Dari Juni, Untuk Juni

181 18 14
                                    

-Zekair's point of view

tak ada yang lebih tabah
dari hujan bulan Juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu

tak ada yang lebih bijak
dari hujan bulan Juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu

tak ada yang lebih arif
dari hujan bulan Juni
dibiarkannya yang tak terucapkan
diserap akar pohon bunga itu

Hujan Bulan Juni,
Sapardi Djoko Damono

Hai, Zekair?

Hahaha, kaku banget, ya. Kayak gue pas awal-awal kenal lo.

Maaf, Je. Lo belum bisa baca puisi hasil karya gue karena memang gue belum nyoba buat bikin. Puisi memang selalu bikin siapa pun pembacanya tersenyum, tapi buatnya nggak semudah membaca. Jadi, gue kasih lo puisi ini aja. Judulnya Hujan Bulan Juni.

Bulan Juni.

Lo sadar nggak sih, kalau bulan Juni diam-diam jadi saksi bisu tentang kehidupan kita?

Yang pertama, gue dan lo sama-sama lahir di bulan Juni. Selanjutnya, di umur lima tahun kita juga pisah di bulan Juni. Kita nggak ketemu lagi di bulan Juni, tapi lagi-lagi kita pisah di penghujung bulan Juni.

Januari bukan bulan nomor satu di kehidupan gue, melainkan Juni. Makanya, gue rasa gue nggak salah ngasih lo puisi yang satu ini. Karena nggak ada yang lebih spesial dari bulan Juni.

Oh ya, gue bingung mau ngasih lo kenang-kenangan apa. Jadi, mungkin lo udah lihat isinya, kalender yang gue buat se-estetik mungkin tapi nggak berhasil. Kalau lo tanya kenapa gue bikinnya kalender bulan Juni, jawabannya ya tadi, karena nggak ada yang lebih spesial dari bulan Juni.

Dan wadah kaca yang isinya kertas bentuk bintang-bintang itu, mungkin bukan kenang-kenangan spesial, Je. Jumlah bintangnya ada 22. Simpan baik-baik dan jangan sampai ada yang hilang. Jadi kesimpulan kenang-kenangan dari gue adalah... jumlah bintangnya gabungan dari angka 6 dan 16, kalendernya bulan Juni. Paham, kan? Lo lahir tanggal 6, gue 16, di bulan Juni.

Ah, harusnya lo tahu tanpa gue kasih tahu. Tapi gue nggak yakin lo peka sama maksudnya.

Sampai sini aja. Gue pengen berterima-kasih banyaaaaak banget sama bulan Juni. Karena dia udah menyempatkan untuk menciptakan sosok laki-laki dengan nama Nathanael Zekair. Gue seneng. Bahkan kata terima kasih nggak akan pernah cukup untuk mengungkapkan semuanya.

Nice to meet you, Je.

Ini suratnya dari Zeklea Hanindhiya, ya. Jangan pernah lupa.

Zekair berhasil dibuat tersenyum lebar setelah ia menangis sejak melangkahkan kakinya menuju pesawat tadi. Ya, ia sengaja tidak lagi menatap ke belakang sebab air mata di pelupuk matanya berhasil lolos menjelajahi pipinya. Justru malah El yang menghibur kakak laki-lakinya tersebut. Dan Zekair baru memutuskan untuk membuka isi totebag dari Klea setelah ia sadar jika El di sebelahnya sudah benar-benar tidur pulas.

Sederhana dan murni hasil tangan Klea sendiri, tetapi selembar kalender beserta wadah kaca kecil berisikan kertas yang dibentuk bintang dalam jumlah banyak itu benar-benar berhasil membuat Zekair tersenyum di tengah air matanya yang kian menetes.

Tepat setelahnya, ponsel yang Zekair letakkan di saku celananya berdering. Panggilan telepon dari Klea, tapi mati begitu saja ketika baru saja Zekair ingin mengangkatnya. Dan ternyata ia mendapatkan pesan yang masuk di sana.

Klea

| hai, je. ini klea, semoga masih ingat, wkwkwk

| gue udah baca surat dari lo. dan entah kenapa, gue pengen ngucapin makasih

| sebenernya gue ngechat lo mau ngasih tahu kalau semalam gue bikin video

| lo bisa ngelihat video ini kalau kangen sama gue, ya meskipun nggak ada guenya di video

| tapi tetep, lo harus inget ini video gue yang edit.

| jangan heran, video ini emang pas lo jalan2 sama jeff, reyfan, kean

| gue yang minta jeff buat lo ngevlog, hehehe

| sekali lagi, nice to meet you, zekair

| /sent a video/

Zekair

nice to meet you too |

and thank you very much, zeklea hanindhiya |

a beautiful name and person I've ever met |

Mulai sekarang, akan selalu Zekair ingat nama Zeklea Hanindhiya sebagai sahabat kecilnya, bukan seseorang yang pernah memberinya rasa dan ia beri rasa─tanpa Zekair biarkan Klea mengetahui itu. Dan siapa pun yang berhasil menggantikan dirinya di hati Klea, Zekair siap. Zekair akan siap dengan semua yang akan terjadi selanjutnya.[]








SELESAI.


MAKASIH BANGET BUAT YANG UDAH MAMPIR UNTUK BACA+VOTE APALAGI COMMENT CERITA INI (●'▽'●)ゝ


see you when i see you

♡'・ᴗ・'♡

from june,

April 3 2019 - July 4 2019,

yang sudah direvisi sebanyak 3×🙂

Kisah Bulan JuniTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang