25). CH2=CHCH=CHCH=CH2

781 142 46
                                    

Happy Reading Guys,

Ayo vote dan komen yokk

.

.

*******

Di salah satu ruang kelas Mandala, suasananya hening, hanya ada suara goresan bolpoin. Semua siswa-siswi di kelas tersebut fokus mencatat apa yang ditampilkan di layar proyektor LCD.

Setelah beberapa dari mereka sudah menegakkan badan dan melepas alat tulis masing-masing, tanda selesai mencatat. Bu Rinda bertanya, "Sudah selesai mencatatnya?"

"Sudah, Bu." Jawab serentak murid di kelas itu.

Bu Rinda mengangguk. "Baik anak-anak, sekarang waktunya jawab cepat ya. Siapa yang bisa jawab duluan akan dapat poin 10. Mengerti?"

"Mengerti, Bu."

Bu Rinda tersenyum, lalu membuka file soal untuk memulai sesi jawab cepat. Tak lama kemudian, layar proyektor tersebut menampilkan sebuah pertanyaan.

CH2=CHCH=CHCH=CH2. 
Nama senyawa tersebut adalah

Abil mengangkat tangan.

"Iya, Abil silakan." Ucap Bu Rinda.

"1,3,5-heksatriena,"

"Karena senyawa tersebut mempunyai 2 ikatan rangkap, sehingga termasuk golongan alkena. Dan 3 ikatan rangkap karbon pada posisi no 1,3,5. Sehingga senyawa itu disebut 1,3,5-heksatriena." Jelas Abil.

Bu Rinda mengangguk. "Benar. 10 poin untuk Abil."

Bu Rinda menekan remote proyektor LCD untuk menggulir pertanyaan berikutnya.

(CH3)2NCH2CH3.
Nama senyawa berikut adalah

Hening. Siswa-siswi kelas tersebut saling menatap satu sama lain, tapi tidak ada yang mengangkat tangan.

Dirasa tidak ada yang ingin menjawab. Abil mengangkat tangan lagi.

"Silakan Abil." Ucap Bu Rinda.

"Etildimetilamina,"

"Karena senyawa tersebut terdapat atom N yang mengikat 2 metil dan etil. Sehingga penamaannya disebut etildimetilamina atau N, N-dimetiletilamina."

Bu Rinda menganguk dan tersenyum. "20 poin untuk Abil." Mengganti pertanyaan berikutnya.

Suatu senyawa mempunyai rumus molekul dapat bereaksi dengan logam natrium menghasilkan hidrogen, jika dengan larutan kalium dikromat dalam suasanan asam menghasilkan 2-propanon. Senyawa tersebut adalah

Salah satu siswa mengangkat tangan.

"Iya, silakan."

"Propanal."

Bu Rinda menggeleng. "Belum tepat."

Salah satu siswi mengangkat tangan.

"Dimetil eter."

"Masih belum tepat."

Grisel mengangkat tangan. "1-propanal."

"Kurang tepat,"

"Ayo, siapa yang mau menjawab?" Bu Rinda mengedarkan ke seluruh murid di kelas. Tidak ada tanda-tanda satu murid pun yang akan menjawab. Pandangan Bu Rinda jatuh kepada siswi yang tengah menatap layar proyektor LCD dengan tangan kanan yang memutar-mutar bolpoin. "Abil, bisa?"

LIVE 19.00Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang