Kelas pak Bara emang keliatan santai. Tapi, kayanya dia orang yang suka kasih kejutan. Kaya sekarang, satu kelas lagi pada puyeng setelah dia bilang ada tes lisan. Sistem yang dia pake sedikit lucu. Yang bisa jawab dengan tepat, dia yang bakal keluar kelas duluan.
Adnan udah di tunjuk tadi, dan beruntungnya dia bisa jawab walaupun suaranya udah kaya kepergok lagi nyuri ayam di lingkungan padat penduduk.
Azka juga sama, dia dengan kepercayaan dirinya yang patut diacungi jempol, ngejawab pertanyaan tanpa ragu sama sekali dan jawabannya sempurna kaya yang dosen mau.
Lain dengan Reva, dia malah fokus ke muka dosen, Pak Bara. Tadi aja dia jawab sambil liatin mukanya tanpa kedip. Untung aja gak ada lalat atau nyamuk yang tiba-tiba datang ke mata dia. Dia juga berhasil jawab walaupun ada sedikit koreksi.
Sekarang giliran gua. Well, gua gak gitu panik pas tau ada kuis dadakan kaya gini. Dari awal kuliah, gua emang udah wanti-wanti untuk paham kebiasan dosen satu persatu. Dan ciri khas pak Bara adalah kuis dadakan, jadi tiap malem sebelum mata kuliah dosen ini, gua selalu baca materi walaupun sedikit. Untungnya, pertanyaan yang dia kasih ke gua sempet gua baca semalem.
“Sebentar,” kata Pak Bara pas gua mau gendong tas. “Tungguin temen kamu dulu, jangan dulu keluar.” Sambungnya.
Gua putar pandangan dan masih ada 2 orang yang belum berhasil jawab pertanyaan di sesi pertama. “Yang lain bisa keluar kalau udah jawab. Kenapa saya engga?” tanya gua ngerasa gak adil.
“Kamu gak ada rasa solidaritas sama temen sendiri?”
Gua ketawa kecil sambil gendong tas dan keluar dari kursi. “Itu urusan masing-masing, pak.” Jawab gua. “Saya permisi,” gua jalan ke menjauh dari kursi gua.
“Saya tunggu di ruangan saya, Kinanti Mey Lestari!”
****Gua baru aja selesai dengan masalah yang sangat penting. Rasa lapar. Gua udah kasih energi dengan traktiran dari Reva yang mendadak baik.
Jadwal gua udah selesai. Cuma ada satu kelas aja hari ini. Tapi, rencananya gua sama 2 curut dan Reva mau belajar bareng yang entah berhasil atau ngga.
Sekarang, gua sama Reva lagi di gazebo belakang kampus. Azka dan Adnan minta kita nunggu disini karena mereka ada urusan dulu sama temennya di fakultas sebelah.
Keadaan disini emang selalu enak. Sepi, cuaca juga lagi gak panas dan angin sepoi-sepoi yang bikin semua orang kalau kesini bakal tidur dalam hitungan menit.
Sedatangnya kita kesini beberapa menit lalu, Reva udah asik aja sama novel yang dia bawa. Di mulutnya, ada choki-choki yang bungkusnya udah gak karuan karena digigitin.
Kalau gua, lagi nyelesaiin misi game mobil di ponsel gua. Entah kenapa ya kalau main permainan kaya gini, badan tuh jadi ngikut. Mobil belok kiri, badan ikut ke kiri, ke kanan, ikut ke kanan padahal kan kaga ngaruh ke game. Kalau ada yang liat gua, kayanya gua udah di cap idiot dah.
“Eh Nan, tadi gua denger lu di tunggu sama pak Bara. Mau ngapain?” tanya Reva yang masih fokus baca novel.
“Kaga tau, bodo amat dah,”
“Disuruh apa emang? Gua denger bagian saya tunggu di ruangan saya doang,” katanya, sambil ngeliat ke gua.
“Kayanya modelan dosen gabut dah. Gak jelas juga mau ngapain,” jawab gua.
“Apa gak kesana aja, Nan?”
“Kaga ah, mager. Makasih,”
“K-kenapa emang? Mending lu kesana. Euh takut nilai lu terancam, Nan.” Katanya dengan gugup. Kenapa nih orang jadi gugup gini?
“Waktu itu juga gitu. Dia bilang nilai gua D kalau ga makan sama dia waktu itu. Coba lu pikir, mana ada urusannya nilai sama—” Reva agak aneh, matanya gak mau diem. “Apaa?”
“Di belakang lu!” katanya, tanpa suara. Gua yang liat itu, langsung muter badan.
“Jadi? Nilai kamu emang mau saya kasih, D?” Dang! Manusia yang kita omongin ada tepat di belakang gua!
“GA GI—”
“Ikut saya!” Titah Pak Bara motong protes gua. Dia langsung pergi setelah itu.
“Gih buruan ikutin. Sayang nilai lu, Nan!” kata Reva.
Dengan perasaan gak seneng sama sekali, gua turun dari gazebo. “Hih! Gabut banget jadi dosen! Gua cabut bentar!” gua pergi dengan kalimat semangat yang Reva kasih.
Jujur ya, ini pertama kali gua dapet dosen modelan kaya gini. Nyusahin parah! Perkara sesimpel itu aja kenapa sampe harus bolak-balik ruangan dia coba?
Setibanya gua di depan ruangan tuh dosen, gua buka pintu tanpa ketuk. Da Boom! Pemandangan aneh gua liat tepat setelah buka pintu.
Tepat di belakang meja di ruangan ini, Pak Bara duduk di kurinya dengan cewek yang duduk di pangkuannya, ngadep ke dia. Bukan cuma posisi cewek duduk itu yang menurut gua salah, gesture mereka juga bikin gua jijik. Cewek itu, dengan pakaian yang jauh dari kata tertutup—backless mini dress dengan bagian dada yang cuma nutup daerah inti dan the length of the dress jauh di atas lutut—itu ngalungin tangannya tepat ke leher pak Bara yang gak di buat longgar. Tangan pak Bara dua duanya ada di sudut-sudut meja. Gua gak yakin cara cewek ini masuk ke kampus kaya gimana, meskipun pakaian mahasiswa ada yang ekstra, tapi gak separah ini.
“Apa urusan saya udah selesai?” tanya gua pas dua manusia itu ngeliat ke arah gua. Jujur, kalau niat gua kesini bukan karena nilai dam ancamannya, gua gak bakal nanya pertanyaan kaya gini.
“Be—”
“Dia siapa?” tanya cewek itu masih di posisi yang sama dengan suara yang dibuat manja, gua gak tau maksudnya apa.
“Saya mahasiswa disini,” jawab gua. “Kalau gitu, saya keluar. Maaf mengganggu, permisi.” Gua keluar setelah itu.
****Acara belajar bareng ternyata jadi. Ini hal yang sedikit langka sebenernya. Gua sama Reva nyusul si kembar ke salah satu café. Mereka mutusin untuk sewa workspace di sana.
Ting ting!
Pak Bara
Balik ke ruangan saya
2 menit dari sekarang saya tungguSaya sudah keluar kampus, pak
Di mana?
Harus saya jawab?
Iyaa Kinan!
Jalan pulang
Kenapa pulang?
Kan saya bilang tunggu saya
Saya udah bilang juga kan ke ayah kamuIni orang udah ada di tahap ganggu yang sebenarnya. Kenget kejadian di kampus tadi, dia kayanya emang sengaja manggil gua cuma buat kasih tau kalau dia lagi mesra-mesraan sama cewek di ruangannya. And that’s really disgusting!
Tanpa jawab pesan beruntun itu, gua matiin ponsel dan simpen balik ke tas. Bodo amat masalah nilai. Kalau dia kompeten jadi dosen, harusnya itu sama sekali bukan faktor penilaian.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kampus [END]
Teen Fiction"Kalo saya bilang, saya lamar kamu, kamu kaget ga?" Ya kaget lah anjir! batin Kinan. "Ngga, ga mungkin juga," Kinan menjawab. "Ada kemungkinan. Dan sekarang kejadiannya. Saya lamar kamu. Gimana? Jawaban kamu apa?"