EMPAT PULUH

103 11 4
                                    

Kita udah sampe di Solo, di rumah Pakde. Tadi habis dijemput pakde di bandara kita sempet mampir ke rumah makan karena lumayan laper dan udah waktunya makan siang juga. Sekarang gue lagi ngobrol di ruang tamu sama Bude, Kalangga juga lagi ngobrol sama Pakde di meja sebelah.

"Kerjaan kamu gimana, Mba? Memangnya bisa ditinggal gini?" Tanya Bude.

"Gak ditinggal kok Bude, kan aku bisa ambil cuti." Kata gue.

"Calon suami mu gimana? Dia pasti orang sibuk ya, Mba?" Tanya Bude.

Gue ngangguk sambil ketawa kecil, "Dia juga ambil cuti kok, Bude tenang aja kita kesini gak menelantarkan pekerjaan."

"Pak, kamu ajak ngobrol terus anak orang sampai lupa disuruh minum, masih penuh itu teh nya." Kata Bude.

"Yaampun Bu, sampai lupa Bapak. Ayo nak Kala, diminum teh nya." Kata Pakde.

Kalangga ketawa kecil, "Gak apa-apa, Bude. Ini saya minum ya teh nya." Kata Kalangga.

"Mba, kamu gak mau bikin cemilan sama Bude? Biasanya kalau kesini kamu sibuk ngajak Bude bikin kue." Kata Pakde, gue emang sering baking bareng Bude kalo kita lagi ketemu. Kta berdua sama-sama suka buat kue.

"Nady bisa buat kue?" Tanya Kalangga.

"Bisa, enak loh kue buatan Nadyla. Kamu belum pernah dibuatin?" Tanya Bude.

Kalangga langsung ngegeleng cepet, "Gak pernah, Bude."

"Kalo gitu sekarang Mba baking sama Bude ya, supaya Kalangga bisa cobain kue buatan kamu." Suruh Pakde.

"Nadyla kayaknya capek Pakde, kapan-kapan aja gapap kok." Kata Kalangga.

"Aku gak capek kok." Jawab gue.

"Serius?" Tanya Kalangga.

Gue ngangguk, "Bude ada bahan nya?" Tanya gue ke Bude.

"Gak ada, bahan buat bikin kue habis. Kamu beli dulu di supermarket biasa ya?" Kata Bude.

Gue ngangguk patuh, "Kalo gitu aku pergi belanja dulu sama Kalangga."

"Kalian gak capek kan tapi?" Tanya Bude.

"Enggak bude sayang, udah ya kita berangkat dulu. Pakde mobilnya dipinjam sebentar ya!" Gue ambil kunci mobil Pakde yang ada di atas meja habis itu narik tangan Kalangga buat ikut gue ke garasi mobil.

"Sayang, beneran gak capek?" Tanya Kalangga waktu kita udah mau masuk mobil.

"Enggak, aku mau kamu cobain kue buatan aku hari ini." Kata gue.

"Lain waktu padahal masih bisa." Kata Kalangga.

"Maunya hari ini." Kata gue.

Kalangga ketawa gemes sambil ngacak-ngacak rambut depan gue. "Biar aku yang nyetir." Katanya sambil narik pelan kunci mobil yang ada di tangan gue.

"Kamu kan gak tau supermarketnya dimana, aku aja yang nyetir."

"Kan kamu bisa kasih tau jalannya, udah ya kamu diem duduk aja biar aku yang nyetir." Katanya.

Akhirnya gue nurut, kita masuk ke mobil dan Kalangga yang nyetir gue tinggal duduk manis aja hehe.

__

Selesai gue bikin cookies sama Bude kita balik duduk di ruang tengah sambil ngobrol, kali ini Kalangga bakal ngasih tau niat dia kesini ketemu sama Pakde dan Bude untuk apa. Jujur gue yang deg-degan.

"Jadi gimana? Katanya ada yang mau diomongin ya?" Tanya Pakde.

Gue ngeliat Kalangga agak narik nafas sedikit, kayaknya dia juga deg-degan.

"Iya Pakde, kami ke sini memang ada maksud dan tujuan, saya mau menikahi Nadyla." Kata Kalangga dengan suara yang tegas tapi tenang.

Pakde ngangguk kecil, "Punya apa kamu?"

Gue kaget denger pertanyaan Pakde, Kalangga sih keliatan santai banget. 

"Pakde-"

"Bercanda, kamu gak perlu jawab ya, Nak Kalangga." Kata Pakde sambil ketawa khas bapak-bapak, Kalangga yang denger juga ikutan ketawa.

"Bapak nih jangan suka ngeledek!" Omel Bude.

"Biar gak tegang banget loh bu, ya to?" 

"Pakde bercanda nya garing!" Kata gue.

"Ya sudah, terus kalau sudah dinikahkan mau kamu apakan anak saya?" Tanya Pakde, jangan heran kalo Pakde atau Bude sebut gue dengan kata anak mereka karena dari dulu gue udah dianggap anak sama mereka.

"Saya akan kasih apapun buat anak Pakde, Nadyla sudah cukup berjuang sendiri selama ini, saya bukan cuma mau menjadi suami Nadyla tapi saya mau menjadi teman hidup Nadyla." Kata Kalangga, dia ngelirik gue yang udah mau nangis. Kalangga senyum kecil.

"Nadyla kalo lagi ngambek serem loh." Kata Pakde.

"Pakde!" Rengek gue.

Pakde, Bude sama Kalangga ketawa, mereka emang seneng ngeledekin gue kayaknya.

"Saya gak bisa bilang tidak karena saya yakin Nadyla sudah besar dan dia bisa memilih pasangan hidupnya sendiri. Saya cuma bisa bilang titip Nadyla, saya tau dia se-hancur apa selama ini tapi dia gak pernah mau bilang aja, saya harap kamu bisa dipercaya." Kata Pakde dengan nada serius.

Ini kali pertama gue ngeliat Pakde ngomong serius begini, ditambah mata beliau keliatan berkaca-kaca. Pakde itu tipe yang selalu bercanda, liat aja daritadi kan.

"Rencananya kapan mau pertemuan keluarga?" Tanya Pakde.

"Kalau bisa secepatnya, Pakde." Kata Kalangga.

"Sudah gak tahan mau jadiin Nadyla istri ya?" Ledek Pakde.

Kalangga ngangguk sambil nyengir, "Iya Pakde, hehe.

"Ya sudah, minggu depan bagaimana? Nanti biar Pakde sama Bude yang ke Jakarta." Kata Pakde.

"Biar saya yang bawa keluarga saya ke sini, Pakde." 

"Jangan, kamu dan keluarga kamu pasti orang sibuk. Biar kami yang ke Jakarta."

"Pakde pasti sekalian mau liat rumah ya? Aku gak ngerusakin apa-apa lagi kok." Kata gue.

"Itu kamu tau, Pakde harus cek sendiri."

Akhirnya kita setuju kalau minggu depan Pakde sama Bude yang akan ke Jakarta dan setelah itu kita melangsungkan acara pertemuan keluarga, kayak tunangan gitu deh kayaknya gue gak ngerti lah nanti biar diomongin lagi sama Kalangga.

Agak pusing sih ya soalnya ini mepet hshshshshs.

__

Written in The StarsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang