”Tiap lembar dibuku itu, tersimpan kenangan cinta
Mula pertama berjumpa, hingga kita berpisah...,”Buk!
Dengan jail Jenggala melempar bantal ke arah Roman yang menganggukkan kepalanya sembari bernyanyi. Ia tidak menyangka jika ketua kelompok KKN nya mempunyai selera musik yang begitu jadul.
”Lawas amat lagu lo, man.” ujar Jenggala.
”Haha suka aja gue sama lagu itu,” jawabnya.
”Kenangan sama mantan ya?” tanya Putia.
Roman yang tadinya tengkurap di atas kasurnya kini mendudukkan diri, ”emang kalo cinta monyet bisa dibilang mantan?” tanya Roman.
”Bisa aja, emang lo pertama pacaran kapan?”
”Kelas 4 SD gue udah pacaran,” jawabnya.
Ransi baru saja menyelesaikan sholat Isya dan membereskan sejadahnya menoleh pada Roman.
”Ebuset, umur segitu gue masih ngompol!”
Ladit tertawa, ”tapi ya gue juga pacaran pas kelas 5 SD.”
Pria itu terkekeh seolah mengenang dan Rizki yang duduk paling dekat dengan Ladit menampar pelan bahunya, ”lo pada pas SD udah pacaran giliran udah cukup umur pada jomblo? Yang bener aja!”
”Emang lo nggak, Ki?” tanya Roman.
”Gue? SMP gue mah, tapi sama kakak-kakak.”
”Sekarang ada pacar?” tanya Putia.
Rizki menggaruk belakang leher dan terkekeh.
”Nggak,”
”Sama aja lo!” ujar Jenggala.
”Kalo gue mah anti pacaran. Stay halal!”
Ransi mendapat sorakan dari teman-temannya, sementara pria itu terkekeh saja dan menghampiri kasurnya membuka sarung dan melipatnya disana.
”Gak mungkin banget gak sih belom pernah pacaran apalagi cowok!” ujar Sisi. Gadis itu belum kembali ke rumah pak Kades setelah makan malam.
”Tapi begitu kenyataannya,” jawabnya.
”Kalo lo, Jeng?” tanya Sisi.
Jenggala yang sudah fokus ke ponsel melirik Sisi.
”Hah? Apanya,”
”Pasti pernah pacaran kan?” tanya Ladit yang juga ikut penasaran.
”Kayak Ransi gue mah, stay halal!”
Mendengar itu Ransi mengacungkan tangan dan mereka berdua bertos ria. Entah benar atau tidak, Putia jadi tau jika Jenggala belum pernah pacaran mengingat pria itu susah di dekati termasuk saat Rebecca dulu.
”Mantap, bro!” ujar Ransi.
”Tapi lo pada tau lagu yang di nyanyiin Roman kan?”
Putia yang tengah menopang bantal mengangguk.
”Gue pernah denger pas SD juga deh kayaknya,”
”Coba puter dong, gue pengen denger masa!”
Roman menyalakan ponsel dan mencari lagu itu di kanal YouTube. Ada yang bilang lagu itu milik Adista dan ada yang bilang lagu itu milik the paspor, entah milik siapa Roman hanya mendengarkan dengan nyaman.
”Gedein, man!” seru Rizki.
Sementara Jenggala, hanya diam mendengarkan dan melihat raut wajah Putia yang tersenyum girang. Hingga mereka melingkar di karpet dengan ponsel Roman di tengah, Sisi yang tadinya ragu melihat Putia melambaikan tangan agar Sisi agar ia mendekat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Hai, Jengga!
Short Story[KKN SERIES PRIME] Nama gadis itu, Putia Asmiranda. Dari SMA, Jengga suka pada Putia. Sampai masuk Universitas, Jengga masih suka padanya. Dan, sampai pada masa KKN, Jengga tak ingin hilang kesempatan. Satu kelompok dengan Putia bukan kebetulan, mel...