Bab 202: Menemukan Diri Sendiri Sepenuhnya Terisolasi

530 48 2
                                    

"Menteri Jiang," kata Sun Xu dengan wajah datar, "Pengadilan bukanlah tempat bagi Anda untuk bermain-main sesuka hati; kita dengar dari saksi dulu."

Sebelum Jiang Quan dapat berbicara lebih jauh, Hu Die bersujud kepada Sun Xu dan berkata, "Membalas Daren, pelayan ini ada di sini untuk mengungkapkan kejahatan yang dilakukan oleh Furen (Xia Yan)." Kepalanya menunduk, tapi suaranya jernih dan nyaring, cukup untuk sampai ke telinga orang-orang di luar yang sedang menyaksikan kehebohan. "Saat itu, ketika Furen sebelumnya (Zhao Mei) masih hidup, Furen keluargaku masih seorang yiniang. Meskipun Tuan sangat mencintainya dan Nona Muda, posisi nyonya rumah masih dipegang oleh Furen sebelumnya (Zhao Mei). Furen keluargaku selalu bangga dan sombong dan berasal dari keluarga bangsawan yang mulia, dia secara alami tidak mau kalah dengan orang lain. Meskipun kebutuhan sehari-hari seperti makanan tercukupi, dan terkadang statusnya bahkan lebih tinggi dari Furen, dia masih tidak puas."

Meskipun kata-kata Hu Die tampaknya hanya menyatakan fakta, begitu jatuh ke telinga orang lain, rasanya sangat berbeda. Tidak ada yang menyadari bagaimana Xia Cheng mendapatkan gelar Marquisnya sejak awal: jika bukan karena kematian dini saudara laki-lakinya, sebagai seseorang yang terlahir sebagai putra shu, gelar itu tidak akan pernah jatuh padanya. Apalagi, gelar itu baru didapat setelah Xia Yan memasuki Jiang fu. Sebelumnya, dia hanyalah putri dari anak laki-laki shu pejabat kecil. Bagaimana dia bisa menganggap dirinya sebagai bagian dari keluarga pejabat yang mulia - berpikir bahwa dia berani mengatakan itu tentang dirinya sendiri - karena jika dia benar-benar seorang wanita bangsawan dari garis pejabat aristokrat, mengapa Jiang Quan menikahi Zhao Mei lebih dulu daripada Xia Yan? Untuk seorang putri yang berasal dari putra shu menjadi seperti ini, ketika bahkan menurut Hu Die status Xia Yan di Jiang fu lebih tinggi daripada Zhao Mei, jika ini tidak mengabaikan istri untuk mendukung selir, apa lagi?

Semua orang telah mendengar desas-desus bahwa Jiang Quan hanya menyukai Xia Yan, tetapi mereka berasumsi bahwa ini terjadi hanya setelah kematian Zhao Mei. Namun, mengetahui bahwa Jiang Quan telah melakukan hal-hal konyol seperti itu tidak lama setelah Zhao Mei menikah dengan Jiang fu, bukankah ini benar-benar menunjukkan bagaimana dia tidak tahan berpisah dari kekuatan keluarganya (Zhao Mei)? Namun, ketika dia mengetahui bahwa hubungan itu tidak akan membawa manfaat apa pun bagi karier pejabat resminya, dia mengungkapkan sifat aslinya.

Hu Die melanjutkan, "Setelah itu, Furen memikirkan bahwa sebagai pejabat pengadilan, Tuan tidak dapat menceraikan istrinya tanpa alasan, jadi dia harus hidup di bawah pengawasan orang lain selama sisa hidupnya. Dan, karena dia tidak mau, dia memutuskan untuk meracuni Furen sebelumnya. Saat itu, Furen menggunakan banyak uang untuk membeli racun dari negara asing dan mencampurkannya ke makanan sehari-hari Furen sebelumnya. Dia diracuni sedikit demi sedikit, sampai akhirnya cukup banyak racun yang terkumpul di tubuhnya dan suatu hari dia menghembuskan nafas terakhir. Dan, Tuan tahu tentang semua ini. Suatu kali, racun Furen ditemukan oleh Tuan tetapi Tuan hanya mengingatkan Furen untuk berhati-hati dan tidak meninggalkan jejak yang bisa digunakan untuk melawannya." Setelah dia selesai berbicara, Hu Die bersujud dua kali kepada Sun Xu dan berkata, "Daren, semua yang dikatakan pelayan ini sepenuhnya benar, saya tidak akan berani mengucapkan satu kata pun yang salah.

"Itu omong kosong! Itu semua omong kosong!" Jiang Quan menunjuk Hu Die dan mengutuk dengan marah. "Siapa yang memberimu keberanian untuk berbicara omong kosong di sini, mengganggu hati orang! Hu Die, jangan lupa siapa dirimu! Kau adalah pelayan keluarga Jiang ku! "

Hu Die menggelengkan kepalanya. "Tuan mungkin sudah lupa. Status perbudakan Hu Die sudah tidak ada lagi, dan Hu Die bukan lagi anggota Jiang fu." Saat dia berbicara, meskipun dia mencoba yang terbaik untuk menekan perasaannya, masih ada sedikit kebencian yang terlihat di matanya.

[Book 2] The Rebirth of an Ill-Fated ConsortTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang