Penutup

100 5 2
                                    

Hai, semua!

Setelah banyak drama publish-unpublish di akun ini sama yang satu lagi akhirnyaaa~ selesai yeay!

Aku sadar kalau akhir kisahnya terlalu dipaksakan, alasan utama terbentuk cerita ini karena aku lagi uring-uringan sama kossan. Gak nyaman, aku ngerasa bukan aku kalo ada di kamar itu makanya endingnya gitu, ditambah aku cuma punya konsep awal (gak nyaman di kossan) tapi gak tau endingnya apa, jadi setelah beberapa hari seiring ceritanya berjalan tiba-tiba kepikiran kalau Kirana ada tujuan lain saat mutusin tinggal sama sodaranya.

Dulu, saat nulis ini pertama kali, keadaanku lagi gak baik-baik aja. Jadi setiap nulis cerita selalu mikir kalo ending ceritaku adalah saat dimana tokohnya mati. Walopun sampai sekarang masih suka kepikiran gini. Tapi ternyata ... ending bukan berarti saat tokohnya mati tapi ending adalah saat masalah yang dialami si tokoh menemukan titik terang.

Dan setelah dipikir-pikir juga. Ternyata ngebunuh karakter buatan sendiri itu cukup jahat :) sedih juga ternyata, kenapa dia harus dibuat begitu. Juga karena mikirin gimana keadaan orang terdekat si tokoh, makin sedih akutu :( Tapi aku juga gak mau ngubah alurnya (di versi ini), meskipun seharusnya aku mampu tapi aku males, gimana dong :/

Terus,

Aku gak yakin, apakah ada amanat yang bisa diambil di sini, mengingat banyaknya kekurangan. Masih ada hal-hal yang harus disampaikan tapi aku malah milih buat gak memperbaikinya. Males males males (aku penulis paling males kayaknya, hiks).

Oiya. Terima kasih atas apresiasinya. Terima kasih udah mau baca cerita ini. Terima kasih yang udah dengan suka rela ngasih bintangnya. Terima kasih entah itu kamu yang iseng buka chapternya atau bahkan gak sengaja kepencet, gakpapa. Terima kasih, ya.

Sebagai orang yang nyiptain karangan ini banyak hal yang aku sadari kekurangannya, bahkan aku terlalu gemas, sampai-sampai waktu revisi hujatan pun keluarnya lacar wkwk.

Di bawah ini kritikan/koreksi/keluhan aku sebagai penulisnya maupun sebagai pembaca:

1. Sejujurnya, penggambaran suasana di rumah ini sama sekali gak sesuai yang aku harapkan. Maksudnya, rumah yang isinya ada sepuluh kepala itu gak akan sehening ini. Entah kenapa aku ngerasa kalo rumahnya terlalu sepi. Padahal kalo bener-bener digambarin rumah ini bakal kayak pasar. Rame, riuh, sesak -ini disadari setelah berhari-hari ceritanya tamat.

2. Setelah dua tahun, aku baru kepikiran kalo ide 'tinggal di rumah abang dengan temen abang yang bejibun' adalah pilihan yang salah. Oke, mungkin masih aman karena ada satu saudara. Cuma woe, kalo aku pribadi mending milih tinggal di kos yang bikin ga nyaman atau cari kossan baru daripada harus tinggal sama cowo yang bejibun :"( ngeri bos. Pikiran siapa yang tau kan, walaupun aku yakin kesembilan cowo itu bisa jaga perilaku mereka ((karena aku yang nulis)). Tapi teteup ae serem. Sempet sih kepikiran buat ganti gimana bentukkan rumahnya, tapi aku males-males-males. Karena kalo ganti bakalan ada scene yang diubah, dan itu malesin. Hehehe

3. Kirana yang nolak buat berobat. Realistisnya emang ... ngapain berobat kalo gapasti sembuh, walaupun sembuh gak sembuh juga atas kuasa Tuhan. Cuma, Kirana yang pesimis di sini sempat bikin aku kesel. Padahal di luaran sana banyak orang-orang yang mati-matian berobat demi kesembuhan biar bisa kumpul sama keluarga, sama orang tersayang. Tapi yaaah, namanya juga Kirana, dia punya pemikiran sendiri.

4. Aku baru ngeh, komunikasi Kirana-Ari sama orang tuanya terlalu minim. Maap. Meskipun di part terakhir Ari bilang kalo Kirana selalu diam-diam ngadu sama orang tuanya. Tapi tetep aja, aku kurang puas, karena menurutku gak begini komunikasi orang tua-anak yang anaknya lagi butuh-butuhnya dukungan.

5. Aku sebagai pembaca sering nanyain, kenapa setiap rahasia mulai terungkap, gejala dari yang dirahasiain itu bakalan lancar jaya keluarnya. Kayak Kirana, sebelum abang mereka tau, gejala sakitnya dia cuma sedikit (atau bahkan gak ada aku tuliskan (?)) tapi setelah ketemu surat dokter (((yang entah kenapa dia bawa saat ngekos, padahal simpan di rumah juga bisa))) sakit-sakitnya Kirana jelas banget.

6. Aku gak terlalu kenal sama karakter yang kubuat, so sad :(( semacam, aku sama karakter di sini masih ada tembok penghalang, jadi kami masih saling rahasia-rahasiaan. Dan aku cukup sedih pas sadar ini. Kayaknya menulis itu bukan aku. Aku lebih enjoy jadi pembaca.

7. Seperti yang aku bilang di part berakhir, saat nulis cerita ini emosiku yang aku rasain sangat minim. Aku cuma beberapa kali marah, sedih, senang. Dan kebanyakan sama sekali gak ada emosi kayak nulis part berakhir. Tapi ... setelah dibaca ulang secara teliti aku selalu ketawa tiap Andri cekcok sama Ana. Aku selalu antusias kalo Ana dialog sama abang-abangnya. Dan aku nangis waktu harus ngelepas Ana, nda rela, kasian yang ditinggal. Tahun 2018 kemarin kayaknya salah satu tahun berat aku :" jahat banget sama tokoh sendiri.

8. Aku juga gak yakin, apakah hubungan kakak-adik yang aku gambarkan di sini itu lumrah atau terlalu berlebihan. Jadi aku mohon maaf kalo ternyata penggambarannya terlalu over. Waktu revisi ini aku malah ngerasa 'kok ini bukan kaya kakak adek, tapi kayak hubungan romansa laki-laki perempuan' wkwk.

9. Ambil yang baik, tinggalin yang buruk, ya. Sebelum milih yang baik, juga dipikir-pikir lagi, itu beneran baik atau sebatas ngerasa baik aja. Tapi ... aku nda yakin sih, ini ada baiknya wkwk.

Menulis itu kalo menurut aku adalah salah satu media pelepas penat. Aku punya banyak draf cerita karena hampir semua keluhan, kesedihan, kesakitan bakal aku lampiaskan ke tokohku. Dan iya, beberapa adegan di sini aku ambil dari kehidupanku, nulis nyambi curhat shay wkwk.

Kayaknya kepanjangan deh,

Jadi menurut kamu apa yang kurang dan lebih dari cerita ini?

Terakhir,

10. Terima kasih dan maaf.

Sampai jumpa di cerita yang lainnya!!!

9 Desember 2020

KiranaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang