Bab 151: Putri He Yi

1.2K 57 1
                                    

Jing Zhu Yuan tetap bersih selama bertahun-tahun.

Ketika Putri Yuan Rong berusia empat belas tahun, mendiang Kaisar membuka sebidang tanah di istana dan mengubahnya menjadi halaman megah yang kemudian diberikan kepadanya sebagai hadiah untuk upacara pemberian jepit rambut (kedewasaan).

Bahkan setelah dia meninggal, taman itu tetap ada meskipun belum sepenuhnya direnovasi sebelum Putri Yuan Rong dinikahkan dengan kerajaan lain. Namun, lanskapnya tetap dalam kondisi sangat baik – setelah mendiang Kaisar meninggal, Janda Permaisuri Yi De terus mengirim pekerja untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi asli.

Namun, terlepas dari keindahan tamannya, Janda Permaisuri Yi De tidak pernah menginjakkan kaki di dalamnya; melihatnya mungkin membuatnya merindukan pemiliknya, menanamkan rasa bersalah dan penyesalan di hatinya. Akibatnya, Jing Zhu Yuan telah menjadi satu-satunya tempat unik di istana: yang dirawat setiap hari tetapi tetap sepi.

Tempat terpencil Jing Zhu Yuan berubah dengan kedatangan Jiang Ruan, yang mewarisi banyak hak istimewa Putri Yuan Rong termasuk kemampuan untuk berjalan bebas di Jing Zhu Yuan. Perlu dicatat bahwa mendiang Kaisar terdahulu sangat menyayangi Putri Yuan Rong. Setiap tempat di Jing Zhu Yuan sangat indah: bahkan ada paviliun buku, ruang belajar, dan halaman kecil untuk orang-orang bersantai.

Meskipun istana putri hanya berjarak dekat dari Jing Zhu Yuan, Jiang Ruan hanya pergi ke sana pada beberapa kesempatan langka.

Saat ini, seorang pelayan istana berjalan menuju Jing Zhu Yuan, memegang sebuah keranjang kecil. Melihatnya menuju Jing Zhu Yuan sambil memegangnya, kemungkinan besar dia ingin pergi ke sana untuk memetik bunga. Jiang Ruan baru-baru ini belajar cara mencampur dupa dan sering meminta pelayan istana putri pergi ke Jing Zhu Yuan untuk mengumpulkan beberapa kelopak bunga. Kadang-kadang, kasim muda dan pelayan istana membantunya dan menerima imbalan hadiah.

Hari ini, pelayan istana sudah setengah jalan ketika dia tiba-tiba dihentikan oleh seseorang. "Berhenti!"

Ketika pelayan melihat ke belakang, dia mungkin tidak mengenali orang lain. Butuh beberapa saat bagi pelayan itu untuk menyadari bahwa orang itu tidak lain adalah Putri He Yi.

Putri He Yi bergegas mendekat, memeriksa keranjang bunga di tangan pelayan istana. "Mau pergi kemana kau?" dia bertanya, mengerutkan kening.

"Hong'an Junzhu memberi pelayan ini tugas mengumpulkan kelopak bunga di Jing Zhu Yuan." Pelayan istana menjawab dengan kepala tertunduk.

"Oh, Jing Zhu Yuan." Ekspresi Putri He Yi tiba-tiba berubah. "Baiklah, pergilah kalau begitu."

Pelayan istana itu menatap Putri He Yi dengan terkejut. Dia tidak mengantisipasi betapa mudahnya menghadapi putri yang biasanya mendominasi hari ini. Namun, itu adalah berkah tersembunyi, dan dia dengan cepat mengambil keranjang bunga dan membungkuk kepada Putri He Yi sebelum pergi.

Pelayan istana itu tidak menyadari bahwa Putri He Yi tidak pergi, tetapi tetap di tempat mengamati arah kepergiannya, dan diam-diam mengikuti sampai pelayan istana berbelok ke koridor panjang, masuk ke dalam rumah bangsawan dan menghilang dari pandangan.

Putri He Yi merapikan gaunnya. Hari ini, dia mengenakan gaun brokat biru sederhana. Ini sudah cukup sederhana baginya, yang selalu menyukai pakaian emas dan gemerlapan. Wajahnya polos dan sama sekali tidak seperti penampilannya yang biasa. Jadi, pada pandangan pertama, dia tidak mudah dikenali.

Dia meluruskan gaunnya dengan senyum aneh di wajahnya dan mengikuti pelayan istana untuk memasuki halaman.

Halaman itu tampaknya tidak dijaga. Itu didekorasi dengan sangat indah, seperti yang dinyatakan dalam rumor. Putri He Yi tidak bisa menyembunyikan kebenciannya. Dia mendengar para wanita di istana mendiskusikan Jing Zhu Yuan ketika dia masih kecil. Dia telah memohon kepada Kaisar untuk itu, tetapi Kaisar, yang selalu memanjakannya, menolak. Putri He Yi memiliki temperamen yang tegas. Dia tidak pernah kembali setelah mengetahui bahwa Jing Zhu Yuan terlarang dan berpura-pura tidak ada tempat seperti itu di istana. Siapa yang tahu bahwa meskipun Jiang Ruan tidak menerima taman, Janda Permaisuri Yi De mengizinkannya masuk dan berjalan-jalan? Bukankah itu, dalam pandangan Putri He Yi, sebuah penghinaan? Kebenciannya pada Jiang Ruan semakin kuat. Jiang Ruan selalu merampok semua yang dia suka dan inginkan.

[Book 2] The Rebirth of an Ill-Fated ConsortTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang