🍁Cemburu🍁

1.5K 136 3
                                    

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

"Sebisa mungkin, aku akan berusaha melupakan kenangan bersamanya. Saat ini, dan seterusnya hanya ada kamu di hatiku."

•Aishwa Fadila Azzahra•

***

"Pertengkaran dalam rumah tangga hampir pernah terjadi dalam semua keluarga. Tak terkecuali keluarga yang anggotanya orang baik sekalipun. Dulu keluarga Ali bin Abi Thalib dan Fatimah radhiyallahu 'anhuma, juga pernah mengalami semacam ini."

Dari Sahl bin Sa'd radhiyallahu 'anhu, beliau menceritakan,

"... Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mendatangi rumah Fatimah radhiyallahu 'anha, dan beliau tidak melihat Ali di rumah. Spontan beliau bertanya: "Di mana anak pamanmu?" 'Tadi ada masalah dengan saya, terus dia marah kepadaku, lalu keluar. Siang ini dia tidak tidur di sampingku.'"

"... Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya kepada para sahabat tentang keberadaan Ali. 'Ya Rasulullah, dia di masjid, sedang tidur.' Datanglah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ke masjid, dan ketika itu Ali sedang tidur, sementara baju atasannya jatuh di sampingnya, dan dia terkena debu. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengusap debu itu, sambil mengatakan,

قُمْ أَبَا تُرَابٍ، قُمْ أَبَا تُرَابٍ

"Bangun, wahai Abu Thurab... bangun, wahai Abu Thurab..." (HR. Bukhari 441 dan Muslim 2409)

"... Tentu tidak ada apa-apanya ketika keluarga kita dibandingkan dengan keluarga Ali dan Fatimah radhiyallahu 'anhuma. Meskipun demikian, pertengkaranpun kadang terjadi diantara mereka. Sebagaimana semacam ini juga terjadi di keluarga kita. Hanya saja, pertengkaran yang terjadi di keluarga yang baik sangat berbeda dengan pertengkaran yang terjadi di keluarga yang baik sangat berbeda dengan pertengkaran yang terjadi di keluarga yang tidak baik."

Setelah selesai berceramah, kemudian ustadz membuka pertanyaan. Ini kesempatan untuk Reyhan bertanya. Tema kajian malam ini adalah hal-hal yang wajib dihindari dalam pertengkaran rumah tangga.

"Ustadz, saya mau bertanya?" Reyhan mulai bertanya dengan mengangkat tangan kananya.

"Tafadholl," jawab Ustadz.

"Baik Ustadz, bagaimana cara menghindari pertengkaran dalam rumah tangga," tanya Reyhan, Ustadz pun mengangguk.

"Baik, pertanyaan yang bagus. Jadi begini, untuk menghindari pertengkaran dalam sebuah rumah tangga, ada tiga hal untuk menghindarinya."

"Pertama hindari KDRT, Dalam Al-Quran Allah membolehkan seorang suami untuk memukul istrinya ketika sang istri membangkang. Sebagaimana firman Allah di surat An-Nisa:

وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا

"Wanita-wanita yang kamu khawatirkan tidak tunduk, nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. kemudian jika mereka mentaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya." (QS. An-Nisa: 34)

REISHWA [Selesai]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang