Gua gak sadar gua tidur jam berapa, tapi sekarang ini di pinggir gua, ada abang lagi tidur. Gua juga gak sadar abang datang kapan.
Jam di dinding nunjuk ke angka 7. Kayanya, ini jadi jam bangun gua paling siang di tahun ini. Gua lagi berhalangan jadi gak bangun shubuh tadi.
“Ayah sama ibu masih di rumah tante,” ujar abang yang bikin gua kaget. “Adik ada acara di sekolahnya. Lagi siap-siap,” sambungnya dengan mata perlahan ke buka.
“Abang kapan datang?” tanya gua yang udah duduk nyender ke bantal.
“Setengah enam,” jawab abang yang juga mulai duduk senderan.
Gorden kamar udah dibuka, semua lampu udah di matiin dan matahari juga udah sempurna ngasih pencahayaan ke kamar.
Kita emang terbilang sering tidur di tempat yang sama kaya gini. Baik itu abang ke kamar gua atau ke kamar adik. Apalagi kalau dia lembur. Alasannya, kamar dia paling ujung jadi males ke kamarnya sendiri dan jadilah ngungsi karena ngantuk.
“Abang udah mulai cuti?” tanya gua.
Sesuai rencana abang, dari hari lamaran ke pernikahan gak terlalu jauh. Jadi dalam waktu dekat ini emang udah mulai semua acaranya.
Abang ngangguk. “Hari ini abang mau di rumah seharian,” kata abang. “Besok mau beli tambahan buat souvenir. Kakak mau ikut?”
“Skripsi kakak masih manja, ga bisa ditinggal-tinggal,” jawab gua. “Abang mau nasi goreng, gak? Kakak mau bikin,” tanya gua sambil beranjak dari kasur.
“Duduk, kak.”
Gua noleh ke abang. “Kenapa?”
“Duduk dulu,” abang nepuk kasur. Dia duduk sempurna gak senderan. Gua duduk di sisi tempat gua tidur. “Kakak nangis semalem. Boleh abang tau alesannya?”
Gua nelen ludah. Natap abang dengan datar sebelum masang tampang bingung. “Nangis?” tanya gua. “Kakak nangis?”
Abang balik natap gua, sambil senyum. “Abang anggap kakak belum siap cerita. Abang bakal tunggu kakak untuk siap,” kata abang. Dia langsung berdiri dan ngejauh ke pintu setelah nepuk pucuk kepala gua.
“Abang,” gua panggil abang tepat saat dia di depan pintu dengan tangan udah pegang kenop. Abang noleh ke gua sambil angkat alis seolah tanya kenapa. Gua jawab dengan ngeliatin tangan kiri gua.
Kening abang berkerut. Dia jalan mendekat ke arah kasur. Duduk di tempat semua dengan menghadap ke gua.
“Berantem?” tanya abang sambil pegang tangan kiri gua. “Kakak berantem sama Haris sampe nangis?” ulang abang dengan bingung.
Gua diem sambil gigit bibir bagian dalem sebelum akhirnya geleng kepala. “Ngga berantem,” jawab gua. “Tapi ada yang miss,”
Abang masih nunjukin muka bingungnya. “Kakak mau jelasin sekarang?” tanya abang.
Gua tarik napas dan ngangguk. Gua ceritain semuanya. Dari kejadian gua liat Devi di ruangan dosen, percakapan di pantai, pembicaraan di restoran dan terakhir cerita dia datang ke rumah kemarin. Semua gua ceritain gak ada yang dilewat. And I ended up with teary eyes.
“Kakak menyayangkan karena ayah, ibu, abang dan adik udah kenal dia. Harusnya kakak gak biarin dia untuk masuk ke sini,” suara gua sedikit berat karena nahan nangis.
Abang narik gua untuk dia peluk. “Abang gak expect bakal ada kejadian kaya gini,” abang ngusap-ngusap punggung gua. “Kakak mau abang ngapain? Mau abang samperin Haris untuk bahas ini?”
Gua geleng kepala dalam pelukan abang.
Abang ngangguk ngerti. “Abang yakin ayah sama ibu belum tau. Mau abang yang ceritain ke mereka?”
KAMU SEDANG MEMBACA
Kampus [END]
Teen Fiction"Kalo saya bilang, saya lamar kamu, kamu kaget ga?" Ya kaget lah anjir! batin Kinan. "Ngga, ga mungkin juga," Kinan menjawab. "Ada kemungkinan. Dan sekarang kejadiannya. Saya lamar kamu. Gimana? Jawaban kamu apa?"