"Mama, ya? Kasihan, ga boleh ngungsi lagi."
"LUCAS! 你在做什么?! BALIK CAS BALIK, KAGAK PERLU NGUNGSI LAGI!" Teriak emaknya Lucas tiba-tiba muncul dari pintu.
*nǐ zài zuò shénme? = Kamu ngapain aja?Lucas yang udah melotot makin melotot aja ngeliat emaknya yang menurutnya bagaikan siluman gorila.
"对啊,哥哥!"
*duì'a, Gēgē = bener tuh, bang.Ah ya, kenalin adeknya Lucas yang namanya Gesrek, Wong Gesrek. Level petakilannya melebihi Lucas, ga bohong dah gue.
Waktu itu pas Imlek tahun kemaren, orang-orang lagi makan bersama dan tiba-tiba si Gesrek ini keluar sambil bawa kodok ijo dan ditaro gitu aja di atas angpao yang mau dibagi-bagi.
Gue, Abang dan Lucas sebagai insan yang sangat takut kodok pun teriak histeris, bahkan dengan kurang ajarnya si Gesrek ngejar Lucas dan gue sambil bawa kodok ijo di tangannya.
Sumpah tuh anak kurang ajar! Gue kardusin juga badan Lo terus gue kirim ke Jupiter.
"Ma..Lucas rajin kok serius, ga bolos matkul." kata Lucas memohon.
"Bohong banget tuh!" Timpal gue ketawa.
"Li, bantuin gue please. Iya oke gue bakalan rajin mulai hari ini ngerjain tugas, tapi jangan usir gue. Gue ga mau pindah, Li..gue mau sama Lo terus!" Lucas melotot dan teriak di samping gue.
Abang yang tiba-tiba dateng sambil bawa si hutong pun ikut-ikutan membela kebenaran.
"Heh, inget garis keturunan. Jangan mendrama-kan hidup dah. Lagipula adek gue bener, Lo itu berdusta. Absen aja jarang Lo, boro-boro ngerjain tugas."
"Heng..Lo ga bisa diajak silaturahmi bener dah!"
"Udah-udah, ayo balik. Mau Imlek, bantuin mama bikin dodol." Ucap bibi Wong terus terusan membujuk Lucas.
"Imlek di sini aja ngapa, Ma. Barengan sama Wongwong family." Jawab Lucas mode pasrah.
"对啊,妈妈"
*duì'a, Māmā = bener tuh, Mak."Si gesrek apaan dah 对啊对啊 daritadi. Heh srek, ngapa Lo ngikut-ngikut ke mari? Lo pasti bolos sekolah kan hari ini?" Omel gue.
"Udah pulang." Kata Gesrek sambil masang muka julid.
"Kamu denger ga, cas? Pulang, bapakmu nyariin."
"Lucas di sini sehat batin, ga perlu khawatir deh. Lagipula mama Wong bikin makanan sehat 7 sempurna tiap hari." Jawab Lucas lagi dan kali ini dia bersujud.
"Ngapain anjir sujud, bangun Lucas. Disangka Lo anak durhaka yang mau tobat." Kata gue makin ketawa ngakak.
Abang menjawab lagi. "Iya, makanya beras emak gue abis."
"Sorry, saya lupa ngasih duit bulanan buat Lucas." Kata bibi Wong.
Dilihat dari mukanya kek kaget gitu mengingat bahwa beliau kagak pernah ngasih sepeserpun duit buat Lucas.
"Gapapa Lucas di sini deh, lagipula kalo dari rumah sendiri jauh ke kampus kalo ada apa-apa." Saut mamak yang tiba-tiba muncul dari dapur sambil bawa bebek bakar.
"Lucas makannya banyak masalahnya, nanti merugikan." Kata bibi Wong sambil bantuin mamak ngambil tumpukan piring.
"Makanya mama ngasih duit bulanan buat Lucas! Apaan, kek tahanan kagak diberi asupan duit tiap bulanan."
"别忘了...妈妈." Ujar si Gesrek ikut-ikutan.
*bié wàngle... Māmā = jangan lupa..Mak."是是,好好. 我明白了."
*shì shì, hǎo hǎo. wǒ míngbáile. = Iya iya, oke-oke. Ngerti kok.
KAMU SEDANG MEMBACA
Komplek Hijau [rev]✓
HumorKalau kata gue, Komplek Hijau atau Dusun Hijau didirikan oleh bangsa hijau yang bermigrasi dari planet hijau ke planet bumi yang emang hijau pada dasarnya. Gue pikir tuh semua penduduknya punya pola pikir normal, kek gue lah minimal. Tapi...astaga...