Min Hyuk sama Chang Kyun masih berantem begitu ngeh nggak ada satupun dari mereka yang bawa mobil. Padahal abis makan siang ini mereka harus balik ke kantor. Ki Hyun nawarin mobil sedannya buat di bawa. Tapi, Min Hyuk nolak karena nanti ribet ngebalikinnya. Alhasil Joo Heon merelakan diri jadi supir mereka berdua. Ninggalin Hyung Won sama Ki Hyun di apartemen berdua sembari nungguin barang yang uda selesai di pack di bawa ke dalam mobil box.
"Joo suka sama Kkung ya?" tanya Ki Hyun natap Hyung Won.
"Akhirnya" sahut Hyung Won yang entah kenapa keliatan lega.
"Kok ngomong gitu sih? Emang Joo kenapa?" tanya Ki Hyun.
"Wanna hear a story?" tanya Hyung Won, di sambut anggukan Ki Hyun.
***
Pagi itu, ruang tunggu gereja Katedral.
Hyung Won masih ngeliatin Joo Heon berstelan jas khaki mondar mandir di depan kaca. Segitu groginya kah orang yang mau ikrar janji suci? Sebentar Joo Heon brenti, ngipasin wajah merahnya. Padahal ruangan ini dingin lho, AC uda di batas minimal. Gimana caranya dia kepanasan? Sebentar Joo Heon minum air, megangin dadanya yang dag dig dug karena tegang. Selaku best man yang baik. Hyung Won ngabadiin seluruh momen konyol Joo Heon pake handphonenya. Bakalan dia post di waktu yang tepat pokoknya.
"Joo, pusing gue liat lo mondar mandir mulu anjir" Hyung Won akhirnya berdiri.
"Duh, Soon Young pasti cakep banget pake tuks putih gading. Sumpah El, pas fitting kemaren tuh rahang gue sampe mau jatoh" Joo Heon ngeluarin pernyataan cepet banget kayak lagi ngerap.
"Iya, percaya gue. Semoga kalian jadi pasangan yang paling berbahagia selamanya ya" Hyung Won masangin bunga ke saku Joo Heon.
"Thanks bro, lo sama Clara buruan nyusul lah" Joo Heon nepuk lengan Hyung Won.
Hyung Won hanya ngasi senyuman kecil, mastiin penampilan Joo Heon uda cucok sebelum jalan ke altar nanti. Joo Heon sendiri uda dua taun pacaran sama Kwon Soon Young, cowok lucu pemilik toko bunga yang nggak jauh dari resto tempetnya kerja. Kalo Joo Heon nggak tahan lama lama sekedar pacaran, jadi mencoba peruntungan dia ngeberaniin diri buat ngelamar pacarnya. Tada, he said yes. Betapa bahagianya Joo Heon saat itu, sementara Hyung Won harus nelen kesedihannya Ketika Clara yang selalu saja mengulur waktu untuk memberinya sebuah jawaban mengenai lamaran Hyung Won.
"Kalo gue nikah nanti lo nggak kesepian kan?" tanya Joo Heon bikin Hyung Won bergidik.
"Gue nggak kayak lo ya, nanyanya bikin gue merinding ih" kata Hyung Won pengen ngemplang kepala sohibnya. Tapi, nanti rambutnya rusak.
Nggak lama kemudian salah satu staff dari Wedding Organizer manggil Joo Heon buat siap – siap ke altar.
Suasana mendadak tegang, karena uda hamper 15 menit, tempat Soon Young di sebelah Joo Heon terus kosong. Sampai papanya Joo nerima telphon penting.
"Nak, Ikut papa yuk" ajak sang ayah dengan kedua mata merahnya.
***
Ternyata mereka ngajak Joo Heon ke rumah sakit, di mana tubuh Soon Young yang masih pake stelan tuks uda di tutup kain putih.
***
"Heh, heh. Kenapa mata lo begitu?" Hyung Won ngeliat Ki Hyun, kedua matanya berkaca – kaca, bibirnya gerak gerak gelisah – pengen mewek.
"Soon Young kenapa?" tanya Ki Hyun ngusap ingusnya pake tisyu.
"Sama kayak bapak lo, kanker otak. Begonya dia nganggep itu Vertigo biasa. Pas tau uda telat, pernah kepergok Joo Heon pas batuk darah. Tapi, Soon Young ngelak, dia bilang itu darah mimisan. Berusaha buat baik – baik aja, malah di panggil Tuhan pas di hari bahagianya" jelas Hyung Won lagi.
Ki Hyun megangin kepalanya, kepikiran kata Vertigo di cerita Hyung Won tadi. Tadinya dia juga nggak mau periksa waktu kena penyakit ini. Tapi, Young Hyun nyeret dia buat medical check up dan keluarlah hasilnya positif. Positif Vertigo maksudnya.
"Kasian Joo" ucap Ki Hyun lirih.
"Coba aja lo bilang gitu di depan Joo Heon. Di sepak nanti. Butuh waktu enam bulan buat dia memproses kehilangan. Di bulan ketujuh dia balik, bahkan nyiptain cake yang akhirnya jadi menu andalan resto. Tau nama cakenya apa?" tanya Hyung Won ngusap kepala Ki Hyun pelan.
"Apa?" tanya Ki Hyun.
"Hoshi, terinspirasi dari karakter Soon Young yang energik, manis dan menyegarkan. Setelah tiga bulan, menu itu di stop. Karena Joo bilang dia uda selesai mengenang Soon Young. Sekarang dia harus move on. Tamat" kata Hyung Won kemudian.
Sekarang Ki Hyun jadi kepikiran sesuatu.
"Ketchup?" panggil Hyung Won.
"Fries, gimana caranya sih biar orang bisa move on dan nyari kebahagiaannya sendiri?" tanya Ki Hyun.
"Wow. What a deep question Miss Yoo. Gimana ya, Sebagian orang bilang cara move on paling gampang itu nyari gantinya. Tapi, menurut gue move on itu lo harus cari akar masalahnya di mana, lo selesein, berdoa plus waktu entah singkat atau lama sampe hati lo pulih. Welcome to brand new day then" jelas Hyung Won ngebuka kaleng soda di tangan kanannya.
"Lo uda sampe tahap mana?" tanya Ki Hyun bikin Hyung Won nggak jadi neguk minuman, malah ngletakkin kaleng dingin itu balik ke meja.
"Gue lagi banyak – banyak berdoa sama Tuhan biar luka di hati gue cepet sembuh seiring berjalannya waktu" sahut Hyung Won kemudian.
"Good boy" Ki Hyun berdiri buat ngusak rambut Hyung Won pelan.
"Lo sendiri belum move on?" tanya Hyung Won.
"Jawaban apa yang bakalan lo kasi ke gue kalo ternyata gue lah yang bikin orang lain nggak bisa move on karena mereka ngerasa punya tanggung jawab atas gue?"
"Mereka? Jangan bilang mantan lo banyak ya Ki? Gile player lo?"
"Amit – amit ya, kalo ngomong tolong di saring dulu Elios. Mereka itu bapak gue, kakak gue sama Lee Min Hyuk. Bapak, impiannya pengen liat oppa sama gue nikah selama beliau masih sehat. Denger cerita lo, gue jadi kepikiran gimana kalo ternyata waktu yang beliau punya nggak sebanyak yang gue kira? Brian? He's not gonna get married before I meet someone who truly loves me. Bahkan dia sampe ngrelain relationshipnya yang uda berlangsung selama 4 taun dan putus gara – gara gue. Min Hyuk, I don't know why he always pretending if he doesn't love me? When everyone clearly can see the spark in his eyes whenever he stares at me? Gue nggak mau dia buang – buang waktu karena gue nggak bakalan bisa bales perasaannya ke gue. Karena gue tau, ada suatu bagian dari diri gue yang hilang. Tapi, gue nggak tau harus nyari kemana lagi buat nutupnya. Gue rasa bagian ini bukan mengarah ke seseorang, melainkan memori yang sampe saat ini gue nggak tau beneran ilang apa nggak"
Hyung Won ngebuka kedua tangannya. Ki Hyun nautin kedua alisnya atas perlakuan cowok di depannya.
"Uda berapa lama lo nahan semuanya? Sampe ngomong nggak brenti brenti kayak gitu? Himdurochhi? Come here, free hug by a celebrity chef. You don't want it?" tanya Hyung Won.
Ki Hyun terdiam sesaat, kayaknya emang sekarang doi lagi butuh pelukan nyaman. Lagian Hyung Won bukan orang asing kan?
KAMU SEDANG MEMBACA
Friends Special Edition (Hyung Won - Ki Hyun)
Fiksi PenggemarPerjanjian pra nikah kedua insan itu sangat sederhana, sederhana sekali malah. Hanya satu kalimat, yaitu : ~Nggak boleh saling jatuh cinta! Inget, kita ini nikah hanya karena utang budi~ Ki Hyun be like : "Gue nggak bakalan jatuh cinta sama lo!" Hyu...