Part 1

19.4K 376 7
                                    

Hai! Kenalin nama gua Kinanti Mey Lestari. Pasti pada ngira gua lahir bulan mei kan? Sayangnya kalian salah. Gua lahir bulan April. Jangan tanya kenapa, gua juga gatau. Gua lahir 21 tahun yang lalu. Kesibukan gua yang utama tuh kuliah.

Gua masuk kuliah, gap year. Alasan utama gua ga langsung kuliah pas abis lulus SMA tuh karena emang gua ga niat aja kuliah. Well, itu ga baik buat dicontoh. Kalo kalian ada kesempatan buat kuliah, semua mendukung dan memadai, usahain ambil saat itu juga, ya.

Gua anak ke 2 dari 3 bersaudara. Gua punya Abang dan adik laki-laki. Yap, gua anak paling cantik dari orang tua gua.

Abang gua sekarang udah kerja di salah satu perusahaan terkenal di Indonesia, posisinya juga udah bisa dibilang mapan. He's still single. Gua akuin dia itu ganteng, temen gua malah bilang dia tuh ganteng pake banget. Tapi as far as I know dia ga punya mantan, yang artinya dia ga pernah pacaran. Sempet gua tanya Abang masih straight kan? Dia ga jawab, tapi dia getok pala gua. Gua sama dia beda lima tahun. Namanya Rangga Pradika

Adik gua, Ridhan Fadilah, dia masih kelas 1 SMA. Dia ga kalah ganteng sama Abang gua. Dia tuh pinter. Dari SD ga pernah nginjek ranking 3 pasti antara 1 atau 2 dan lagi dia selalu ada di kelas unggulan. Badan dia tinggi. Tingginya nyusul gua, padahal gua juga ga pendek pendek banget kok.

Ayah gua purnawirawan TNI. Dia tuh pinter banget masalah keuangan. Dari pendapatan dia pas belum menikah sama ibu, dia selalu sisihin buat investasi padahal jaman dulu kan ga gitu banyak ya orang yang melek investasi. Dan itu yang ayah ajarin ke anak-anaknya. Bukan pelit untuk diri sendiri, coba tahan dulu kemauannya, pilih mana yang butuh dan mana yang cuma keinginan sesaat, nanti kalian sendiri yang bakal rasain pas udah tua. Itu kata-kata ayah yang gua inget sampe sekarang. Dia ngomong gitu tuh ga asal ngomong. Buktinya meskipun ayah sekarang udah ga kerja, tapi di masa tuanya tuh kejamin bahkan dia sampe bikin pos investasi buat nikah semua anak-anaknya. Kepake atau ngga, yang penting uang ayah ga sia-sia. Kepake ya syukur, berarti ayah bisa bantu kalian, kalo ga kepake dan kalian emang ada rezeki sendiri buat menikah, mungkin nanti ayah bisa pake buat hal penting lainnya. Itu kata dia pas gua tanya. Oh iya, dia juga sekarang punya bengkel gitu sebagai salah satu hasil dari investasi yang juga sampe sekarang masih terus menghasilkan.

Ibu gua, temen dan sahabat terbaik yang gua punya. Dia tuh lulusan Psikologi, sarjana psikologi. Dulu dia sempet kerja di salah satu perusahaan sebagai HRD. Dia orangnya lembut tapi tegas juga, orangnya tergantung sikon deh pokonya. Nah, ibu juga sama, dia peduli juga sama masalah keuangan. Lebih tepatnya sih kata ibu dia keseret sama ayah tentang itu. Sejak mereka kenal, ibu katanya udah diajarin tentang investasi dan segala macemnya. Ibu tuh ngerti banget sama anak-anaknya kayanya karena dulu dia studinya psikologi, gatau deh nyambung apa ngga. Dia tuh pasti langsung ngeh kalo anak-anaknya ada apa-apa. Karena itu, gua dan Abang sama adik gua tuh selalu cerita tentang apa yang kita rasain, apa yang terjadi sama kita, apa yang kita pikirin dan macem-macem. Kita juga selalu nyempetin waktu buat kumpul sekeluarga untuk sharing dan diskusi macem-macem hal. Nah ibu punya satu toko bunga gitu, ga besar banget sih. Dia juga punya toko bunga gara-gara dia suka banget sama per-bunga-an, jadi katanya ya sambil mencintai kenapa ga sekalian buka usaha aja.

Ayah dan ibu bukan orang yang memaksakan apa-apa sama anak-anaknya. Waktu gua putusin buat gap year aja mereka ga masalah. Mereka cuma bilang Kakak udah besar. Kakak tau apa yang kakak mau, apa yang kakak butuh dan kakak juga tau konsekuensinya. Ayah sama ibu gak bakal paksa buat kakak kuliah taun ini dan kita juga gak paksa buat kakak kuliah. Lakuin apa yang kakak mau, selagi kakak tau dan mau bertanggung jawab sama konsekuensinya. Gitu kira-kira.

Oh iya, selama satu tahun dari setelah gua lulus, gua tuh kerja di salah satu cafe sebagai kasir. Penghasilannya sih ga besar, tapi cukup buat gua pake perbulannya dan gua sisihin juga sebagian buat biaya tambahan kuliah. Jadi, gua kuliah ga full uang orang tua, ya meskipun gua ga bantu banyak. Gua juga masih kerja sampe sekarang. Sekali-kali pas gua libur kerja di cafe, gua juga bantu-bantu di toko bunganya ibu. Cafe tempat gua kerja tuh buka nya cuma dari jam 4 sore sampe jam 9 malem, tapi meskipun jam operasional nya cukup sebentar, tempat itu tuh banyak banget peminatnya.

Gua kuliah ambil jurusan psikologi. Bukan karena suruhan atau paksaan ibu. Ya karena gua pengen aja. Bukan karena pengen bisa baca pikiran orang juga, gua mau kuliah bukan mau jadi peramal. Meskipun gua gap year, temen-temen yang gua kenal dan seangkatan sama gua tuh umurnya ga beda jauh. 45% dari mereka tuh bahkan umurnya di atas gua dan sisanya beda beda tipis laah. Kenapa? Karena gua sekolah tuh kecepetan, itu kata ibu. Gua aja dari SD sampai SMA hampir selalu jadi murid paling muda.

Bentar lagi ujian dan libur trus masuk semester baru deh. Gua udah siapin materi-materi buat ujian nanti. Catatan gua juga terbilang rapih dan ringkes jadi enak buat belajar. Temen-temen gua juga sering pinjem buku catatan gua.

Dari gua SMA temen yang deket sama gua rata-rata cowok. Ga, bukan karena pilih-pilih temen. Gua bertemen sama siapa aja, mau cowok kek mau cewek kek, mau kaya atau sederhana, mau cakep atau standar, yang penting gua nyaman ya mereka jadi temen gua. Ibu juga selalu bilang itu. Jangan pilih-pilih temen. Kalo mau, pilih mana yang mau kamu percaya. Itu yang jadi patokan gua dalam pertemanan.

Selama kuliah, gua dapet 3 temen yang lumayan deket daripada yang lain. 2 cowok dan 1 cewek. Kapan-kapan gua kenalin deh. Mereka bertiga tuh kocak banget asli. Mau bahas hal seserius apapun, kalo bahasnya sama mereka pasti aja ada sesi istirahat karena kita ketawa mulu.

Di kampus tempat gua kuliah cukup terkenal sama para dosen muda gitu. Hampir 50% dari dosen yang ada tuh masih pada muda. Daaaaaan 70% dari dosen muda yang ada tuh laki-laki. Itu sih kabar yang gua denger dari para senior gua. Ga heran, mahasiswa disini, hampir semua pake pakaian yang fashionable banget dah, gua aja sampe kaget pas acara perkenalan dulu pas awal masuk sini. Padahal disini tuh ga ada jurusan yang berkaitan sama fashion sama sekali. Gua sih bodo amat ya, yang penting gua pake baju dan bajunya sopan, itu cukup buat gua. Outfit andalan gua tuh boyfriend jeans, kaos polos sama kemeja oversize kalau ngga cullote jeans sama sweater polos oversize. Gua sampe punya beberapa buat outfit itu karena nyaman aja gitu ga ribet-ribet amat. Temen gua sampe bilang lu ga ada outfit lain apa? Bodo amat dah yang penting kan kuliahnya bukan pakeannya.

Sejauh ini kuliah gua aman-aman aja. Seru juga pembelajarannya, ga bosenin. Tapi gua gatau apa yang bakal terjadi besok? Lusa? Minggu depan? Bulan depan? Semester depan? Dan selanjutnya. Gua harap sih ga banyak batu besar ya. Kerikil kecil mah gapapalah, biar ga monoton juga kan ya.

Kalo kalian tanya tentang pacar. Gua ga punya. Dan gua ga punya mantan. Gua bukan orang yang pandai beragama, tapi itu jadi alasan terkuat gua buat ga pacaran. Lagian, gua juga belum dapet keuntungan dan rasa bahagia dari punya pacar. Ya emang sih karena gua belum pernah rasain. But, dari pengalaman temen-temen gua pas sekolah, mereka malah makan hati mulu pas pacaran, nangisin anak orang aja kerjaannya. Dan kayanya punya mantan tuh ga enak. Ya ga sih?

Kalo bahas cowok yang deketin gua sih, ya ada aja. Kata temen temen gua sih, gua cakep. Tapi masalah fisik tuh relatif banget ya, kan? Temen deket gua yang sekarang pernah bilang, katanya ada dosen muda yang selalu perhatiin gua. Anjir mana ada gua peduli! Gua juga yakin orang yang dimaksud tuh emang ga sengaja aja liat gua. Buset, siapa gua coba diperhatiin orang! Gua juga biasa aja kalo lagi kelas, bukan yang pendiem banget atau yang heboh banget. Tapi temen gua yakin banget kalo itu dosen selalu liatin gua, bahkan gua aja ga tau dosen yang dia maksud tuh dosen yang mana. Katanya, lu perhatiin aja satu-satu kalo ada dosen muda yang masuk. Oke, gua akan liat nanti, kalo gua ga lupa.

Kampus [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang