20 | ketangguhan anak tiri bangsa.

12.9K 2.1K 369
                                    

♫ bgm : #SAVEPAPUA - ECKO SHOW.




update yeee.



.

.

.

100 comment untuk buka next chapter ♥♥
( aku kasih saran mulmednya selalu dinyalain. )








;:;:;:;

Dih, liat deh, item banget.

Kalo mati lampu pasti gak keliatan.

Itu orang?

Kaya monyet.

Para bajingan-bajingan rasis yang cuma bisa bersahutan kalimat jahat dengan kebanggaan mereka, kemudian ketawa, ngerasa lucu dan paling asik padahal tolol parah.

Mingyu udah lumayan lama tinggal di Jakarta, segala macem olok-olok demikian bukan lagi hal baru untuknya.

Walau gitu jujur aja dia sering kali mempertanyakan satu hal ketika ngedenger omongan kaya gitu bukan lagi sekelas candaan ... tapi serius untuk menjatuhkan.

Ketika dia paham betul gimana orang-orang Timur begitu welcome, ngehormatin dan baik sekali sama pendatang di tanah kelahirannya sana, tapi kenapa? Kenapa ketika orang-orang Timur masuk ke wilayah lain dilihat kaya manusia yang beda spsies?

Bahkan mungkin, sering kali orang-orang goblok berakal dangkal beranggapan kalo mereka yang berkulit gelap ini gak sama, dan selalu dijadiin bahan ledekan. Entah serius atau enggak. Tetep aja kurang ajar. Namun apa orang-orang Timur bakal marah? Sebagian besar jawabannya ya gak juga, Mingyu sendiri paham sekali jika kebiasaan yang ngejadiin mereka kebal. Terlalu biasa sampe lupa gimana cara nyimpen perih atas celetukan gak rasional yang gak jauh-jauh nyinggung ras atau body shaming. Kekebalan yang kini memupuk percaya dirinya lebih besar agar gak lagi peduli ocehan random para pukimak.

Padahal loh ya, gak ada perbedaan signifikan antara orang Timur, Jawa, Sumatra atau daerah lain. Sama-sama hidup di satu tanah, bumi pertiwi, bangsa hebat dengan kekentalan budaya dan satu kesatuan yang kuat.

Jika mereka boleh bersuara, apa gak keterlaluan ketika negeri ini ngambil banyak sekali keuntungan di sana tapi perlakuin orang-orang dari pulau itu kaya anak tiri?

Bahkan keterbelakangan di pedalaman sana gak sebanding sama segala aset yang udah dicuri maling-maling berdasi. 

Kosan KejuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang