"Sayang, Mama suruh kita ke rumah, mau dinner katanya."
Gue yang lagi beres-beres cucian kotor langsung natap Kalangga yang berdiri di depan pintu ruang cuci rumah gue. Hari ini hari Sabtu dan gue lagi beres-beres rumah, tentu aja Kalangga dengan senang hati menawarkan diri buat bantu gue tanpa harus disuruh.
"Kapan?" Tanya gue.
"Malam ini."
Gue ngangguk setuju, Tante Ayu memang udah sering nanyain gue kapan bisa main ke rumahnya lagi soalnya kita mau masak-masak bareng. Iya, gue jadi deket sama Mamanya Kalangga udah sering chat buat sekedar saling nanya kabar juga.
"Yaudah, aku lanjut beres-beres dulu." Kata gue.
"Kata Mama kalo bisa datengnya dari siang."
"Iya, aku habis ini mandi terus kita berangkat." Kata gue.
"Okay, sayang." Katanya.
Gue lanjut beres-beres cucian kotor setelah selesai gue samperin Kalangga yang lagi main game di hpnya sambil duduk di sofa ruang tengah, dia kayak lagi di rumah sendiri soalnya cuma pake kaos hitam sama celana tidur kotak-kotak kesayangannya.
"Aku udah beresin ruang tamu sama halaman depan." Katanya.
"Thank you, Kalangga."
"Not Kalangga, call me sayang." Katanya.
Gue ketawa dengernya, gue duduk di samping dia terus dia langsung nyender di pundak gue. "Thank you, sayang."
"Give me some kiss, please?"
Ya Tuhan Kalangga..
"Gak mau ah, aku keringetan tau, bau!"
"Sedikit aja, lagian kamu gak bau kok." Katanya.
"Nanti, aku mandi dulu."
"Nanti kamu lupa." Astaga, gue malah takut khilaf kalo dia gemesin begini.
Gue kecup pipinya supaya dia gak ribut lagi, Kalangga senyum ke arah gue terus dia kecup balik pipi gue. "I love you, Nady."
"Kayak anak smp, Kal." Kata gue sambil ketawa.
"Gak bisa banget diajak romantis." Katanya sambil natap gue sebel.
"I love you too, Kalangga."
Kala langsung senyum lebar dengernya. Dasar bocil smp.
"Nanti sebelum ke rumah Mama kamu kita ke pet grooming dulu ya, anak-anak ku harus mandi." Kata gue.
"Tadi pas aku lagi bere-beres di halaman depan ada kucing luar yang diem di deket pagar, kayaknya temennya Haru sama Yuki." Kata Kalangga.
"Kamu kasih makan gak? Biasnya dia aku kasih makan bareng sama Haru sama Yuki."
"Enggak, aku kira dia cari Haru sama Yuki terus mau diajak main jadi aku suruh dia nunggu aja di depan pintu sampe Yuki sama Haru keluar."
Dia kira Haru sama Yuki anak kecil yang disamper main sama temennya kali ya.
"Dia kasian tau, Kal. Waktu itu kakinya sempet luka terus aku bawa ke vet, tadinya mau aku bawa ke dalem biar main bareng Yuki dan Haru tapi cuma satu minggu dia lebih milih tinggal di luar, kalo makan sama tidur doang dia ke rumah." Kata gue.
"Baik banget kamu sayang." Kata Kalangga sambil ngusap-ngusap pipi gue.
"Aku panggil dia Abu soalnya warna bulunya abu-abu."
"Nanti kita beliin Abu tempat makan sama mainan kayak Haru dan Yuki ya, sayang?"
Kita ngobrolin kucing udah kayak ngobrolin anak sendiri.
"Aku tuh kasian banget sama Abu, waktu pertama ngeliat dia tuh dia masih kecil, aku kira dia di depan rumah sama ibunya tapi ternyata cuma sendiri. Gak lama kakinya luka, aku sampe nangis waktu itu karena kasian. Masih kecil, ditinggal sama orang tuanya, harus cari makan sendiri, aku tau banget rasanya jadi Abu."
Kalangga tiba-tiba peluk gue, dia ngusap punggung gue sambil sesekali dia cium puncak kepala gue. "Nadyla hebat, makasih ya udah mau bantu Abu, kalo gak ada Nady mungkin Abu sekarang udah gak ada disini."
Gue jadi mau nangis, padahal lagi bahas kucing.
"Abu mirip sama aku ya, Kal?" Tanya gue.
"Hm?"
"Iya, sama-sama hidup sendiri, sama-sama ditinggal orang tua, harus cari makan sendiri, harus menghadapi semuanya sendirian."
Kalangga lepas pelukannya terus dia natap gue, "Kan kamu punya aku, sekarang gak harus sendirian lagi karena udah ada aku. Kalo Abu punya kamu yang baik hati karena udah mau urusin dia, kamu juga punya aku yang akan terus temenin dan jaga kamu. Kamu gak akan sendirian lagi, Nady."
"Kal, aku gak mau nangis kamu jangan ngomong gitu." Gue jadi sedih dengernya, Kalangga ngomong kayak gitu tulus banget, gak cuma omongan doang sih selama ini dia lebih banyak action.
Kalangga ketawa terus dia ngecup pipi gue lagi, "Udah sana mandi, aku mau ke depan liat Abu."
"Kasih Abu makan ya sayang." Kata gue.
Kalangga senyum salah tingkah, masih aja malu-malu kalo gue panggil sayang. Gemes.
__
Kita udah di rumah orang tuanya Kalangga, gue kira kita bakal makan malem di rumah ternyata makan malemnya di restaurant yang udah pasti fancy. Untung baju gue gak kayak gembel hari ini.
Gue habis ngobrol sama Tante Ayu, mamanya Kalangga. Sekarang gue mau samperin Kalangga yang ada di kamar Deva, disini juga ada Rachel karena nanti dia juga bakal itu dinner dan sekarang mereka lagi kumpul di kamar Deva.
Pas gue masuk ke dalem kamar Deva bau asap rokok udah kecium banget, siapa lagi kalo bukan kelakukan Kalangga. Gue bisa liat dia lagi main game di pc nya Deva dan ada rokok yang nyala di sampingnya.
"Dari kapan dia begitu?" Tanya gue.
"Dari baru sampe sini, lagi kecanduan main game tuh dia." Kata Deva.
"Tadi katanya mau beli pc kayak Deva." Tambah Rachel.
Gue samperin Kalangga, dia gak sadar gue ada disini. Gue ambil rokoknya terus gue matiin ke asbak, Kalangga mau marah tapi dia langsung diem karena tau kalo itu gue.
"Sayang dari kapan disini?"
"Kalo diruangan ber-ac itu gak boleh ngerokok." Kata gue.
"Iya, maaf." Katanya.
Gue tinggalin Kala dan gabung sama Deva Rachel yang lagi ngemil sambil nonton film di tv, mereka duduk di lantai beralaskan karpet. Kamar Deva tuh kayak kamar anak laki-laki kuliahan pada umumnya, agak berantakan dan banyak barang-barang koleksi gitu.
Kalangga nyusul dan duduk di sebelah gue, dia langsung ndusel sambil meluk badan gue dari samping. Gak malu dia diliatin Deva sama Rachel.
"Mas Kala pikirin kita yang jomblo ini lah." Kata Rachel.
"Makanya jadian aja kalian biar gak jomblo." Ledek Kala. Deva sama Rachel cuma natap Kalangga dengan tatapan kesel, padahal mereka sama-sama mau tuh.
"Kal, kamu bau rokok banget." Gue dorong Kalangga pelan supaya dia lepas pelukannya.
"Nanti aku ganti baju." Katanya.
"Udah berapa batang?"
"Dua, sayang."
"Bohong, Kak. Mas Kala baru buka bungkus rokoknya lagi tuh." Adu Rachel, Kalangga langsung natap Rachel sinis.
"Jangan percaya omongan bocil itu sayang, aku beneran baru dua batang."
"Dih bocil? Mas Kala juga kayak bocah smp." Kata Rachel gak terima.
Ribut lagi.
"Kala, udah ah." Gue peluk dia lagi supaya dia berhenti adu mulut sama Rachel, beneran ini mah pusing banget kalo denger mereka ribut.
Kalangga bales pelukan gue sambil sesekali cium pipi gue, kita akhirnya sibuk nonton film di tv karena jam makan malem juga masih lama jadi kita ber-empat masih bisa santai.
__