Gue lagi asik-asik mandi di kamar mandi. Biasanya sebelum mandi pagi, gue bakalan joget-joget dulu biar panas. Biar nggak kedinginan.
Tiba-tiba saja lantai bergoncang. Kepala gue muter-muter. Kenceng banget getarannya sampai tembok juga ikut bergoncang.
Gue belom ngeh kalau saat itu gempa. Gue pikir vertigo gue kumat. Jadi tetep aja gue di kamar mandi. "Kak, gempa kak!" adik gue gedor-gedor pintu. Disitu gue baru sadar terus ambil handuk lari keluar.
Gue perhatiin di luar banyak orang, gue nggak jadi keluar. Gue balik ke kamar pakai baju dulu. Sambil nyari ijasah gue. Eh, selesai gue berpakaian gempa udah berhenti.
Syukurlah gempa nggak terlalu besar, jadi ga ada yang rubuh. Paling piring-piring di dapur aja yang pecah.
Gue amatin aquarium gue yang isinya arwana. Aneh banget tuh ikan masa dia renangnya jumpalitan. Jadi kebalik gitu.
Berhubung gue masih ada mata kuliah gue urusin tuh ikan sepulang kuliah aja. Gue jadi nggak fokus ikutin mata kuliah, kepikiran arwana gue yang di rumah.
Selesai makul gue bergegas pulang dan langsung ngeliat tuh arwana, masih aja dia atraksi kepala di bawah renang gaya kebalik.
Gue kasian liat tuh arwana, kebetulan gue di rumah sendirian timbullah ide gila. Gue panggil sepupu gue, buat nyaring arwana.
"Kak, kau kulitin ya arwananya. Kita goreng aja daripada dia mati sia-sia."
"Serius lo?"
"Iya, tapi gue nggak berani ngulitin. Kakak aja ntar gue yang goreng."
"Gue sih ogah makan arwana. Ntar dimarahin ayah!"
"Ya bilang aja ikannya mati gara-gara gempa jadi dia loncat! Loncat ke perut gue, kak. Udahlah kalo dibiarin nanti tuh ikan vertigo. Kan kasian!"
"Serah lo deh!" Sepupu gue pun ngulitin tuh ikan.
Gue sendirian, tak ada saksi mata jadi gue bebas ngapain aja. Selesai ngegoreng ikan ortu dan adik gue pulang. "Aku goreng ikan nih, bun!"
Kita sekeluargapun makan tuh ikan.
"Nih ikan apa?" tanya ayah."Arwananya ayah tuh di aquarium!" Gue nunjuk aquarium yang udah kosong.
"Hah!" Ayah lari ke aquarium. "Beneran kau goreng ini??"
"Kena gempa yah, mati dia. Jadi ya udah di goreng aja!"
"Ya udahlah yah, toh arwananya juga udah mati. Gak di goreng pas masih hidup. Rasanya juga enak!" Bunda belain gue.
"Udah mati apa masih hidup waktu digoreng?" Ayah interogasi gue.
"Bisa dibilang sekarat,yah!" ucap gue sambil nyengir.
"Bun, anakmu nih. Masukin aja ke perut lagi!"
"Sabar yah sabar. Ntar kuganti deh arwananya!" ucap gue.
"Uang jajanmu ayah potong buat beli arwana!"
"Kok jadi uang jajanku! Ya udah ayah beli ntar ku goreng lagi kalo aku kelaparan!"
"Aduh!" Telinga gue pun dijewer.
"Gak ayah potong tapi jam 8 malam sudah harus di rumah!"
"Gampang itu!"
"Selama setaun!"
"Ebusset ya kali setaun yah..." keluh gue.
"Potong uang jajan atau gak boleh pulang malam? Ayah yang jemput pulang kuliah!"
"Potong uang jajan aja yah..." jawab gue
"Oh berarti ada rencana pulang malam? Kalau gitu dua-duanya!"
"Apa? Ih ayah gak adil!"
"Gak ada protes! Makin bandel kamu ya sejak kenal Adi. Dulu aja nurut banget sama ayah." Lagi dan lagi ayah menyebut Adi. Sepertinya perlu ekstra keras membuat ayah suka dengan Adi.
"Kamu masih pacaran sama Adi?" tanya ayah. Gue mengangguk. "Kamu nggak tertarik ya sama Rangga, ayah lebih cocok sama dia."
Waduh kenapa ayah justru ngebahas Rangga, gue udah dua kali nolak cinta dia, "Nggak mau aku,yah sama Rangga."
Gue jelasin ke ayah kalau Rangga udah gue anggap teman baik, nggak bisa lebih. Gue cuma tertarik dengan Adi, nggak bisa pindah ke lain hati.
"Nanti ayah kenalin sama anak temen ayah, namanya Luis. Siapa tau cocok." Setelah membicarakan anak temannya, ayah pergi melihat tanaman di taman kecil, depan teras rumah.
Ayah memang hobi menanam dan berkebun, serta memelihara burung dan ikan. Mungkin dengan hobi ayag ini, ada kesempatan untuk Adi lebih dekat dengan ayah.
KAMU SEDANG MEMBACA
My (Ex) Boyfriend
HumorKumpulan kisah kegilaanku di masa lalu.... Dalam revisi... Maaf jika nama-nama pemain diganti untuk menjaga privasi. 😊 #3 in humor (02.02.17)