A Cheerful Dog (Dongeng)

208 19 0
                                    

Dahulu kala, hiduplah seorang anjing yang pandai menyembunyikan perasaannya. Anjing itu diikat dibawah pohon rindang, ia  disebut 'Anjing Musim Semi' oleh penduduk desa karena suka mengibaskan ekornya dan bertingkah lucu. Pada siang hari, anjing itu senang bermain dengan anak-anak desa. Namun tiap malam, ia merengek dan menangis sendirian. Sebenarnya anjing itu ingin melepaskan tali ikat di lehernya dan berlarian dengan bebas di ladang musim semi. Karena tidak bisa melakukannya, ia menangis tiap malam. Suatu hari, hati kecil anjing itu berbisik dan bertanya 'Hey kenapa kau tidak melepaskan tali lehermu dan melarikan diri?' Lalu anjing itu menjawab, 'Karena sudah lama terikat, aku lupa cara melepaskannya.'

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sejatinya, dongeng ini menginterpertasikan perasaan ketiga tokoh utama. 

Ko Mun Yeong, yang selalu terbayang-bayang masa kecilnya. Ibunya yang selalu bertingkah kejam dan tak pernah sekalipun memberinya kasih sayang. Membuat dirinya terikat oleh luka yang selalu menjelma menjadi mimpi buruk bertahun-tahun.

Moon Gang Tae, yang hidup dalam bayang-bayang kakaknya. Membuatnya lupa bagaimana caranya hidup bebas untuk dirinya sendiri dan  bahkan membuatnya tak percaya akan cinta. Dirinya terikat oleh tali yang membatasinya dari dunia luar. 

Moon Sang Tae, yang hidup dibayangi oleh mimpi buruk yang memutar kejadian dimana ibunya sendiri dibunuh oleh seseorang yang memakai bros kupu-kupu. Membuat dirinya trauma akan kupu-kupu dan tersiksa oleh mimpi itu. Membuatnya terikat oleh rasa sakit. 

~~~

Dan mungkin, dongeng ini merefleksikan kehidupan. Ketika kita sudah terbiasa dengan rasa sakit, perlahan kita akan tumbuh bersama semua luka itu, dan berakhir lupa untuk sekadar mencari penawarnya. Membuat diri  terkurung dalam kegelapan. Yang secara tak sadar membunuh jiwa dan mencuri kebahagiaan. 

~~~

Dalam drama ini, kita dapat melihat bagaimana setiap karakter berkembang. Ko Mun Yeong yang memberanikan diri untuk menggunting rambutnya. Hanya demi melepaskan diri dari bayang-bayang ibunya yang selalu berkata padanya untuk membiarkan rambutnya tumbuh panjang. Moon Gang Tae yang akhirnya membiarkan dirinya merasakan apa arti cinta dan mulai mencintai orang lain serta dirinya sendiri. Dan Moon Sang Tae yang mencoba menghadapi traumanya akan kupu-kupu. Perlahan terlepas oleh mimpi buruknya itu. 

~~~

So, it's our turn now,  ketika diri ini terikat oleh sesuatu, entah itu rasa sakit, luka, rasa bersalah, atau apapun itu, cobalah untuk melepaskan ikatannya. Kita hanya butuh keberanian untuk memotong tali itu. Dan juga,  sejatinya hanya diri sendirilah yang mampu melakukannya, orang lain mungkin hanya akan berperan layaknya katalis untuk membuat kita bereaksi memutus tali kekang itu. Be brave and get yourself together. Cut off the leash and free. 

Its Okay To Not Be Okay : Life Lesson and Mental HealthTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang