Bab 26 : Kepercayaan (bagian 2)

18 3 0
                                    

“Bergerak lebih cepat! Apakah kamu tidak ingin makan dengan membuang-buang waktu seperti ini?”

Di bawah terik matahari di halaman terbuka, terdapat tumpukan keranjang berisi pakaian dan gorden. Di samping sumur terdapat tiga buah kolam batu besar yang direndam berbagai jenis pakaian. Sepuluh pelayan istana berada di bawah terik matahari mencuci pakaian tanpa berani mengangkat kepala. Banyak di antara mereka yang mengalami jari putih bengkak karena terlalu lama direndam. Meski begitu, mama tua itu masih terus mengomel di halaman. Wanita di Biro Binatu semuanya adalah pelayan istana berpangkat rendah dan hanya bisa menanggung hukuman dan omelan seperti itu secara diam-diam.

Sambil memegang teh yang baru diseduh, Lan Fang dengan senang hati berkata, “Mama, tenanglah. Matahari terlalu terik, duduklah dan minum teh ini. Biarkan hamba ini mengawasi orang-orang ini.”

Dia sebenarnya adalah mama yang berperingkat lebih rendah dan karena pelayan istana menyanjung dan melayaninya seperti itu, mama tua itu merasa segar kembali dan ekspresinya menjadi lebih baik. Setelah menerima teh dari Lan Fang, mama tua itu berbicara, “Baiklah, perhatikan baik-baik. Jangan biarkan mereka menjadi malas. Nanti akan ada kumpulan pakaian lain yang masuk.

"Ya." Lan Fang menjawab dengan tegas dengan ekspresi bangga yang tak terselubung. Sambil terbatuk ringan, Lan Fang memanfaatkan kekuatannya dan dengan ringan berteriak, “Kalian semua dengarkan, tangan kalian sebaiknya gesit. Jika ini tidak dilakukan hari ini, tidak akan ada yang bisa makan!”

Fu Ling dengan lembut menggelengkan kepalanya, mereka semua adalah pelayan istana berpangkat lebih rendah. Tidak ada seorang pun yang lebih mulia dari yang lain, dengan hanya sedikit kekuatan, mengapa harus menekan dan menginjak-injak orang lain? Fu Ling tersenyum mencela diri sendiri, sepertinya dia bingung. Mengapa di sini berbeda? Bukankah semua perempuan di Istana Dalam seperti ini?

Selama sepuluh hari ini, setiap hari dihabiskan untuk mencuci dan menkanji pakaian hingga kedua tangan merah dan bengkak. Setiap kali memeras pakaian, akan timbul sensasi kesemutan yang tak tertahankan. Fu Ling mengambil tirai yang sudah dicuci dan tangannya yang gemetar hampir membuat tirai itu jatuh ke tanah. Lan Fang memandangnya dan mengambil tirai dari tangannya ke pelayan istana di sampingnya dan dengan berpura-pura keras memarahi, “Melihatmu kikuk ini, pergilah ke sana untuk membawa pakaian kering itu kembali.”

Mengeringkan pakaian jauh lebih mudah dibandingkan mencuci dan mengkanji. Lan Fang mengedipkan mata pada Fu Ling, Fu Ling ragu-ragu sejenak tetapi tidak berkata apa-apa sebelum dia bangkit dan berjalan menuju ladang pengeringan. Para pelayan istana di samping Fu Ling tidak senang tetapi di bawah tatapan Lan Fang, mereka semua diam-diam membenci tetapi tidak mengeluh.

Lan Fang memulihkan pandangannya dengan gembira, bukan karena dia mengasihani Fu Ling tetapi karena Fu Ling adalah seorang petugas medis wanita dan mengetahui beberapa obat. Mereka adalah pelayan tingkat rendah sehingga dokter tidak akan repot-repot mendiagnosis mereka dan kemampuan petugas medis tersebut tidak setinggi Fu Ling. Jika dia sering merawatnya, maka ketika dia sedang tidak enak badan dia akan dirawat.

Ada dua orang yang masuk ke halaman. Salah satunya adalah Wu Mama, yang bertanggung jawab atas seluruh Biro Binatu, dan yang lainnya bukanlah seorang kasim muda atau tua. Setelah melihat siapa yang masuk, mama tua sombong itu segera menyembunyikan kesombongannya dan dengan hormat berjalan menghampiri sambil menyanjung, “Wu Mama, kok kamu ada di sini.”

Mata Wu Mama menyapu halaman satu putaran, mengabaikan perhatian mama tua itu dan dengan suara mendesak berseru, “Panggil pelayan istana bernama Fu Ling ke sini.”

"Ya ya." Mama tua itu langsung setuju tetapi untuk sesaat dia tidak dapat mengingat siapa di Biro Binatu yang bernama Fu Ling. Lan Fang-lah yang cerdas dan segera berkata, “Pelayan ini akan pergi dan menjemputnya.”

Fu Ling tidak melangkah jauh sebelum mendengar teriakan Zhi Lan. Ketika dia menoleh, dia melihat di Halaman Qing berdiri Wu Mama dan seorang kasim. Dia merasa takut namun Fu Ling tetap berjalan ke arah mereka.

Wu Mama diam-diam mengukurnya sebelum bertanya, “Kamu adalah Fu Ling?”

"Ya."

Wajah sederhana dan rapi yang cukup cantik dan temperamennya yang pendiam memang lebih istimewa dari pelayan istana pada umumnya. Wu Mama melepaskan tangannya dan berkata, “Berkemas dan pergi bersama Gonggong.”

Pergi kemana? Dia ragu tetapi Fu Ling tidak menanyakannya. Dia baru berada di sini selama setengah bulan dan tidak banyak yang perlu dibawa. Sambil menyingsingkan lengan bajunya, Fu Ling mengikuti kasim itu keluar dengan tenang. Wu Mama memandangi sosok Fu Ling yang pergi, dan mau tidak mau mengangkat mulutnya. Dia benar-benar pergi bersama kasim itu tanpa mengedipkan mata. Wanita ini benar-benar mengikuti arus ataukah pikirannya berjalan terlalu dalam?

Lan Fang berjalan ke sisi Wu Mama dan dengan lembut bertanya, “Wu Mama, kemana Fu Ling pergi?” Biasanya ketika pelayan istana pergi, mereka akan mengemas barang-barang mereka sendiri tetapi bahkan ada Gonggong yang datang untuk membawanya keluar. Hal ini membuat Lan Fang penasaran.

Wu Mama sambil tertawa berkata dengan sedikit sarkasme, “Kaisar baru saja menganugerahkan Selir Qing dan Selir Qing secara khusus meminta Fu Ling untuk melayaninya. Dia tidak akan lagi menjadi pelayan istana rendahan.”

Gelar Selir memiliki pangkat yang tinggi, jika diikuti oleh selir tersebut, identitasnya akan lebih tinggi daripada yang lain. Lan Fang diam-diam mengutuk, Fu Ling selalu bersikap menyendiri dan acuh tak acuh tetapi dia sama seperti orang lain, bergantung pada yang kuat. Karena dia tidak tahu nyonya mana yang dia layani, Lan Fang tersenyum manis dan berpura-pura santai saat dia bertanya, “Si cantik yang manakah Selir Qing?”

“Nona keluarga Qing itulah yang dikirim dari Hao Yue.”

"Apa?"

Itu — Monster jelek?? Mata almond Lan Fang melebar. Wajah menakutkan dan menakutkan itu, Kaisar sebenarnya menyukainya? Beberapa hari yang lalu dia mendengar bahwa dia dijebloskan ke Penjara Kekaisaran. Hanya sepuluh hari telah berlalu dan burung pegar telah menjadi burung phoenix?!

Ekspresi terkejut Lan Fang membuat Wu Mama terlonjak ketakutan, dan dia berteriak pelan, “Cari tahu banyak untuk apa. Pergi dan bekerja.”

Ada keranjang cucian yang belum dicuci di kakinya dan ada genangan air kotor di belakangnya. Lan Fang merasa pasrah. Saat itu keduanya pergi bersama untuk melayani Nona keluarga Qing. Tapi hari ini hanya Fu Ling yang mendapatkan pekerjaan bagus. Dia hanya menyalahkan dirinya sendiri, jika dia tidak terburu-buru melarikan diri, orang yang akan pergi dari sini hari ini adalah dia!

 A Mistaken Marriage Match :  Mysteries In The Imperial Harem (Book 3)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang