Part 28

2.1K 91 1
                                    


“Kak, jadi ke kampus hari ini?” Tanya ayah yang baru aja sampe ke dapur.

Gua bareng ibu lagi siapin sarapan. Abang minta dibuatin pancake sama frech toast semalem. Au dah kenapa padahal biasanya abang makan apa aja kalau pagi.

Gua ngangguk sambil balik badan ke ayah. “Jadi. Kenapa, Yah?” tanya gua. Gua balik badan lagi ke arah kompor.

“Mau dianter abang atau ayah?” tanya abang yang entah kapan datang dari arah pintu masuk. “Abang mau ke rumah Shanin. Kakak mau abang anter?”

Gua matiin kompor dan simpen pancake susunan terakhir di piring. “Ga usah. Kakak dijemput sama Azka nanti,” jawab gua. Piring yang gua bawa kemudian disimpen di meja makan. Tuang maple syrup di atasnya dan beberapa berry.

“Makasih,” kata abang setelah gua simpen piring pancake di depan dia yang udah duduk.

“Tumben mau dijemput pagi-pagi,” sahut ibu yang baru selesai siapin makan untuk ayah. Ah ayah gak suka makanan yang abang request. Ayah malah minta ibu buatin bubur ayam.

“Pulang dari kampus Azka ngajak main. Refreshing katanya sebelum kepala dia meledak karena skripsi,” jawab gua. Gua duduk di pinggir abang. Adik belum datang ke meja makan, mungkin sebentar lagi beres mandi.

Ayah ketawa denger jawaban gua. “Kemana mainnya?” tanya ayah.

Gua geleng kepala. “Dia gak bilang ke mananya,” jawab gua.

“Tanda-tanda itu, Kak.” Adik datang dari arah tangga. Dia langsung duduk di tempatnya.

“Tanda-tanda apa?” tanya gua natap adik yang duduk tepat di depan gua.

Adik angkat bahu dengan santai. “Sahabat jadi cinta,”

Semua ketawa denger omongan adik, selain gua. Gua muter mata denger itu.

“Udah sarapan dulu,” kata ibu yang kayanya tau abang atau adik bakal godain gua setelahnya.

Kita berakhir dengan sarapan tanpa percakapan. Ayah sama ibu makan bubur, gua, abang dan adik makan frech toast, tambahan pancake untuk abang.

Tok tok tok! Di potongan terakhir roti gua, pintu rumah diketuk. Kayanya Azka. Pak Salman pasti langsung bolehin Azka masuk karena udah kenal.

“Kakak buka dulu,” gua berdiri dari kursi.

“Duduk, kak. Ayah yang buka,” ayah langsung berdiri dan pergi tanpa gua jawab.

Gua angkat bahu, alhamdulillah kalau ayah yang mau bukain, kan. Gua duduk lagi dan minum susu untuk terakhir kali.

“Bu, hari ini ibu mau kemana?” tanya adik, random. Gak random sih sebenernya, gua yakin pasti ada kelanjutannya.

Ibu natap adik bingung. “Ga kemana-mana. Kenapa?” tanya ibu.

Adik udah dengan cengirannya. “Toko buku ada diskon, bu.” Jawab adik. “Ada buku yang adik cari.” Nah kan apa gua bilang.

Ibu keliatan pura-pura marah dengan berdecak. Setelah itu, ibu senyum. “Adik mau pergi sendiri?”

Adik geleng kepala. “Terakhir adik jalan bareng ayah ibu sebelum kenaikan kelas.” Kata adik. “Boleh, ga?”

“Sama ayah?” tanya Ibu. Adik ngangguk. “Boleh. Siangan berangkatnya, ya. Abang mau ikut?”

“Loh, kalau abang ikut, kakak sendirian yang gak ikut, dong.” Protes gua. “Abang gak boleh ikut!”

“Kenapa harus abang yang gak ikut? Kenapa gak semua ikut, kakak juga?” tanya abang. “Niat banget kayanya PDKT sama sahabat.”

Kampus [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang