Dalam sekejap, para penonton terdiam dan menatap Jiang Ruan dengan tak percaya. Ada wanita yang kuat dan teguh di bumi ini, tetapi tidak ada yang tidak ragu dan setegas dia. Sejak berdirinya dinasti Jin Agung, Jiang Ruan adalah orang pertama yang menumpahkan darahnya sendiri* dan mengembalikannya kepada ayahnya.
* 歃血 ( shàxuè ) – untuk mengolesi bibir seseorang dengan darah korban sebagai sarana janji setia.
Jin San dan Tian Zhu berdiri diam di belakang Jiang Ruan. Mata mereka bergerak ke sana kemari dengan cermat, tetapi tidak ada yang maju untuk campur tangan. Sebelumnya Jiang Ruan telah memberi tahu mereka tentang rencananya, namun, dia tidak memberi tahu Xiao Shao tentang masalah tersebut. Dia tahu bahwa begitu Xiao Shao mengetahui tentang apa yang dia putuskan untuk dilakukan, dia pasti akan menghentikannya. Meskipun Jin San prajurit dibawah komando Xiao Shao, dia sekarang mematuhi Jiang Ruan dari lubuk hatinya. Sebagai seorang suami, Xiao Shao secara alami ingin melindungi istrinya. Namun, Jin San juga tahu bahwa pendekatan Jiang Ruan adalah yang terbaik. Butuh semacam keberanian untuk mengumumkan ke seluruh dunia bahwa dia memutuskan semua hubungan dengan Jiang fu. Mulai sekarang dan seterusnya, Jiang Quan tidak mungkin lagi menggunakan hubungan darah mereka untuk mengancamnya. Keinginannya untuk memutuskan hubungan terakhir antara dia dan Jiang fu membutuhkan keberanian yang besar; tapi yang juga bisa dilihat betapa dalanya kebenciannya pada nama keluarganya sendiri, 'Jiang'.
Jiang Quan menggertakkan giginya, dan urat di dahinya menonjol. Jika bukan karena tatapan waspada dari para penonton, dia mungkin akan membunuh Jiang Ruan saat itu juga. Tidak hanya itu, tindakan Jiang Ruan juga membuatnya merasa sedikit bingung. Dia telah mengendalikan dirinya sendiri dengan sangat tenang, dan dengan ketidakterikatan dan kebencian dalam ekspresinya, sehingga dia benar-benar tampak tidak peduli sedikit pun untuk tetap menjadi anggota keluarga Jiang lagi.
Di masa lalu, Jiang Quan selalu memandang Jiang Ruan sebagai anak perempuan yang bisa dibuang. Dia lahir dari Zhao Mei, dan selalu mengingatkannya pada hari-hari yang menyesakkan ketika dia terus-menerus ditekan oleh orang lain dan harus mengendalikan emosinya. Jadi dia membenci Jiang Ruan dan dengan sengaja mengabaikannya. Dia tahu bahwa temperamen Jiang Ruan lemah dan lembut, dan mudah dimanipulasi, seperti kucing dan anjing yang dibesarkan di fu. Oleh karena itu, membesarkannya hanyalah agar suatu hari nanti gadis itu bisa dimanfaatkan dengan baik. Dia hanya perlu memperlakukannya dengan sedikit kehangatan, dan gadis itu akan dengan senang hati dan patuh maju untuk mengibas-ngibaskan ekornya sebentar.
Namun, siapa yang tahu bila peliharaan yang dibesarkan di fu ini memiliki cakar yang tajam? Seharusnya setelah dia kembali dari kediaman pedesaan. Kepribadiannya telah berubah; dia tampak tenang dan berkepala dingin, sama sekali tidak seperti orang yang sangat bergantung pada Jiang fu di masa lalu. Jiang Quan tidak memikirkan hal ini, karena bahkan jika situasi yang melibatkan keluarga Xia dan Jiang Su Su tampaknya terkait dengan Jiang Ruan, dia sangat yakin bahwa tidak ada hewan peliharaan yang akan menggigit tangan tuan yang memberinya makan, dan menghancurkan sarangnya dengan tangannya sendiri. Jiang Ruan akan selalu membutuhkan keluarga, dan satu-satunya kerabat sejatinya selain Jiang Xin Zhi adalah dia, Jiang Quan. Selain itu, selama ada hubungan darah ini, Jiang Ruan tidak akan pernah bisa menyebabkan terlalu banyak masalah. Karena 'berbakti' (pada orangtua) dianggap sebagai norma umum di masyarakat, Jiang Ruan akan selalu dirugikan menurut standar yang ditetapkan.
Tapi, beraninya dia? Mata Jiang Quan ditembak dengan warna merah, seperti binatang buas yang terperangkap menghadapi kematian. Wajah tersenyum wanita itu seperti bunga spider lily* merah yang legendaris, cantik dan kejam, seperti monster yang lahir dari hutan lebat dengan tulang yang memutih dengan penampilan cantik yang menipu. Darah segar dari tangannya terus menetes, diam-diam membuat bunga-bunga berdarah bermekaran di salju. Namun, dia sepertinya tidak merasakan sakit sedikit pun.
KAMU SEDANG MEMBACA
[Book 2] The Rebirth of an Ill-Fated Consort
Historical FictionKelanjutan [Book 1] The Rebirth of an Ill-Fated Consort Bab 151-End