Thanks to Haykal yang udah meyakinkan gue dan merencanakan segalanya buat gue ketemu sama Mine lagi. Gue yakin Mine gak mau ketemu gue makanya gue minta tolong Haykal buat jadi perantaranya. Satu setengah jam yang isinya cuma prasangka dan debar jantung gue yang berpacu lebih cepat ternyata sia-sia ketika gue denger kalimat yang keluar dari mulut Haykal setelah nerima telfon dari Ardan.
"Nat...Mine kecelakaan....sekarang di rumah sakit. Keadaannya kritis. Dia geger otak"
Penjelasan Haykal barusan sukses ngebuat gue gemeter dan hancur. Gue langsung raih kunci mobil dan pergi dari tempat itu menuju rumah sakit yang Haykal bilang.
--
"Mba Mine harus di operasi mas...." suara Ardan yang gemeter ngebuat gue makin takut kalau hal-hal buruk menimpa Mine.
"Yaudah, Dan. Di operasi aja biar mas yang tanda tangan kalau ayah dan bunda belum dateng" ternyata Haykal lebih mampu menggunakan mulutnya di banding gue yang udah kaku.
"Resikonya mba Mine bakal kehilangan beberapa atau malah sebagian ingatannya tapi kalau gak di operasi mba Mine bakal kehabisan darah. Mas Haykal Ardan harus apa??" Sekarang suara Ardan memenuhi lorong rumah sakit. Tangisan yang sedari tadi ia sembunyikan, gagal.
Haykal seketika kaku. Gue yakin dia juga dilema kaya Ardan sekarang.
"Udah tanya Bunda dan Ayah? Atau kita tunggu Ayah dan Bunda?" Ujar Haykal
"Bunda dan Ayah lagi di pesawat dari solo. Mereka gabisa dihubungin mas. Kalau nungguin ayah dan bunda dateng nanti mba Mine udah keburu........mas Haykal, Mas Nata bantuin Ardan huhuhu" Tangisan Ardan memecah segalanya. Sedangkan Haykal terkubur dalam keheningannya.
"Operasi aja, Dan. Mas Nata yang bertanggung jawab" perlu waktu lama sampai gue yakin dengan kalimat yang gue lontarkan ke Ardan barusan.
Ardan menatap gue nanar sedangkan Haykal hampir melotot ke arah gue. Tapi gue gak perduli, mau Mine hilang ingatan atau gak, dia tetep Lola gue dia tetep Jasmine Adeline Prasetya yang sama dan dia gak pantes buat meninggal dengan cara naas kaya gini. Gue mau dia tetep hidup dengan bahagia.
**
Operasi yang berlangsung satu jam empat puluh lima menit itu berhasil. Mine berhasil selamat, kata dokter tentang dia lupa ingatan atau gak itu bakal terlihat ketika dia udah siuman nanti. Tapi ayah dan bunda udah tau soal resiko itu, mereka bilang mereka akan memilih hal yang sama jadi setidaknya gue melakukan keputusan yang benar dengan menandatangani operasi yang harus Mine lakukan.
"Makasih ya nak, Nata" bunda ngomong dengan mata bengap dan kekhawatiran yang gue yakin masih kuat.
"Bukan apa- apa, Bun"
"Bunda yakin resiko itu gak bakal terjadi, dia bakal ingat semua, ingat kamu. Bunda yakin dia rindu kamu. Jangan khawatir ya, nak"
Gue mengangguk. Kata - kata bunda barusan sukses menenangkan hati gue atas keadaan Mine saat ini. Gue harus yakin kalau Mine gak akan kenapa-kenapa.
**
Udah lewat sehari semenjak Mine di operasi dan dia masih belum siuman. Pikiran buruk banyak mondar-mandir di kepala gue. Haykal gue suruh pulang, dia udah gak pulang dari kemarin. Lagipula disini masih ada gue. bunda dan ayah juga gue bilangin untuk istirahat di rumah biar gue hari ini yang nunggu Mine. Sedangkan Ardan gue suruh kuliah kasian dia lagi ujian, tapi dia bakal balik ke rumah sakit nanti selesai ujian.Teta udah kesini semalem dia nganter baju gue malah dan beberapa popmie juga beberapa cemilan tapi sekarang dia lagi kerja gue gak bolehin dia bolos Wirga juga yakinin dia kalau dia harus kerja dan Mine gak akan kenapa-napa. Kalau Meera masih di perjalanan kembali dari business trip nya mungkin nanti sore bakal sampe. Dinda, udah bolak-balik rumah sakit buat nemenin Ardan dia juga yang yakinin Ardan buat tetep ikut ujian dan ninggalin Mine sama gue, dia cukup membantu.