18 | PBB 🕛

33 22 0
                                    

Happy Reading♡

Semua murid sudah menggantikan baju olahraganya. Warna baju murid SMA Bakti Utama adalah warna putih dan biru, sedangkan warna baju SMA Nusa Bangsa adalah warna putih dan hijau. Baju olahraga mereka seperti warna sekolah mereka, melambangkan ciri khas sekolah mereka.

"Selamat malam semuanya," teriak Kak Mila supaya terdengar oleh semua murid SMA Bakti Utama, di samping kanan Kak Mila ada Kak Oji yang selalu menemaninya, sedangkan murid SMA Nusa Bangsa di bimbing oleh Kak Damar dan Pak Burhan.

"Malam-malam semangat," jawaban semua murid sambil mengepalkan tangannya ke atas.

"Baik, untuk malam pertama kita di sini, kita latihan Gerakan PBB. Apa itu gerakan PBB, ada yang tau?" tanya Kak Mila.

"Saya kak!" teriak seorang siswi sambil mengangkat tangannya, dia Darra anak pramuka SMA Bakti Utama.

"Ya, kamu Darra silahkan di jawab."

"Gerakan PBB kepanjangan dari Peraturan Baris Berbaris, di sini kita akan belajar bagaimana cara yang benar saat berbaris." Suara Darra yang lantang membuat semua murid SMA Bakti Utama ikut mengerti dan antusias karena jawaban Darra yang lengkap.

"Tuh Der, adik lo aja tau, masa lo kalah cepet," bisik Barra ke Derry. Mereka berdua adalah anak pramuka juga.

"Lah, lo emangnya tau?" tanya Derry dengan tatapan sinisnya.

"Ya-ya gue nggak tau, hehehe."

"Jawaban kamu benar Darra, ayo semuanya tepuk tangan untuk Darra," ucap Kak Mila sambil bertepuk tangan.

Prok! Prok!

"Di PBB ini ada 3 macam aba-aba, ada yang tau?" tanya Kak Mila.

"Saya kak!" teriak Shaquile, dia termasuk anak pramuka juga.

"Iya, kamu Shaquile silahkan di jawab."

"Baik kak, yang pertama aba-aba petunjuk, yang kedua aba-aba peringatan dan yang ketiga aba-aba pelaksanaan," jawab Shaquile dengan lantang.

"Benar Shaquile, semuanya tepuk tangan buat Shaquile," ucap Kak Mila.

Prok! Prok!

"Nah dari 3 macam aba-aba tadi saya bisa bahas lebih lengkap lagi, mohon di simak baik-baik. Pertama ABA-ABA PETUNJUK adalah aba-aba petunjuk dipergunakan jika perlu, untuk menegaskan maksud daripada aba-aba peringatan/pelaksana. Kedua ABA-ABA PERINGATAN adalah inti perintah yang cukup jelas, untuk dapat dilaksanakan tanpa ragu-ragu." Murid-murid masih sangat menyimak pembahasan dari Kak Mila supaya lebih mengerti.

"Terakhir yang ketiga ABA-ABA PELAKSANAAN adalah ketegasan mengenai taat untuk melaksanakan yang terdiri dari aba-aba :Aba-Aba Petunjuk Dipergunakan Hanya Jika Perlu, Untuk Menegaskan Maksud Daripada Aba-Aba Peringatan, Aba-Aba Pelaksanaan."

Sama dengan Kak Damar, dalam latihan Gerakan PBB (Peraturan Baris Berbaris) malam ini, Kak Damar juga membahasnya terlebih dahulu supaya semua murid SMA Nusa Bangsa mengerti.

"Maksud dan Tujuan Peraturan Baris Berbaris (PBB) adalah guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa lersatuan, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab," ucap Kak Damar dengan lantang.

Semua siswa-siswi SMA Bakti Utama dan SMA Nusa Bangsa ber 'oh' ria sambil mengangguk memperhatikan Kak Mila dan Kak Damar, karena dapat mengetahui langsung apa itu Gerakan PBB (Peraturan Baris Berbaris) di malam hari ini.

"Kita di hari pertama ini, Kak Damar bakalan ajar kalian gerakan dasarnya terlebih dahulu yaitu. Sikap sempurna, istirahat, lencang kanan/kiri, setengah lencang kanan/kiri dan lencang depan. Lima dulu ya, besok akan di lanjutkan lagi supaya kalian tidak susah untuk mepraktekannya," ucap Kak Damar.

Tanpa AkhirTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang