18. qurban

3.2K 498 173
                                    


.
.
.

Minggu pagi, pajero putih punya Bangchan parkir rapi di depan pasar hewan. Si empunya mobil sekalian tiga adeknya udah masuk ke dalam pasar.

Dua hari lalu, si sulung dapet mandat dari papa, buat cari hewan qurban yang bakal dipakai qurban tahun ini.

2019 kemarin, sekertaris papa cari kambing sampai 4 ekor. Cuma buat Bangchan sama ketiga adeknya.

Mbak Dita, sekertaris papa.. Enggak paham kalau sapi bisa dipakai buat tujuh orang sekaligus. Jadilah dia beli kambing buat para Arsena.

Alahasil mama sama papa gak sempet qurban tahun kemarin. Udah lumayan telat kalau h-1 masih mau nyari kambingnya.

Sebagai gantinya, Bangchan lah yang dapet tugas kali ini. Cukup beli 2 sapi, gak perlu ribet milih banyak kambing kaya tahun kemarin.

Satu buat para Arsena .. Satunya lagi buat mama papa sama nenek juga.

Kenapa gak satu sapi aja buat bertujuh? 
Ya Bangchan gak tau. Papa nyuruh nya gitu.

"Mas, panas.." Hyunjin ngeluh, si bungsu itu udah gelendotin Bangchan sejak tiba tadi.

Hyunjin gak suka bau tempat ini, lebih lagi terik matahari jam 10 pagi buat mata sipitnya gak bisa melek sempurna. Silau mulu bawaannya.

Bangchan gak kasih balesan, tapi dia bawa tangannya buat rangkul si bungsu. Walau udah pakai protokol kesehatan, si sulung itu tetep aja harus waspada buat jagain para Arsena muda.

Bahkan, Bangchan sesekali noleh ke belakang cuma buat mastiin kalau Changbin sama Minho gak meleng ke arah lain, yang ujung-ujungnya malah bisa ilang.

"Mas Aresh .. Iku wae .. Gembul sapi ne." Minho nunjuk gerombolan sapi yang lagi asik makan jerami di bawah pohon.

Gak mau lama-lama si sulung itu langsung ajak tiga adeknya kesana. Mau nanya-nanya harga sama kualitas si sapi yang mungkin bakal mereka beli.



..



"Pak, ini ndak ada to yang warna nya ndak gini?" Hyunjin nunjuk kumpulan sapi yang ada di deketnya.

Si juragan yang tadinya sibuk ngobrol sama Bangchan jelas langsung noleh ke Hyunjin. Para Arsena ini calon pembeli pertamanya, gak boleh sampai lepas pokoknya.

"Wehh, yo wakeh le .. Kowe golek sing piye rupane?" (wah ya banyak le, kamu cari yang gimana warna nya?)

Si bapak juragan sapi ngedeket ke Hyunjin.

Bungsu Arsena itu mikir sebentar, abis itu ngeluarin Hp nya dan ngetik sesuatu di google. Setelah ketemu apa yang dia cari, Hyunjin buru-buru kasih lihat HP nya ke si bapak juragan sapi.

"Ini.. Sing gini pak .. Ombre pink gini lho.. Kan ala ala kpop gitu." Hyunjin garuk rambutnya.

Dia udah lama pengen warnain rambutnya jadi gitu, tapi masih belum dapet ijin dari kangmas tertuanya. Kata Bangchan sih, tunggu sampai selesai ospek dulu.

"O..ombre? Ombre iku piye lo, le?" (ombre itu gimana loh le?) Si bapak juragan sapi ikut garuk rambutnya.

Puluhan tahun dia jualan sapi, baru kali ini ada yang request warna kaya gitu. Mungkin nanti, sepulangnya dari pasar, si bapak harus nanya ke anaknya soal warna sapi jaman sekarang.

Jaga-jaga semisal besok ada pembeli yang request warna baru kaya gini.

"Opo sih cha.. Ojo sing ngono lo .. Mending ki sing warnane dark.. Darkeu .. Iyo kan pak?" 

via : skz lokal vers.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang