diciannove

181 25 3
                                    

Setelah kondisi Raya lumayan membaik, Raya meminta Waja mengantarnya ke rumah. Tapi katanya bukan untuk pulang, hanya untuk membereskan barang-barang yang berantakan.

Raya juga meminta tolong pada Waja untuk membantunya, dan tentu saja diterima oleh Waja.

Setelah masuk kedalam rumah Raya, kondisinya benar-benar jauh lebih berantakan. Ini sih lebih seperti ada yang sengaja menumpahkan sampah-sampah di dalam rumahnya.

Tapi tanpa bertanya banyak, yang Waja lakukan adalah membantu Raya membersihkan ini semua terlebih dahulu.

Kegiatan bersih-bersih itu selesai dalam waktu sekitar 3 jam. Ketika Waja ditinggal Raya yang sedang mandi karena berkeringat, dia pergi ke minimarket terdekat untuk membeli camilan dan minuman dingin untuk mereka berdua.

Mereka duduk berhadapan sambil makan dengan suasana yang cukup canggung dan saling menghindari kontak mata.

“Eh, Ray, tadi lo bilang kesini bukan buat pulang, tapi buat beres-beres aja?” tanya Waja.

Raya mengangguk, “Gue udah izin ke Kak Iza buat nginep sampe sekitaran seminggu deh. Gue kesini mau beres-beres sama ngambil baju sama buku aja.”

Waja hanya ber-oh ria.

“Nanti kalau orang-orang itu dateng lagi terus ngacak-ngacakin lagi gimana?” tanya Waja pelan.

“Gak tau, makanya gue mau cari tempat aman aja dulu,” jawab Raya.

“Mereka tuh siapa sih, Ray? Kenapa mereka ngelakuin ini ke lo? Terus kenapa rumah lo sepi? Lo tinggal sama siapa? Orangtua lo kemana?” tanya Waja.

Semua pertanyaan yang dia simpan akhirnya terkeluarkan semua dalam satu tarikan napas. Satu detik kemudian setelah dia melontarkan semua pertanyaan itu, Waja sedikit menyesal dan memikirkan bisa saja Raya marah dan jadinya tidak akan menjawab pertanyaan-pertanyaannya itu.

Raya terdiam sesaat lalu mendengus, “Ngegas banget nanya nya ya.”

Waja hanya menggaruk tengkuknya canggung.

“Mereka tuh sebenernya bermasalahnya sama orangtua gue, Ja. Rumit sih, gue juga ga terlalu ngerti. Ini tuh gara-gara pergaulan orangtua gue yang salah waktu mereka muda. Mereka gaulnya sama preman waktu itu. Salah satunya ya dari mereka yang ngehajar gue waktu itu. Jadi, kayanya mereka punya dendam kesumat sama ortu gue. Gue gak ngerti, tapi intinya mereka tuh beda kubu sama ortu gue? Beda geng preman gitu. Cuma Ayah gue yang segeng sama mereka.”

Otak Waja sedang mencoba memproses tiap kata yang diucapkan oleh Raya.

“Ibu gue dari geng preman yang satunya. Mereka itu musuhan, suka tawuran, bahkan bunuh-bunuhan juga. Gue awalnya kaget sih, tapi emang dunia gak sesuci itu, Ja. Kotor banget manusia-manusia.”

But accidentally my father fall in love with my mother, my mother either. Mereka berhubungan diem-diem. Karena kalau ketauan ya, bisa abis mereka. Mereka tau resikonya mereka menjalin hubungan itu gimana, tapi tetep mereka lakuin. Mereka berdua nyoba pelan-pelan supaya bisa keluar dari geng preman mereka masing-masing. Tapi, disulitkan banget. Dilarang lah karena mereka masih terlalu muda, belum waktunya buat keluar gitu aja. Sinting emang, gue kesel banget kenapa bisa-bisanya ortu gue masuk lingkaran setan gitu.”

“Ujungnya ada pihak adu domba yang entah tau darimana soal hubungan ortu gue yang ngadu ke kedua geng. Ortu gue pinter sih waktu itu, mereka berdua udah kabur duluan. Mereka kabur cukup jauh, menikah, punya anak, gue sama Kakak gue. Sebenernya hidup gue waktu itu udah cukup enak-enak aja, tapi semenjak pindah lagi kesini, ketauan sama preman-preman itu. Mereka masih punya dendam dan gak suka ngeliat keluarga gue hidup bahagia. Pelan-pelan teror-teror dateng ngeganggu hidup keluarga gue.”

La StoriaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang