Hai... Annyeong? How are u?
I hope you all okay, mentally or pshysically :) You know having a good mental health is really important right?
Sehat secara mental itu bukan berarti kamu harus bahagia setiap hari. Bukan berarti selalu ada senyum yang terbit dan tawa yang merdu. Karena bagaimanapun, di dunia ini tidak hanya kata bahagia dan tawa yang tertorehkan dalam kamus, tapi..... (yaa kamu tau sendirilah hehe)
Psikologis yang baik menurutku adalah saat dimana kamu mampu berdamai dengan semua rasa yang mewarnai harimu, saat ketika kamu mampu membuka hati terhadap semua takdir yang harus kamu lalui, dan tercipta sebuah rasa nyaman di lubuk hatimu untuk menjalani hari hari. Mungkin, definisi sehat secara mental itu berbeda untuk setiap orang. Kenapa? Karena mau bagaimanapun, hidup kita tak sama. Kita berada pada buku yang berbeda, walaupun sesekali kita melakonkan peran pada buku orang lain.
Ada kalanya hari demi hari hanya dipenuhi oleh tawa.
Tapi..
Seperti halnya cuaca, gumpalan awan sesekali menyambangi bumi lalu bertransformasi menjadi badai air mata... eh maksudnya air hujan hehe.
Namun, Sang Pencipta nyatanya sangat baik, DIA melukiskan pelangi setelah hujan. Pelangi yang memanjakan mata dengan warna indahnya :)
Begitulah kehidupan....
Bahkan alam pun sesekali bersedih. Sesekali marah dengan suara suara guntur yang menggelegar.
Jadi, hidup manusia pun tak jauh berbeda. Sungguh egois rasanya jika hanya ada kebagiaan. Karena, bukan didunia tempatnya, iya kan?
~~~
There are a lots of kind of Pain.
Today I just giving you one sample.
Being judging by people without knowing the real thruth or the real situation is different level of Pain :)
Cause no matter how strong you are, no matter how hard you tried to ignore it, you can't, cause you are a human indeed.
So, for YeaJi Unnie, I don't want to say 'You should be okay' because it'll too much. Just stay still and overcome it Unnie. Life is indeed beautiful to keep going, just like quotes that you share.
Just like the best drama, It's Okay to Not Be Okay :)
Just like Unnie said,
"Going my way, If there is people who badmouth you behind your back, it'll be hard at first. Don't react or agree with them. That's true... In fact, people who talks behind your back must be feeling empty that they had to tell stories that aren't true. Because people who know the thruth and cheerish you Will always be on your side." - Seo Yea Ji.
This is indeed her own speech without any manipulation. Now, this hits much deepeer. Fighting Unnie!
Actually I just not say like that to YJ Unnie cause I know it'll not direct to her but this is for you all my reader. Fighting!
~~~
"Thinking that someone can cure your old wounds is a foolish notion. Healing is ones own responsibility. Something you have to do on your own." -TIF, 2020
It's right. Others people just like a catalyst that enhace you to heal. They have role on your healing process with whatever method it is, but in the ending, it's you who choose to heal or not.
Kamu mau kuberi contoh?
Hayuk kita menyapa kembali Ko Mun Yeong dan Moon Gang Tae..
Mereka berdua sama sama punya luka. Luka yang teramat dalam. Bertemu satu sama lain mampu menghangatkan malam malam yang dingin dan perlahan melelehkan hati yang beku layaknya es. Mereka seolah menjadi obat bagi satu sama lain.
Tapi.... nyatanya takdir mereka tak seindah itu.
Ibu Ko Mun Yeong adalah sosok pembunuh ibu Gang Tae. Sosok yang membawa kegelapan bagi kehidupannya.
Apa yang Gang Tae pikirkan ketika melihat Mun Yeong? Pasti rasanya sakit, melihat sosok yang ia cintai nyatanya putri dari seseorang yang membuat kehidupannya hancur.
Apa yang Mun Yeong pikirkan ketika melihat Gang Tae? Pasti rasanya sangat bersalah. Dan rasa bersalah itu terkadang menimbulkan luka yang lebih dalam dibanding sosok yang menyakiti. Ia pastinya merasa menyesal, mengapa memulai semua ini jika pada kenyataannya diala yang menciptakan luka. "Penyesalan adalah neraka terdalan dalam kehidupan. -Vincenzo.
Nah dari kasus ini, apakah sekarang mereka dapat disebut sebagai obat bagi satu sama lain? Tidak! Ko Mun Yeong hanya membantu Gang Tae menemukan siapa dirinya yang sebenarnya. Moon Gang Tae hanyalah sosok yang mengajari apa itu kasih sayang, cinta, kehangatan kepada Moon Young. Namun, mereka memiliki luka yang juga tercipta karena keberadaan satu sama lain.
Pada akhirnya, mereka memilih untuk sembuh. Hati dan Otak mereka sendirilah yang berkolaborasi untuk merangkul semua luka itu dan sembuh dengan sendirinya.
Mau bagimanapun, hati dan otak itu milikmu sendiri dan hanya kamu dan Allahmu yang memiliki kendali atas itu. Ketika kamu tak mencoba untuk membuka jalan menuju obat penawarnya, atau ketika kamu tetap menutup pintu itu dengan rapat, tak peduli jutaan orang mencoba mendobrak pintu itu pun, selamanya ga akan terbuka. So, if you want to heal, ask yourself first and open the door.
Seperti halnya Mun Yeong dan Gang Tae, mereka memilih untuk berdamai dengan semua luka itu. Diri mereka sendirilah yang memutuskan untuk sembuh. Sehingga mereka dapat bersama. They live happily together.
~~~
There are thousand ways to heal.
And the method is different from one people to another people.
I just hope that if you have deep wounds, you'll find your own way to heal. It'll be hard. It'll took a long time. Healing need a process. But just stay foward and go on. One day... you will be perfectly heal. Fighting!!!
KAMU SEDANG MEMBACA
Its Okay To Not Be Okay : Life Lesson and Mental Health
Non-FictionMengenai semua quotes dan dongeng yang ada di drama It's Okay To Not Be Okay beserta pesan pesan yang dapat diambil dari drama ini disertai dengan pembahasan singkat beberapa scene yang mengangkat tema Mental Health. Buku ini juga menggali hal-hal...