun temanmu disini, agar dia mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.
Contoh: rahmasyaritaa25AisyahRahmatonKazzireerizzaKadeliarn_snowinnieyclaraaadeviiSpam komentar di bawah juga
***
Salah satu unsur terkecil dan paling utama dalam menyusun sebuah cerita adalah kata, karena tanpa kata tidak akan terbentuk kalimat dan paragraf. Pilihan kata yang baik dan tepat akan membuat sebuah artikel lebih bermakna dan menarik untuk dibaca. Sehingga sangat penting untuk memahami arti diksi dan penggunaanya.
Pengertian Diksi
Secara garis besar, diksi adalah pilihan kata yang paling tepat dan selaras dalam penggunaannya untuk mengungkapkan gagasan pada kalimat. Pilihan kata tersebut dipilih oleh penulis atau pembicara secara sadar untuk menggambarkan cerita yang dibuat agar mendapat efek tertentu dari pembaca atau pendengar.
Dengan adanya diksi atau pilihan kata yang tepat, diharapkan cerita maupun tulisan yang dibuat bisa lebih mudah dipahami, baik oleh pembaca maupun pendengar. Selain digunakan untuk mengungkapkan gagasan, diksi juga penting untuk mengungkapkan gaya bahasa dan pernyataan yang akan disampaikan.
Seorang penulis dan pembaca yang baik harus mencoba memposisikan dirinya sebagai pembaca atau pendengar ketika membuat sebuah tulisan. Sehingga bisa merasakan apakah diksi atau pilihan kata yang digunakan sudah sesuai atau belum dengan kaidah dan makna yang akan disampaikan.
Sangat penting bagi seorang penulis atau pembicara untuk memiliki kemampuan dalam memahami dan menggunakan kosa kata secara tepat. Agar mampu menentukan indikator yang tepat untuk mengomunikasikan gagasan yang dibuat, tentu harus memiliki pengetahuan terlebih dahulu tentang diksi.
Pengertian Diksi Menurut Para Ahli
Beberapa ahli mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian diksi dengan berbagai sudut pandang. Selain pendapat para ahli, pengertian diksi juga bisa ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
1. Gorys Keraf
Gorys Keraf memiliki dua pendapat dan definisi terkait pengertian diksi, yaitu:
Diksi adalah kemampuan untuk membedakan nuansa makna dari gagasan yang disampaikan secara tepat. Diksi juga bisa dikatakan sebagai kemampuan untuk menemukan kata yang sesuai dengan situasi dan nilai dari rasa yang dimiliki oleh pembaca, pendengar, dan kelompok masyarakat.Diksi adalah pemilihan kata-kata mana yang sesuai untuk digunakan dalam menyampaikan suatu ide atau gagasan dengan gaya penyampaian kata yang sesuai dengan situasi.
2. Harimurti
Pengertian diksi menurut Harimurti merupakan kejelasan lafal dan pilihan kata dalam mengarang maupun berbicara di depan umum untuk memperoleh efek atau feedback tertentu.
3. Susilo Mansurudin
Pengertian diksi menurut Susilo Mansurudin cukuplah singkat yaitu diksi adalah pilihan kata. Menurutnya, pemakaian diksi yang cermat, tepat, dan benar dapat membantu memberi nilai pada suatu kata dan dapat mencegah kesalahan penafsiran dalam konteks yang berbeda.
4. Enre
Enre berpendapat bahwa diksi merupakan penggunaan kata yang sesuai untuk mewakili perasaan, pikiran, ide, dan gagasan yang ingin disampaikan dalam suatu pola dalam kalimat tertentu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Kepenulisan
RandomDisini kalian akan mendapatkan pengetahuan tentang dunia kepenulisan, bagaimana cara menulis dengan baik dan benar. Aku akan memberikan pengetahuan kepada kalian semua, karena berbagi adalah kebaikan yang nantinya akan mendapatkan pahala. Yang ingin...