Di tengah perjalanan menelusuri jejak Pangeran Katchian, sebuah penemuan tak terduga namun signifikan terjadi.
Dalam jeda singkat ketika Nathan Zuckerman sedang pergi, Yuder dengan singkat menyampaikan kepada Kishiar kisah 'Thornbush Marin.' Kishiar lebih tertarik pada Kerusuhan Lapangan Merah, tempat Marin terakhir kali bertempur dan kalah, dibandingkan pada fakta bahwa dia berusaha membunuh Kaisar Katchian.
"Tampaknya ada banyak ketidakpuasan terhadap 'Keputusan Kaisar' pada saat itu. Apakah insiden seperti itu berlanjut setelahnya?"
"Tidak. Itu adalah pemberontakan yang paling signifikan, dan setelahnya, peraturan yang lebih ketat dan banyak bencana mencegah peristiwa berskala besar terjadi lagi."
Kerusuhan Lapangan Merah adalah pemberontakan yang diprakarsai oleh kaum miskin di wilayah barat, dihancurkan oleh gerombolan Pethuamet dan monster yang sangat besar, dan warga kekaisaran selatan yang berjuang melawan jaringan pertempuran ilegal dan masalah narkoba yang merajalela. Jumlah mereka membengkak, memprotes Kaisar dan kaum bangsawan karena gagal mengatasi masalah ini dengan baik.
Ketika jumlah mereka bertambah, pengendalian menjadi mustahil. Seperti Marin, yang hanya mengincar Kaisar, orang lain dengan beragam motif ikut bergabung, menyebabkan penindasan yang kuat oleh seluruh kekuatan militer Kekaisaran.
Yuder kembali merenungkan peristiwa ini, salah satu tuduhan eksekusinya.
Keterlibatannya dalam Kerusuhan Lapangan Merah disorot bukan karena alasan lain melainkan karena Kavalerinya menunjukkan efisiensi luar biasa setelah kejadian tersebut, tidak seperti kelompok lain. Mereka menghindari penyiksaan yang tidak perlu, menggunakan para Awakener yang mahir dalam mengumpulkan informasi untuk menentukan tingkat keparahan kejahatan. Mereka yang ditemukan tidak bersalah atau tanpa disadari terlibat bahkan dibebaskan. Lawan politik Yuder menuduhnya berkolusi dengan para perusuh, percaya pada 'kekuatan kemampuan' untuk membenarkan pembebasan mereka.
Tentu saja, ini hanyalah fitnah yang tidak berdasar, bahkan diketahui oleh para penuduh. Meskipun kontroversi mereda dengan dukungan Kaisar Katchian terhadap Yuder, peristiwa ini tetap menjadi salah satu daftar panjang dugaan kejahatannya.
"Pokoknya... penindasan itu efektif. Orang-orang tidak pernah berani menentang Kaisar lagi dan menjadi diam sepenuhnya."
Ketika bencana semakin parah, orang-orang memprioritaskan kelangsungan hidup daripada mengungkapkan perbedaan pendapat, meskipun itu berarti harus merendahkan diri kepada para bangsawan demi keselamatan.
"Dan setelah itu, Kaisar Katchian..."
Setelah masa pengasingan, ia menjadi lebih aktif terlibat dalam hubungan luar negeri dan menunjukkan kemampuannya. Apalagi dengan suku selatan yang membantu memadamkan Kerusuhan Lapangan Merah, interaksinya meningkat. Ini juga saat dia pertama kali menunjukkan ketertarikan pada apa yang disebut orang bijak palsu.
Mungkin saat itulah dia mulai terlalu waspada terhadap Yuder, bawahannya yang paling dipercaya.
Akibatnya, Yuder secara alami mendapati dirinya menghabiskan lebih banyak waktu jauh dari Kavaleri, menjelajahi area lain. Jika bukan karena perubahan ini, minatnya terhadap bencana yang berulang mungkin akan tertunda. Meskipun tampaknya tidak berubah, banyak hal yang benar-benar berubah karena peristiwa ini.
“Ah… begitu, aku mengerti sekarang,” Kishiar mengangguk setelah mendengar semuanya.
“Jika wilayah yang bermasalah utamanya adalah wilayah barat dan selatan, maka wilayah barat seharusnya tidak menjadi perhatian lagi, dan menjadikan wilayah selatan sebagai fokus utama. Anda terutama tertarik pada pedagang wilayah selatan dan jaringan pertempuran ilegal, apakah itu alasannya? "