Sekarang H-dua minggu acara pernikahan gue sama Kalangga, tiap hari gue rasanya gak tenang karena kepikiran persiapan pernikahan takut ada yang kurang.
Seminggu belakangan ini gue juga udah mulai nyicil barang pindahan ke rumah Kalangga, sesuai kesepakatan kita nanti setelah nikah gue pindah ke rumah Kalangga sedangkan rumah gue dibiarin kosong tapi tetep ada yang ngurus kok nanti setiap weekend juga kita nginep di sana.
Sekarang gue lagi duduk di sofa sambil ngerjain kerjaan gue, untung gak lagi banyak kerjaan jadi gue bisa sedikit santai. Harusnya hari ini gue meeting lagi sama EO yang ngurus acara pernikahan gue sama Kalangga tapi diundur karena Kalangga ada meeting kantor seharian ini.
Jujur gue agak sebel kalo dia sibuk dan gak bisa bagi waktu kayak gini, jadinya gak sesuai sama rencana awal dan gue juga harus menyesuaikan jadwal gue lagi.
Gak lama Kalangga sampe, dia emang niat pulang kerja mau kesini buat makan malem bareng. Kalangga duduk di samping gue sambil nyenderin kepalanya di bahu gue.
"Sayang, meeting sama Mas Faras bisa diundur sampe lusa gak? Aku besok meeting ke Bogor."
Kan, ngeselin emang.
"Kalo diundur terus mau selesai kapan? Acaranya udah sebentar lagi, Kak." Kata gue yang nahan emosi, beneran se-kesel itu kalo lagi-lagi harus nurutin kemauan Kalangga. Ini udah mendekati hari H tapi masih ada beberapa detail yang kurang dan itu harus segera diperbaiki.
"Aku ngerti sayang, tapi aku juga gak bisa batalin meeting ini." Alasan dia gitu terus.
"Terus aku sama yang lain harus batalin meeting besok? Ini gak satu atau dua kali aja ya Kak kita batal meeting karena kamu, kamu gak mikirin mereka juga punya kerjaan yang lain apa? Aku juga punya kerjaan yang masih harus aku urus, kamu jangan egois, Kak." Gue beneran kesel banget jadinya sama Kalangga, dia tuh seenaknya banget dia kira gue juga gak punya kerjaan kali?
"Keliatannya jadi cuma aku yang semangat dan nunggu-nunggu hari pernikahan kita."
Kalangga tegakin badannya terus natap gue, "Kok gitu sih ngomongnya? Aku cuma minta undur meeting kenapa kamu sampe kayak gini?"
"Cuma? Kamu mikir gak sih Kak permintaan kamu tuh bisa berantakin semua plan yang udah di susun, harusnya bisa dikerjain lebih cepet malah jadi ditunda. Kamu gak tau kan setiap kamu minta undur mereka jadi lembur dan aku juga jadi harus menyesuaikan jadwal aku lagi, kamu kepikiran sampai situ gak?"
Kalangga diem, sebenernya gue gak mau ada acara ribut kayak gini karena gue tau Kalangga pasti capek habis kerja cuma gue juga gak mau terus-terusan ikutin kemauan dia, yang ada hari pernikahan gue yang diundur.
"Nady.. Please.. Aku janji ini terakhir kali aku ubah jadwal."
Gue ngegeleng, "Gak bisa, terserah besok kamu mau dateng atau enggak, aku udah biasa ngurus semua ini dari awal sendirian."
"Kamu kenapa sih? Kok nyebelin begini?" Nada bicara Kalangga sedikit naik.
"Nyebelin kamu bilang? Aku capek ngurus ini semuanya sendiri, Kalangga! Aku tau kamu sibuk sama pekerjaan kamu tapi bisa gak kamu gak seenaknya minta ubah jadwal terus? Aku capek harus mikirin semuanya sendiri, kamu keliatan sama sekali gak terbebani, kamu sebenernya serius gak sih?" Gue udah mulai emosi, ngadepin Kalangga yang banyak maunya gini tuh beneran menguras tenaga dan emosi.
"Aku ngerasa gak terbebani karena aku happy, aku happy mau nikah sama kamu, Nadyla. Maaf aku gak bantu kamu ngurus pernikahan kita, tapi pekerjaan aku juga lagi hectic karena aku mau cuti panjang, sayang." Katanya yang sekarang mulai reda, dia mana tega bentak-bentak gue.
"Kamu pikir aku enggak? Aku setiap hari tidur hampir pagi karena harus ngurus kerjaan ku, tugas kuliah dan mikirin pernikahan kita. Aku gak masalah kalau kamu sibuk, tapi tolong jangan ngerusak plan yang udah dibuat, aku capek, Kak."
Kalangga narik gue ke pelukannya, "Maaf, sayang." Kalangga ngusap pundak gue dan mencoba nenangin gue yang lagi nangis.
"Maaf ya aku gak bantu kamu urus pernikahan kita, maaf udah buat kamu mikirin semuanya sendiri." Katanya.
"Aku capek banget, Kak."
Kalangga ngusap bahu gue sambil sesekali kecup rambut gue, kenapa ya kalo lagi begini tuh gue sebel banget sama kalangga tapi pas udah dipeluk tuh kayak sebelnya ilang hehe.
__
Hari ini gue pergi ke makam Ayah dan Ibu, biasanya gue seminggu sekali kesini tapi udah beberapa bulan belakangan ini gue jarang kunjungin mereka.
Gue duduk di samping makam Ayah dan Ibu dan mulai berdoa habis itu gue tabur bunga di atas makam mereka dan mulai ngomong sendiri, curhat gitu deh hehe.
"Ayah, Ibu, Adek mau nikah minggu depan."
"Maaf ya aku jarang mampir dari kemarin, belum sempet kenalin calon suami ku juga tapi aku janji besok aku bawa dia kesini buat dikenalin sama Ayah dan Ibu."
"Namanya Kalangga, dia dulu kakak tingkat ku di kampus, temennya Biru juga. Ayah sama Ibu pasti kira aku bakal sama Biru terus ya? Aku juga ngiranya gitu tapi ternyata enggak, Biru sekarang udah bahagia sama istrinya."
"Ibu, aku bisa gak ya jadi istri yang baik kayak Ibu? Aku bisa sabar kayak Ibu gak ya? Aku takut gak bisa menjalankan peranku dengan baik."
Jujur semakin dekat hari pernikahan gue ngerasa takut, takut gue gak bisa menjalankan peran baru gue nanti, ini bukan gue gak siap ya gue udah siap lahir batin cuma gue overthinking sendiri aja.
"Adek kangen banget sama kalian."
Ternyata gue masih gak bisa nahan tangis gue kalo lagi disini, mau sesering apapun gue kesini dan se ikhlas apapun gue kayanya gue akan tetep nangis sesegukan deh hehe.
Lagi nangis sesegukan gini tiba-tiba handphone gue bunyi, ada telfon dari Kalangga.
"Halo, Kak."
"Sayang, are you okay?"
Gue diem sebentar karena bingung.
"Iya, kenapa nanya gitu?"
"Liat ke belakang kamu."
Gue langsung balik badan dan gue bisa lihat Kalangga berdiri disana sambil natap gue dengan tatapan khawatir.
"Kamu kok disini?"
"Are you okay?"
Disana Kalangga natap gue dengan tatapan khawatir dan serius, gue yang emang lagi mellow cuma menggelengkan kepala habis itu telfonnya mati dan Kalangga jalan ke arah gue.
__