Bab 3 : Keinginan balas dendam (bagian 1)

33 5 0
                                    

Fu Ling membuka keranjang makanan yang diterima dari kasim muda, dan seperti yang diharapkan, makanan dari tiga hari sebelumnya yang berupa hidangan daging dan ikan dengan kaldu panas telah berubah menjadi makanan yang sedikit dan tidak berasa. Kebanyakan orang di Istana Kekaisaran mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi, sehingga kejadian seperti ini terjadi setiap hari. Fu Ling, yang sudah terbiasa, dengan ringan menutupi keranjang makanan dan berjalan menuju halaman.

Bayangan Qing Ling terlihat dari jendela geser yang setengah terbuka seperti sebelumnya. Selama tiga hari terakhir, dia sering berdiri di depan jendela dengan mata tertuju pada rimbunnya pohon payung Cina di halaman.

Pada sore hari di awal musim semi, bayangan pohon itu memecah sinar hangat matahari di wajahnya, namun sayang sekali hal itu tidak memberinya kehangatan. Dalam glasir yang sejuk dan tenteram terungkap perasaan dingin yang menusuk tulang, seperti bunga plum putih abadi di bawah sinar matahari. Tidak seperti wanita lain di Istana Dalam yang berpura-pura dingin dan menyendiri, sikapnya yang dingin dan pantang menyerah membuat orang-orang khawatir tetapi tidak bisa mengalihkan pandangan mereka.

Fu Ling menghela nafas dengan murung, wajah di balik jendela sangat cantik tapi jelek. Dia tidak tahu apakah itu bisa dianggap sebagai berkah terselubung, karena begitu Selir Kekaisaran menyadari bahwa Qing Ling cacat, mereka bahkan tidak repot-repot mempersulitnya. Dengan demikian, memungkinkannya melewati tiga hari terakhir ini dengan damai.

Setelah membuka pintu, Fu Ling mulai menata piring di atas meja bundar dan berkata dengan suara rendah, "Nona, silakan makan."

“Fu Ling, kapan aku bisa bertemu Kaisarmu?.” Sebuah suara dingin bertanya tanpa emosi. Di Istana Kekaisaran, ada banyak sekali wanita cantik yang ingin bertemu Kaisar. Tapi Fu Ling tahu bahwa tujuannya menemui Kaisar jelas bukan untuk memujanya.

Setelah menyiapkan piring, Fu Ling menjawab dengan acuh tak acuh, “Pelayan ini tidak tahu.”

Qing Feng berbalik tanpa tergesa-gesa, melihatnya diam-diam bekerja di meja dan dengan lembut bertanya, “Selain mengatakan kamu tidak tahu, hal tambahan apa yang bisa kamu katakan?”

Tangan Fu Ling, yang sedang membersihkan keranjang makanan, berhenti sejenak tetapi segera fokus pada tugas yang ada. Sehubungan dengan pertanyaan Qing Ling, diam adalah hal yang benar.

Setelah duduk di meja bundar, Qing Feng melirik dua hidangan vegetarian sederhana di atas meja dan tersenyum sinis. Mengambil sepasang sumpit dan melihat hidangan yang tidak berasa, Qing Feng mulai makan sesuap nasi dingin. Setelah menghabiskan setengah mangkuk nasi, Qing Feng meletakkan sumpitnya dan dengan dingin berkata, “Tinggalkan aku sendiri.”

“Rumah Tangga Kekaisaran telah mengatur agar pelayan ini melayani Nona…” Fu Ling mengucapkan kata-kata setengah hati dengan jelas, tetapi sebenarnya dia mencari kedamaian dan ketenangan di sini.

Sebelum dia bisa menyelesaikan kata-katanya, Qing Feng menyela, “Jika kamu tidak pergi, kamu akan menyesal.”

Kata-katanya… Apa maksudnya? Fu Ling mempunyai firasat buruk dan berjuang beberapa saat sebelum menjawab dengan lembut, “Nona… Lebih baik tidak melakukan hal konyol, tidak ada yang lebih baik daripada… Masih hidup.” Meski wajahnya cacat dan meninggalkan kampung halamannya, sungguh menyedihkan, tapi bukankah ada orang yang jauh lebih menyedihkan di dunia ini daripada dirinya?

Qing Feng mengangkat kepalanya sedikit dan bertemu dengan sepasang mata yang biasanya menunduk dan menghindari sebelum berkata, “Seseorang dapat hidup dengan kompromi, dapat hidup dengan rasa malu, dapat menderita segala macam siksaan, melewati setiap hari dengan susah payah dan bagi mereka yang hidup dengan harapan, itu yang paling berharga. "Tapi harapanku, itu telah dirobek dan dihancurkan sebelumnya!”

Tatapan mata yang sebelumnya dingin berubah menjadi amarah yang begitu panas, bahkan suara jernihnya pun sedikit bergetar. Fu Ling hampir bisa mendengar giginya yang bergemeretak. Dia hanya tahu bahwa para suster dari keluarga Qing dikirim sebagai upeti. Mengenai bagaimana wajahnya rusak dan apa yang membuatnya begitu benci, dia tidak tahu.

Fu Ling membuka mulutnya untuk mengatakan sesuatu, tapi akhirnya menutup mulutnya rapat-rapat.

“Kakak Fu Ling.” Seorang gadis kecil, berpakaian serupa seperti pelayan istana, berdiri di luar halaman dan menjulurkan kepalanya ke dalam untuk mengintip ke dalam tetapi tidak berani masuk.

Secercah awan melintasi wajah Qing Feng dan Fu Ling segera keluar dari kamar, menutup pintu dan berjalan cepat keluar dari halaman kecil.

Melihat Fu Ling keluar, gadis kecil itu segera mendekat dan tersenyum, “Kakak Fu Ling. Terakhir kali Kakak meresepkan obat untukku, aku hanya perlu makan tiga dosis dan sebagian besar rasa dinginnya hilang! Ini adalah beberapa biskuit kemangi Cina dari kampung halamanku, semoga Kakak tidak meremehkannya.” Dia adalah pelayan istana dengan peringkat terendah, Tabib Istana di Institut Medis Kekaisaran bahkan tidak akan mempedulikannya. Untuk menerima konsultasi medis dari Dokter dengan peringkat lebih rendah memerlukan hadiah. Namun ia hanya menerima sedikit uang saku setiap bulannya dan masih harus menabung untuk biaya hidup orang tuanya dan adik-adiknya. Untungnya, Kakak Fu Ling adalah orang yang baik dan memberinya beberapa dosis obat, kalau tidak, flunya akan sembuh entah kapan.

Gadis kecil itu mendorong tas berisi barang dari tangannya ke tangan Fu Ling. Setelah berpikir panjang, Fu Ling teringat bahwa dia adalah Xiao You, seorang pelayan istana dari Balai Istana Liu Yun. Dia menjawab sambil tersenyum, “Kamu terlalu baik, tidak ada usaha sama sekali.”

Xiao You tertawa manis, “Hanya orang baik seperti kakak perempuan yang akan mengulurkan tangan.”

Fu Ling tersenyum tanpa membalas.

Xiao You memiringkan kepalanya ke arah halaman dalam, melewati jendela yang setengah terbuka dan samar-samar melihat seorang wanita berpakaian sederhana, dengan rambut panjang tidak disisir, duduk diam di meja bundar.

Saat Xiao You dengan lembut menarik pakaian Fu Ling, dia bertanya dengan nada berbisik, “Apakah yang ada di dalam kecantikan dari Hao Yue? Wajahnya…"

Fu Ling mengernyitkan alisnya, dia juga datang untuk menanyakan informasi? Dia telah bertugas di Istana selama sepuluh tahun dan saat ini orang-orang yang datang kepadanya jauh melebihi jumlah total orang yang datang kepadanya dalam sepuluh tahun. Fu Ling menunjukkan sedikit ketidaksabaran dan Xiao You segera berkata, “Kakak Fu Ling, aku benar-benar datang ke sini untuk mengucapkan terima kasih! Namun ketika aku pergi, nyonya rumah melihat dan mengetahui bahwa aku akan mengunjungi Kakak Perempuan, jadi dia memerintahkanku untuk menanyakan beberapa informasi. SAYA…"

“Yah, kamu telah melihatnya sendiri dan dapat menjelaskannya setelah kamu kembali. Kembalilah kalau begitu.” Lelah mendengarkan alasannya, Fu Ling tidak terburu-buru menutup pintu utama halaman.

“Fu Ling.” Sebuah suara dingin memanggil.

Fu Ling memasuki ruangan dan awalnya mengira dia akan mengamuk pada mereka yang diam-diam mengumpulkan informasi. Namun tanpa diduga, dia tiba-tiba bertanya, “Apakah Wang Gonggong itu memberikan instruksi bahwa saya tidak boleh meninggalkan rumah ini?”

Setelah berpikir beberapa lama, Fu Ling menjawab, “Tidak.”

Secercah warna melintas di mata Qing Feng dan terus bertanya, “Kalau begitu, bisakah aku berjalan di sekitar Taman Kekaisaran?”

Dia… berpikir untuk menunggu Kaisar di Taman Kekaisaran? Kadang-kadang, Kaisar akan pergi ke Taman Kekaisaran setiap bulan sekali! Fu Ling menggelengkan kepalanya dan menjawab, “Hanya Janda Permaisuri, Selir Kekaisaran, Putri dan Pangeran yang diizinkan bermain di Taman Kekaisaran.”

Qing Feng mengerutkan alisnya dan mendengus pelan, “Kalau begitu, tidak apa-apa berjalan di sekitar area ini.”

Mereka berada di Pengadilan Pusat yang jauh dari Istana Kekaisaran, tempat tinggal Selir dan Selir Kekaisaran. Jika dia ingin berjalan-jalan di sekitar area ini, tidak akan ada masalah. Bahkan jika dia mengatakan tidak, Nona Qing ini kemungkinan besar akan mengabaikannya.

Setelah merenung sebentar, Fu Ling mengangguk.

“Kalau begitu aku akan merepotkanmu untuk menyisir rambutku.” Setelah mendapatkan jawaban yang memuaskan, Qing Feng duduk di depan meja rias dengan sikap tenang. Namun Fu Ling merasa sangat skeptis.

Dia benar-benar hanya ingin berjalan-jalan?

 A Mistaken Marriage Match :  Mysteries In The Imperial Harem (Book 3)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang