T I R A N I
Kekuasaan yang digunakan sewenang-wenang.
Bagaimana aku bisa menceritakan kisah cinta yang di mulai dari serpihan mimpi yang hancur?
Bagiku dan bagi kita semua mimpi adalah harapan besar yang membuat kita ingin selalu menggapainya. Namun mimpi yang sudah kurancang begitu indah kini telah tersisa dengan harapan yang hampir pudar.
"Kita bersama namun tiada cinta di antara kamu dan saya, kita tidak saling memiliki." ucapnya tanpa memikirkan perasaanku.
Aku menatap matanya mencoba menyadarkannya, "Cinta akan bersama kita seiring berjalannya waktu karena hatiku hanya tercipta untukmu."
***
Aku hidup di keluarga yang sederhana. Ayahku seorang manajer dari perusahaan besar, dia adalah superhero yang paling kucintai. Ia bekerja di kota dan kami tinggal di desa, jadi ayah sering kali pulang pergi. Bila lembur dikarenakan pekerjaan yang menumpuk terkadang ia hanya pulang akhir pekan saja. Dulu setiap kali aku menangis karena terluka akibat terjatuh dari sepeda, ia selalu menyeka air mataku dengan kasih sayangnya hingga detik itu kesedihanku berubah menjadi kebahagiaanku.
Ibuku adalah wanita paling hebat di dalam hidupku, ibarat wonder woman. Cantik dan baik hati. Suatu hari aku bermimpi buruk, ia selalu ada bersamaku dan menyadarkan diriku bahwa mimpi buruk akan cepat berlalu dan ketika bangun kebahagiaan telah menungguku. Yang paling kusukai dari ibuku adalah senyumannya yang manis dan masakan lezatnya.
"Sayang jangan lupa kue nya dikasih cream keju ya," kata ibu seraya menuangkan air panas ke dalam cangkir yang berisi kopi susu.
Aku tersenyum, lalu menatap mata ibuku yang penuh dengan cahaya. "Bagaimana aku bisa lupa, Bu? Aku tidak akan lupa jika menyangkut kesukaanku." Kemudian dia terkekeh mendengarkan diriku berkata seperti itu.
Dengan ponsel yang masih digenggamnya dia mendekatiku, "Kakak. Aku rasa daripada terus menunggu melalui jaringan internet yang sinyalnya selalu hilang. Lebih baik aku langsung saja datang ke kampus, biar mendapatkan informasi yang lebih jelas." Keluhnya dengan mimik wajah yang sedikit kesal.
"Betul juga kata kamu, Dek. Daripada kamu nanti ketinggalan informasi lebih baik langsung saja ke sana." balasku sembari meratakan cream keju.
"Aku pergi dulu ya, Bu, Kak. Aku nggak mau terus-terusan harus nunggu gini. Soalnya aku selalu teringat dia dan bisa diibaratkan dengan sinyal. Kadang hilang kadang juga ada. Kalau pun ada itu pun cuma sebentar kemudian menghilang lama hingga aku jenuh menunggunya."
Aku juga mempunyai adik perempuan, dia sangat cantik, cantiknya seperti ibuku dan melebihi diriku. Tidak-tidak, semua wanita itu cantik dengan caranya sendiri, dan semua itu tergantung cara pandang setiap manusia, jika saling membanding-bandingkan maka akan selalu tercipta iri hati.
Aku dan adikku beda lima tahun, sangat jauh tapi tak apa. Dia sangat suka banyak bicara, berbeda denganku yang berbicara hanya seperlunya. Rambutnya hitam bergelombang, dengan lesung pipinya yang menggemaskan.
Saat ini ia sedang menunggu konfirmasi dari universitas yang ditujunya.
Aku, anak pertama yang bahunya harus sekuat baja dan hatinya harus setegar karang. Tidak boleh menangis karena hal kecil, tetapi aku sering menangis ditempat sepi hanya karena hal sepele. Banyak yang berkata bahwa 'wanita itu tidak boleh menangis harus kuat', menurutku mental orang itu berbeda-beda, ada yang tahan banting dalam setiap keadaan dan ada pula yang selalu terlihat tegar namun rapuh di dalamnya.
Rambutku berwarna sedikit pirang dan lurus, mataku berwarna coklat hazel. Setiap orang yang selalu melihatku dan adikku bersama, beberapa dari mereka selalu bertanya-tanya.
"Kenapa wajah kalian berbeda? Dari mata dan rambut, sedangkan kalian saudari sedarah."
Tapi aku selalu mengabaikannya dengan menepis semua pikiran negatif itu dengan senyuman. Karena aku pikir mungkin aku memiliki gen dari ayah.
Saat aku lulus sekolah menengah atas, aku tidak melanjutkan pendidikanku kejenjang yang lebih tinggi walaupun aku ingin sekali menjadi guru karena saat itu faktor perekonomian keluargaku menurun drastis.
Mulai dari makan harus membagi nasi satu bungkus dengan adikku dan bekerja paruh waktu di toko milik orang. Hingga perlahan perekonomian keluargaku kian membaik.
Di saat aku ingin mendaftar di universitas yang kuimpikan dengan tabungan yang kumiliki, ayahku mengatakan bahwa ada seorang yang telah melamarku, katanya nanti malam orang tua dari seseorang itu akan datang ke rumahku.
Mau tidak mau demi membuat orang tuaku bahagia aku harus mengorbankan impianku untuk menjadi guru dan menikah dengan lelaki pilihan ayah.
Aku tidak sengaja mendengarkan pembicaraan ayah dan ibu, bukan menguping tetapi karena terlihat penting ya aku dengar sedikit saja, tak apa, bukan?
"Kalau begini, aku tidak rela jika putriku menikah hanya untuk melunasi bersih hutang-hutang ayah di bos Ayah. Ibu tidak rela." Begitu kira-kira perkataan ibu yang kudengar meski tidak terlalu jelas.
"Mau bagaimana lagi, Bu? Ayah pun rela jika di bui karena hutang demi kebahagiaan putri kita. Namun, pak Haruman, ia memperlakukan Ayah layaknya keluarganya, apa kita tidak bisa membalas semua jasanya yang telah ia berikan selama ini?" ucap ayah dengan menahan amarahnya dan memelankan suaranya yang ditahan agar tidak terdengar siapapun terkecuali mereka berdua.
Aku tak kuasa menahan tangis dan pertahananku dari tangisan ini sudah pecah, aku berlari menuju kamar dan menutup pintu tak lupa menguncinya rapat-rapat agar tidak ada yang tahu bahwa aku sedang terluka.
Sebelum malam tiba, aku selalu memikirkan bagaimana pernikahanku nanti? Akankah bahagia selayaknya pernikahan di negeri dongeng? Akankah ia tampan seperti pangeran dalam mimpiku? Akankah keluarganya baik seperti keluargaku? Dan, apakah ibunya akan menyayangiku seperti ibu menyayangi diriku? Ada banyak harapan di hati wanita muda ini tentang indahnya masa depan yang telah ia nantikan.
Namun yang di dapatkannya hanyalah luka dan luka. Ia selalu terluka tiap kali ia berhasil menyembuhkan luka lamanya, karena ia tahu bahwa ia dibesarkan oleh kebohongan.
Kebohongan besar yang telah disembunyikan rapih oleh orang-orang yang sangat ia sayangi dan cintai.
Ibarat bunga, mekar bunganya yang sangat indah itu karena di rawat dan selalu dipedulikan namun setelah bosan, bunga itu kini di diamkan, tak di hiraukan. Dan ketika sudah layu, bunga itu kini dibuang layaknya tak pernah berharga dalam hidupnya.
Pintu kebahagiaan selalu terbuka untuk siapa saja tetapi di antara pintu-pintu yang kuketuk tidak ada satupun yang akan terbuka. Mungkin saat ini bukanlah waktu kebahagiaanku akan datang. Harapanku tidak akan pudar.
Esok bahkan hari-hari selanjutnya aku akan datang lagi dengan harapan baru dan berharap lagi pintu-pintu kebahagiaan itu akan terbuka untukku.
KAMU SEDANG MEMBACA
TIRANI
Romance[Based on True Story] Haliaca Putri Pranata--Wanita muda dan lugu itu selalu berpikir, apakah ia pernah melakukan kesalahan sehingga takdir menempatkan dirinya pada lelaki yang tak tahu cara menghargai wanita? Ia masih teringat perkataan Mario setel...