So, how to help healing? When things going wrong, what will u do? If there are something going on, what do you do to make it better?
There are a lots of way actually, but in this drama, I will give two Highlight.
~~~
"Bukankah bagus berjalan di tempat yang indah? Kepala menjadi jernih, perasaan menjadi lebih baik."
- Moon Gang Tae version
~~~
"Saat mengalami kesulitan, makanan yang membuatmu bisa bertahan, bukan kekuatan mentalmu."
- Soon Deok version
~~~
Recently, on my 'Fisiologi Patologi' class, i got the medical evident. When the doctor teach us something, i can't help but remember those two lines from the drama.
Jadi, tubuh kita udah memiliki perangkat otomatis yang akan bereaksi jika kita mengalami sesuatu. Entah itu stress, tekanan, frustasi, kemarahan, kesedihan, apapun itu yg sifatnya buruk. Kamu tau Hormon Kortisol? Yup! Hormon yg memiliki fungsi salah satunya untuk mengendalikan stress. Hormon ini diproduksi oleh tubuh tepatnya di kelenjar adrenal or di ginjal. Hormon ini bekerja dengan cara memecah glukosa untuk diubah menjadi energi yang membantu kita menghadapi stress baik stress mental atau fisik. Ketika terjadi stress, otomatis energi yang diperlukan pasti akan semakin meningkat.
Terus, glukosa itu diperoleh dari mana? Bisakah tubuh memproduksi glukosa sendiri? Sejauh ini, tubuh bisa memproduksi glukosa sendiri dengan mengubah senyawa non glukosa menjadi glukosa. Bahannya dari apa? Oksigen dan Makanan. Karbohidrat dari nasi akan diubah menjadi glukosa yang kemudian berubah menjadi energi. Lemak dan protein pun akan mengalami regulasi sedemikian rupa hingga terbentuk energi. Oksigen? Tentu sajaa diaa sangat berperan penting dalam tubuh, salah satunya membentuk energi. Tanpa ada oksigen, senyawa sepertii karbohidrat, lemak, dan protein tak akan bisa terkonversi menjadi energi. Akibatnya terburuknya? Pasti tau sendirilah ya :"
Salah satu contoh kecilnya, ketika olahraga, tingkat saturasi oksigen akan menurun drastis, glukosa malah diubah menjadi asam laktat. Senyawa tersebut yang membuat badan terasa pegal, otot terasa kaku, dan tubuh terasa sangat lelah karena kekurangan energi. Jadi, semisal kamu merasa tubuhmu sangat lelah walaupun tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, bisa jadi tubuhmu hanya kekurangan oksigen. Solusinya, ada pada dialog Gang Tae tadi :) Have a short strolling will be good idea, right? Besides that, nature will always have their own way to help self healing.
~
Tapi sejatinya, tidak hanya hormon kortisol dan oksigen yang berperan untuk mengatasi stress, ada banyak senyawa dan sistem dalam tubuh yang tentunya berperan, bahkan hormon oksitosin yang selama ini hanya dikenal dalam proses persalinan dan menyusui pun ternyata memiliki peran dalam mengatasi stress loh. Dan mungkin masih banyak lagi semyawa lain dari tubuh yang ikut serta berperan. See how great Allah arrange itu :)) Sadarilah bagimana Allah menciptakan manusia dengan begitu sempurnanya.
~
Pernah denger pepatah "Makanlah yang manis manis ketika stress melanda" Sebenernya pepatah itu 100% benar. Ketika tubuh menerima banyak gula/glukosa, otomatis hormon kortisol yang dilepaskan ginjal pun juga semakin tinggi. Kemampuan tubuh untuk mengendalikan stress pun semakin meningkat. Walaupun begitu, sesuatu yang berlebihan pun tidak baik. Hormon kortisol yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah (hipertensi) yg berpotensi menjadi penyakit jantung dan juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit gula darah (diabetes melitus).
So, stress itu ga baik guys :)) Stress bisa menjadi pembuka pintu bagi penyakit penyakit lain untuk datang bertamu dan menginap di dalam tubuh. Dalam dunia medis, istilah ini dikenal sebagai Psikosomatis.
~~~
If you have stress, don't think too much and get yourself to heal as soon as possible. Don't make your stress consume you! It'll be worst to your health.
Setiap orang memiliki caranya masing masing untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Temukan cara terbaik dan berbahagialah :))
~
PS. Actually i have 3 days off everyweek when there is no schedule of lectures. Maybe i just post here during that day, if i have spare time too. Thank you for become my readers. Walopun tulisanku kadang ga jelas yaah dan bahasanya pun belibet. But i hope you got my point :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Its Okay To Not Be Okay : Life Lesson and Mental Health
Non-FictionMengenai semua quotes dan dongeng yang ada di drama It's Okay To Not Be Okay beserta pesan pesan yang dapat diambil dari drama ini disertai dengan pembahasan singkat beberapa scene yang mengangkat tema Mental Health. Buku ini juga menggali hal-hal...