Bab 196: Ibu dan Anak

513 57 5
                                    

Xiao Shao menatap wanita di pelukannya. Meskipun dia tetap berada di luar halaman, dia sangat menyadari apa yang terjadi di dalam. Selain itu, dia tahu Jiang Ruan, yang biasanya acuh tak acuh dan tampak tidak peduli, tidak terbiasa mengekspresikan emosinya. Pelayan ini telah bersamanya sejak awal dan tumbuh bersamanya; mereka adalah teman dan orang kepercayaan yang paling dia percayai. Namun, pada akhirnya dia menemukan bahwa kebohongan disembunyikan dengan kedok kesetiaan. Jadi, sebagai orang yang tidak bisa mentolerir kesalahan dan pelanggaran semacam itu, kesedihannya terlihat jelas.

Dia tidak berbicara tetapi hanya menepuk punggung Jiang Ruan.

Dalam pelukan yang begitu murah hati dan lembut, suasana hati Jiang Ruan berangsur-angsur menjadi tenang. Faktanya, Bai Zhi adalah orang terakhir yang dia ragukan karena di antara orang-orang dalam kehidupan ini, Bai Zhi adalah satu-satunya yang menemaninya sampai akhir di kehidupan sebelumnya. Namun, sekarang terungkap bahwa Bai Zhi adalah orang Xia Yan sejak awal. Dan, meskipun Xia Yan tidak membuatnya melakukan apa pun, posisinya, dengan sendirinya, telah memusuhi dia sejak awal. Dan, untuk menambah garam pada luka, di kehidupan masa lalunya, dia telah menyerahkan Pei'er ke Bai Zhi dengan harapan bahwa Bai Zhi akan mengambil Pei'er dan melarikan diri, tetapi pada akhirnya Pei'er tetap jatuh ke tangan Li Dong. Mungkin Bai Zhi yang memberi Pei'er kepada Jiang Su Su, atau mungkin karena dia benar-benar tidak melarikan diri sama sekali. Tapi apapun situasinya, hanya Bai Zhi dari kehidupan sebelumnya yang bisa menjawab. Meski begitu, masalah ini tersangkut di tenggorokannya seperti duri semakin dia memikirkannya, dan dia akan selalu curiga apakah Bai Zhi yang secara pribadi mengirim Pei'er ke jalan buntu. Dia adalah orang yang paranoid, begitu dia memiliki dugaan ini, dia tidak akan pernah bisa melepaskan Bai Zhi. Lagi pula, ada begitu banyak tikungan dan belokan tak terduga di dunia, bagaimana orang bisa meramalkannya?

Dia dengan lembut menarik diri dari pelukan Xiao Shao setelah menyadari bahwa dia telah kehilangan ketenangannya. Mendengar ini, Xiao Shao berkomentar, "Besok, kamu bisa memasuki istana dan pergi ke tempat Xuan Pei untuk melihatnya."

Jiang Ruan terkejut, dan untuk sesaat hampir berpikir bahwa Xiao Shao sudah mengetahui inti masalahnya. Dia bertanya ragu-ragu, "Kenapa?"

"Sepertinya dia ingin mengatakan sesuatu padamu." Xiao Shao mengerutkan bibirnya. "Kamu juga sudah lama tidak memasuki istana."

Memang benar kata-katanya dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian Jiang Ruan dan meringankan suasana hatinya, tapi dia masih terkejut. Apa yang ingin dikatakan Xuan Pei padanya? Dalam kehidupan ini, mereka berdua hampir tidak ada hubungan satu sama lain. Tapi yang dimaksud Xiao Shao adalah Xuan Pei berinisiatif untuk menemukannya. Dugaan yang melayang di benaknya sebelumnya muncul lagi, dan meskipun Jiang Ruan telah menahan diri untuk berpikir sejauh itu, namun dia masih memikirkannya secara tidak sadar.

"Jangan khawatir." Xiao Shao sepertinya merasakan kegelisahannya, dan berkata dengan lembut, "Kamu akan tahu saat kamu pergi, dan bagaimanapun aku selalu di sini untuk melindungimu."

Secara lugas, dia telah memperjelas pendiriannya - dia akan selalu berdiri di sisinya. Jiang Ruan mendongak. Wajah pemuda itu dingin dan cantik, tetapi kata-kata yang diucapkannya memiliki kekuatan yang meyakinkan, seolah-olah selama itu keluar dari mulutnya, itu pasti bisa dicapai. Dia tersenyum sedikit, sementara untuk sementara menekan kegelisahan di hatinya, dan hanya berkata, "Oke."

* * *

Salju turun sepanjang malam, dan ketika semua orang bangun keesokan harinya, salju segar menutupi tanah. Jejak peristiwa mendebarkan dari malam sebelumnya telah benar-benar hilang, dan semuanya tenang seolah tidak terjadi apa-apa.

Tidak jauh dari Jinying Wangfu, sebuah makam yang baru dibangun sepertinya dibangun dalam semalam. Itu tidak megah, tetapi juga tidak kasar, dan tampaknya menunjukkan upaya yang cermat dalam segala hal. Ada sebuah prasasti batu tetapi tidak ada yang tertulis, dan tidak diketahui siapa yang meletakkannya di sana. Dua wanita muda jongkok di depan kuburan, dengan baskom besi di depan mereka penuh dengan uang kertas yang terbakar*. Beberapa batang dupa dinyalakan di pembakar dupa.

[Book 2] The Rebirth of an Ill-Fated ConsortTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang