Bab 169: Afeksi

585 93 16
                                    

Cuaca menjadi semakin dingin.

Setelah hujan semalaman, udara terasa lebih segar keesokan harinya. Bai Zhi mendorong jendela terbuka. Tetesan air hujan dari malam sebelumnya masih menempel di cabang-cabang di luar jendela, manik-manik mereka berkilauan dan tembus seperti batu giok saat perlahan jatuh ke tanah. Aroma tanah yang unik setelah hujan perlahan meresap ke dalam ruangan.

Jiang Ruan menyegarkan diri, sarapan, lalu melangkah ke jendela. Lu Zhu bergegas ke kamar dan setelah meletakkan kue mawar dan teh di atas meja, berkedip ke arah Jiang Ruan, dan tiba-tiba berbisik, "Nona, Furen telah meninggal."

Jiang Ruan menjawab dengan "Hmm," dan duduk di kursi dekat jendela. Kue-kue mawar yang dibawa Lu Zhu terlihat sangat enak. Mereka memiliki sedikit warna merah jambu, membuat kue terlihat sangat lembab dan indah di bawah sinar matahari pagi. Dia memutar sepotong camilan perlahan dengan ujung jarinya yang seputih salju, semakin menunjukkan pesona uniknya.

"Nona Kedua telah meninggal, demikian pula Yiniang Kelima," lanjut Lu Zhu.

Tiga orang tewas berturut-turut dengan cepat, tetapi ekspresi Jiang Ruan tetap tidak berubah, seolah-olah dia telah mengantisipasi akhir ini. Matanya tampak berkilat karena bosan, tetapi pandangannya terlalu singkat untuk diperhatikan siapa pun.

"Mata-mata Wangye menyaksikannya secara langsung," Lu Zhu dengan cepat melanjutkan, prihatin dengan reaksi Jiang Ruan. "Tuan Muda Kedua membawa anak buahnya untuk menemukan Nona Kedua, tetapi dia akhirnya membunuh Nona Kedua. Kemudian, ketika dia kembali ke rumah, dia memberi tahu Tuan bahwa Nona Kedua telah diculik oleh bandit gunung dan bunuh diri. Adapun Yiniang Kelima, dia mati dengan menelan emas atas kemauannya sendiri." Lu Zhu merenung, "Tapi, kematian Furen agak aneh. Saya mendengar bahwa Tuan Muda Kedua pergi ke kediaman pedesaan tadi malam. Setelah kunjungannya, di tengah malam, seseorang menemukan Furen itu telah bunuh diri dengan cara gantung diri dengan selembar damask putih. Tapi, untuk saat ini, Tuan bungkam tentang masalah ini karena alasan yang tidak diketahui."

Jiang Ruan menyatakan dengan datar, "Tidak aneh. Tiga orang baru saja meninggal di fu. Di satu sisi, kematian Hong Ying dapat dengan mudah diabaikan – lagipula dia hanyalah seorang yiniang. Namun di sisi lain, putri Jiang fu dan Furen tiba - tiba meninggal pada saat yang bersamaan. Ini pasti akan memicu spekulasi dari mereka yang memiliki motif tersembunyi. Desas-desus tentang Jiang fu telah menyebar luas ke seluruh ibu kota. Karena Ayah berhati-hati, tentu saja, dia tidak akan menambahkan bahan bakar ke api saat ini."

Lu Zhu memiliki momen kejelasan. "Ini sebabnya. Tapi, kenapa Furen bunuh diri? Dan Tuan Muda Kedua bertindak terlalu jauh ketika dia membunuh Nona Kedua hanya untuk mengakhiri rasa sakitnya."

Mata Jiang Ruan berkilat dengan ejekan dan nadanya sangat dingin. "Dia melakukan ini bukan untuk memberikan kedamaian pada Jiang Su Su. Dia hanya tidak ingin Jiang Su Su menjadi batu sandungan bagi karir pejabat resminya. Selama Jiang Su Su masih hidup, suatu hari dia akan digunakan sebagai bukti dan alat untuk menghukumnya. Terlebih lagi, Saudara Kedua berada di puncak karirnya, dia pasti harus secara pribadi menghancurkan bukti yang memberatkan tersebut."

Lu Zhu tersentak karena dia tidak terlalu memikirkan masalah ini. Karena, terlepas dari bagaimana Jiang Chao dan saudara perempuannya memperlakukan Jiang Ruan, mereka selalu mempertahankan front persatuan. Kasih sayang antara saudara kandung itu tulus. Oleh karena itu, siapa yang dapat membayangkan bahwa Jiang Chao akan meninggalkan dan membunuh saudara perempuannya untuk keinginan egoisnya sendiri; ini benar-benar mengerikan dan mengganggu.

Meskipun Lu Zhu berasal dari keluarga miskin, pengalamannya lebih luas daripada Bai Zhi dan Lian Qiao. Namun, sifatnya yang baik membuatnya tidak dapat melihat hal-hal bejat, gelap, dan menyeramkan seperti itu. Dia selalu percaya bahwa sifat manusia pada dasarnya baik. Itu berarti bahwa, bagaimanapun Jiang Ruan berbeda karena dia cenderung skeptis terhadap sifat manusia dan sangat percaya bahwa pada dasarnya manusia itu jahat. Dengan demikian, hal-hal yang sulit dipertimbangkan orang lain, dia secara alami akan mempertimbangkannya.

[Book 2] The Rebirth of an Ill-Fated ConsortTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang