Mampus

330 44 34
                                    

Shownu natap Ki Hyun yang masih ngunyah makanan setelah nyeritain semuanya. Kok aneh ya? Musuhan pas SMA. Misah pas kuliah. Kebetulan baru ketemu lagi, bentar, nggak bener - bener ketemu malah. Tapi, Hyung Won nyelametin Ki Hyun. Shownu megangin kepalanya, otaknya nggak mampu menyusun sebuah teori tentang perasaan seseorang.

"Bagus ya lu pada makan. Gue nggak di bangunin" suara serak Hyung Won bikin mereka berdua noleh.

Ki Hyun yang masih megangin wrap terakhir segera nyamperin si tukang tidur. Tangan kecilnya ngulurin wrap ke arah ke bibir Hyung Won. Tapi, ditarik lagi.

"Lu mau ngerjain gue?" kata Hyung Won galak.

"Doa dulu" sahut Ki Hyun.

Hyung Won mejamin kedua mata sembari komat kamit. Baru deh, Ki Hyun nyuapin makanan yang sedari tadi di tangannya. Shownu serasa lagi nonton orang pacaran. Pengen ngedumel. Tapi, takut ganggu. Ki Hyun segera ke kamar mandi buat cuci tangan di wastafel.

Gantian Shownu yang dateng ke arah Hyung Won. Nyalamin terus nanyain gimana keadaannya sekarang.

"Ileran tuh. Cuci muka gih" kata Ki Hyun begitu keluar dari kamar mandi.

Hyung Won sama Shownu seketika ngusap kedua ujung bibir masing masing. Ki Hyun ketawa, lupa ngasi tau untuk siapa perintah tadi.

"Maksud gue si Hyung Won nu. Bukan lu. Lagian yang baru bangun tidur kan dia" kata Ki Hyun ngeringin tangannya pake tisu.

"Bodo amat" kata Hyung Won balik lagi ke tempat rebahannya semula.

"Berantem lagi. Ayoo. Gue liatin. Perlu gue share ke grup alumni SMA nggak nih?" Kata Shownu.

Mereka berdua narik kursi ke samping ranjang Hyung Won. Ngobrol ringan mengenai kehidupan mereka sekarang. Tapi, Ki Hyun lebih banyak ngomong ke Shownu daripada ke Hyung Won. Cowok itu nggak marah. Justru kepikiran kali aja dendam masa lalu masih terbesit di pikiran Ki Hyun. Hyung Won nampar bibir dia pelan, mendadak keingetan kalo dulu pernah ngata ngatain Ki Hyun sesuka hati dia.

Uda jam setengah 12 malem, Shownu sama Ki Hyun ngerasa mereka uda harus pulang. Bahkan cewek mungil itu juga uda janji bakalan balik lagi besok. Ngeliat Ki Hyun meluk Shownu plus cipika cipiki sebelum misah. Hyung Won nyeletuk.

"Kok sama gue nggak?"

"Ngimpi lo!" Teriak Ki Hyun bikin Shownu ngakak.

***

Ki Hyun sadar kalo ada sesuatu yang kurang. Moon braceletnya ga ada di pergelangan tangan kanan. Pasti ketinggalan di nakas samping ranjang Hyung Won. Mumpung masih deket, dia balik lagi ke ruangan. Tanpa ngetuk, dia nerobos masuk. Bodo amat si Hyung Won lagi ngangkat handphonenya buat ngobrol entah sama siapa.

"Won. Gue balik dulu ya. Inget, banyak istirahat. Besok pagi kalo ada matahari, berjemur bentar 15 menit. Minta anterin suster aja pake kursi roda. Kalo nggak jalan sendiri. Gue nggak bisa dateng pagian, soalnya kudu ke Publisher House dulu. Jangan rebahan mulu napa sih? Ada request mau gue bawain apa gitu nggak?" Ki Hyun ngoceh panjang lebar sambil masang gelangnya. Tanpa ngeliatin suara heboh dari layar persegi panjang yang di pegang Hyung Won.

"Gue balik ya. Have a nice dream" Ki Hyun ngletakkin tangannya di rambut Hyung Won. Kemudian di toyor.

Hyung Won narik tangan Ki Hyun. Sejenak dia ngemute video call.

"Tanggung jawab" bisik Hyung Won.

"Ha? Apaan sih? Ngelantur!" Ki Hyun natap cowok di hadapannya. Jangan lupa tangan mereka masih terkait.

"Lu liat cewek di layar? Itu mama gue. Begonya lagi lu tadi masuk main nyelonong aja kayak rumah sendiri. Mana ngocehnya nontsop kayak kaset pengajian. Mama gue jadi ngeh kalo sekarang gue dirawat di rumah sakit dan dia kira lu itu pacar gue. Berhubung lu masih utang nyawa. Eh, utang budi. Whatever lah. Sekarang bantu gue ngejelasin semuanya. Now!" Hyung Won ngetuk tombol unmute.

Ocehan mamanya masih kedengeran. Ki Hyun ngedehem. Baru mau mangap. Mamanya Hyung Won uda mengeluarkan kata pamungkas.

"Mama sama papa bakalan booking penerbangan ke Korea sekarang juga. I don't want to hear any excuse. Besok, ceritain semuanya ke mama!"

Tut.

Sambungan video call resmi terputus.

"Mampus" kata Hyung Won nglempar handphonenya ke kasur. Ki Hyun masih bengong.

"Napa sih lu pusing banget? Ini kan tanggung jawab gue. Besok, kasi tau gue kapan bokap sama nyokap lo dateng. Biar gue bakalan jelasin semuanya. Udah ah, jangan stress. Nanti lama sembuhnya" kata Ki Hyun ngeliatin Hyung Won yang nutup kedua matanya pake lengan tangan.

Iseng, Ki Hyun tabok pelan bibirnya Hyung Won yang masih manyun.

"Heh!" kata Hyung Won melotot, Ki Hyun ketawa. Emang nggak ada takutnya si Ki Hyun ini.

Ki Hyun ngusak rambut Hyung Won pelan, baru pamit pulang.

***

Sesampainya di rumah, Ki Hyun malah kepikiran. Gimana kalo nanti orang tua Hyung Won nggak terima? Hadeh, nanggung biaya operasi sama rumah sakit aja uda bikin kantongnya cenat – cenut. Apalagi kalo besok di mintain ganti rugi lain lagi coba? Kepala Ki Hyun mendadak pusing. Tanpa pikir panjang, dia ngeraih handphone yang nggak jauh dari jangkauannya. KI Hyun ngedial angka dua agak lama. Panggilannya tersambung.

"Kangmas"

Panggilan itu, nggak pernah terdengar kalo keadaan Ki Hyun baik – baik aja.

"Kamu kenapa sayang? Pala kamu sakit? Mimpi buruk? Mas kesana sekarang"

Panggilan terputus, padahal dia sama sekali belum ngomong apa – apa.

***

Nafasnya masih memburu, bahkan saking buru – burunya. Dia sampe salah password dua kali pas mau masuk apartemen. Begitu liat adeknya tidur sambil meluk boneka hiu, dia agak tenang dikit. Barulah laki – laki itu beringsut ke sisi sang adek. Ngebelai kepala cewek mungil itu pelan, trus ngecup kepalanya beberapa kali.

"Kangmas?"

"Iya, mas uda di sini?"

Seketika boneka dari pelukannya dilepas buat meluk kakak laki – lakinya. Nyandarin wajahnya ke dada sang kakak. Ndusel – ndusel kayak anak kucing dan itu bikin kakaknya ketawa.

"Mas Lintang, kangen Aruna nggak?"

Pria bernama Lintang itu ngehela nafas, ada sedikit rasa sakit terbesit di dadanya tiap kali nama Aruna disebut.

"Kangenlah" sahut Lintang masih ngedekap adeknya pake satu tangan.

"Mas, kapan kita jenguk Aruna sama Ibu? Aku kangen"

Mendadak kedua mata pria itu perih dan dadanya sesak.

"Izin sama appa dulu ya, kali aja beliau mau ikut" kata sang kakak, berusaha nahan air matanya agar nggak jatuh.

Mereka berdua terdiam, mengenang Aruna juga ibunda.

"Bentar, kamu manggil mas ada apa sebenernya? Nggak mungkin kan Cuma kangen Aruna sama ibu?" Lintang mengusap punggang Kirana.

"Besok aku mau di sidang" kini adiknya itu malah tertawa.

"Sama siapa? Kamu salah apa?" tanya Lintang ngusap poni Kirana.

"Ternyata si Hyung Won nggak bilang mama sama papanya kalo dia dirawat di rumah sakit karena luka tusuk karena nyelametin aku mas. Tadi kan aku ngambil gelang yang ketinggalan di kamarnya sambil ngoceh, biasalah mulut beo adikmu ini emang nggak bisa ke kontrol. Trus aku toyor kepala Hyung Won sebelum pamit. Nah, pas itu tuh si Hyung Won lagi video call mamanya. Jadi, mamanya denger ocehan aku mengenai rumah sakit. Beliau kaget dan ngira aku pacarnya Hyung Won karena nemenin dia di rumah sakit" pungkas Kirana.

"Yakan emang dari awal, mau kamu jelasin ke orang tuanya Hyung Won mengenai kejadian itu kan? Hadepin aja lagi, kalo kamu nggak di maafin yaudah terima aja. Apa perlu mas wakilin?" tanya Lintang.

"Yee, nggak gitu mas. Aku bisa sendiri kalee. Hehehe, kayaknya aku emang Cuma kangen mas ajadeh" Kirana mengeratkan pelukannya, manja.

Lintang ngegeleng – gelengin kepalanya, lalu nyentil dahi sang adik. Alhasil mereka berakhir dengan perang bantal.

Friends Special Edition (Hyung Won - Ki Hyun)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang