13. huru hara malam takbir.

3.9K 529 241
                                    

.
.
.

Di Trenggalek, ada satu tradisi yang biasanya dilakuin pada saat malam takbir. Anak-anak bakal keliling desa mereka, sambil bawa obor.

Bahkan di tahun sebelumnya, pawai obor ini dilakuin juga di pusat Kota Trenggalek. Tapi berhubung masih dalam situasi pandemi, akhirnya pawai ini pun gak bisa terlaksana.

"Cha, ojo wengi-wengi balik e." (cha, jangan malem-malem pulannya)

Bangchan natap adeknya khawatir. Si sulung itu agak gak tenang hari ini.

Padahal suasana nya lagi rame sama suara takbir dari masjid-masjid deket rumah. Tapi tetep aja, keinginan si bungsu buat sepedahan buat Bangchan gak bisa anteng tadarusan.

"Iyooo.. Jam 9 wes balik aku."  (iya, jam 9 uda pulang aku)

Si bungsu nyoba buat ngeyakinin kangmasnya sekali lagi.

Hyunjin tuntun sepedanya keluar gerbang, Banchan jalan pelan, ngikutin adeknya dari belakang.

"Ojo dolan teko sawah-sawah lho." (jangan main sampai sawah sawah loh)

Bangchan kasih nasehat lagi, yang cuma diangguki sama si bungsu.

"Wes, mas. Masuk o kono. Bye byee~" Hyunjin naikin sededahnya, abis itu dia kayuh pedalnya kenceng.

"Waalaikumsalam!" Bangchan nyilangin tangan didada, ga habis pikir sama adek bontotnya yang ada aja ide nya buat bisa keluar rumah.

"ASSALAMUALAIKUM, MAS!!!" Hyunjin yang uda agak jauh akhirnya salam juga. Gak lupa noleh sebentar ke belakang.

Ada kangmasnya yang masih setia berdiri di depan gerbang, sambil sedekapin tangan.

Kalo Bangchan bukan kangmas nya, mungkin dia bakal naksir juga sama sulung Arsena itu..

Bangchan masih aja berdiri di depan gerbang. Sulung Arsena itu baru masuk ke dalem rumah lagi waktu adeknya udah hilang di tikungan kompleks.

Tadi selepas buka puasa, si bungsu itu minta ijin ke dia. Katanya mau main ke tempatnya Jeongin.

Bangchan sih iya aja, karena si sulung itu mikir kalau dia yang bakal anter adeknya kesana.

Taunya, si bontot malah ngeluarin sepedah gunung dari garasi. Dan ngotot banget buat sepedahan buat kesana.

Bangchan sih uda curiga, adeknya itu gak cuma mau ke tempat gebetannya. Pasti adalah, satu dua hal nakal yang kepikiran sama otak Hyunjin.

Yang Bangchan takutin, kalau-kalau si bungsu itu sepedahan sampai ke sawah.. Atau malah ke sungai.

Gak masalah sih kalau pas siang, lhaa sekarang adzan isya aja udah lewat barusan.

"Mas, HP mu muni." (mas, hp mu bunyi)

Baru juga Bangchan mau masuk ke dalem rumah, tapi si sulung itu uda di cegat sama Minho. Cowok itu nyodorin HP punya kangmasnya.

Bangchan ambil hp nya dari tangan Minho, ada 2 misscall dari seungmin disana. Tanpa pikir panjang, sulung Arsena itu langsung pencet tombol panggil.

"Arep nyang endi, Ar?"  (mau kemana ar?)

Bangchan liatin adeknya dari atas sampe bawah.

Si sulung itu ngerasa dejavu sama keadaan yang dia lihat sekarang ini.

"Hehe .. Marani hannif." (hehe, jemput hannif)

Minho yang gak betah diliatin kangmasnya akhirnya ngaku juga.

via : skz lokal vers.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang