Bab 174: Membantu Orang Lain Melakukan Pertunjukan

477 53 3
                                    

Qi Feng menghirup udara dingin - kata-kata Jiang Ruan benar-benar membuatnya tercengang. Namun, yang lebih mencengangkan adalah sikap dan ekspresinya ketika dia mengucapkan kata demi kata itu yang mewujudkan rasa kekejaman dan kedengkian yang tidak dapat dijelaskan. Tiba-tiba dia menyadari bahwa deskripsi Mo Cong tentang Jiang Ruan sebagai "wanita beracun" bahkan tidak mendekati untuk menggambarkannya. Hatinya lebih dari mampu melakukan kekejaman, tetapi yang paling penting, dia memiliki keberanian yang lebih besar dan bahkan berani untuk menunjukkan kekejamannya. Tidak ada wanita muda yang berani mengucapkan kata-kata yang begitu keras dan anarkis, kecuali dia, yang tidak hanya mengucapkannya dengan lantang tetapi juga dengan percaya diri. Sepanjang sejarah, dalam perebutan takhta, pemenangnya menjadi Kaisar sementara yang kalah menjadi pengkhianat - ini selalu menjadi kebenaran yang tak terbantahkan, namun tidak ada yang berani membicarakannya secara terang-terangan.

Setelah beberapa saat termenung, dia menjawab, "Bahkan jika dia punya nyali untuk melakukannya, tidak ada cara untuk menghindari perhatian dari semua mata yang ada di sekitar ibukota. Jika sesuatu terjadi pada perbekalan militer, dan jika mereka ditahan sebelum meninggalkan ibu kota, maka seluruh kekacauan akan terurai. Zhang Ji pasti tidak akan memiliki akhir yang baik. Selain itu, Pangeran Kedelapan tidak bodoh, tidak mungkin dia menggunakan rencana bodoh yang begitu mudah terekspos dan bisa digunakan untuk melawannya."

Jiang Ruan tersenyum tipis, "Xuan Li adalah orang yang sangat sulit mempercayai orang dan paranoid jadi tentu saja dia tidak akan menggunakan rencana yang cacat seperti itu. Dengan demikian, setiap perusakan ketentuan militer tidak akan diperhatikan atau menimbulkan kecurigaan dalam jarak sepuluh li setelah berangkat dari ibukota melalui jalan utama. Pada titik ini, dia akan memulai pertunjukannya dan akan sangat menghibur melihatnya bekerja untuk mendapatkan tujuan utamanya - mendapatkan kepercayaan Kaisar."

"Anda ..." Qi Feng menyipitkan matanya sedikit, "tampaknya memahami Pangeran Kedelapan dengan cukup baik." Kata-kata Jiang Ruan tampaknya menunjukkan semacam keakraban terhadap Pangeran Kedelapan, dan ini menyebabkan perasaan asing dan aneh melintas di hati Qi Feng. Bagaimana mungkin seorang nona muda yang berbudi luhur memiliki kesempatan untuk bertemu dan menjalin keakraban dengan Xuan Li. Bahkan dengan statusnya sebagai Junzhu di dalam istana kekaisaran, tingkat pemahamannya terhadap karakter dan motif seseorang hingga mampu mengantisipasi langkah selanjutnya; pengetahuan langsung seperti itu hanya mungkin terjadi jika mereka terus-menerus berada di satu tim yang sama dan berada dalam hubungan yang intim.

Dugaan sekilas melintas di hati Qi Feng. Mungkinkah Jiang Ruan menyukai Xuan Li karena hanya ketika seseorang menyukai orang lain lah dia akan memperhatikan apa yang dilakukan orang itu, apa yang orang itu pikirkan, dan akan memahami dengan baik setiap gerakan dan tindakan orang itu. Namun, ketika Qi Feng memperhatikan ekspresi Jiang Ruan, dia secara mental menggelengkan kepalanya. Mata Jiang Ruan hangat dan tenang, senyumnya ramah, tetapi yang tidak ada adalah kasih sayang; apa yang telah dia lakukan dan nada suaranya jelas tidak mencerminkan minat terhadap Xuan Li. Ini tentu saja menyebabkan Qi Feng berada dalam kebingungan.

"Kenali musuhmu dan kenali dirimu sendiri dan kau bisa melawan seratus pertempuran tanpa bencana*." Jiang Ruan memperhatikan keraguan Qi Feng dan tersenyum, "Cepat atau lambat, Jinying Wangfu harus menghadapi Pangeran Kedelapan. Dan karena sikap keduanya adalah pertarungan sampai akhir, tentu saja sangat penting untuk melakukan persiapan terlebih dahulu. Kalau tidak, kita akan dianggap bodoh. Selain itu, akan merugikan jika menunggu sampai kita menemukan diri kita dalam situasi hidup dan mati." Dia mengatakan semua ini dengan bisikan pelan, tetapi Qi Feng tampaknya terbangun dari kebodohannya karena antagonisme yang mendasari kata-katanya. Namun, di permukaan wajahnya masih sangat cantik, matanya lembut dan tenang. Seolah-olah dia telah membayangkan seluruh adegan itu.

* 知己知彼百战不殆 知己知彼,百战不殆 ( zhījǐzhībǐ , bǎizhànbùdài ) – "Jika kau mengenal musuh dan mengenal diri sendiri, kau tidak perlu takut akan hasil dari seratus pertempuran. Jika kau mengenal diri sendiri tetapi bukan musuh, untuk setiap kemenangan yang diperoleh, kau juga akan mengalami kekalahan. Jika kau tidak mengenal musuh atau dirimu sendiri, kau akan kalah dalam setiap pertempuran." ― Sun Tzu, Seni Perang.

[Book 2] The Rebirth of an Ill-Fated ConsortTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang