Rambut pirangnya bersinar cemerlang di bawah sinar matahari yang memudar, dan mata birunya berkilauan. Rambutnya jatuh di dahinya. Dia menatapnya dengan penuh perhatian, penuh kasih sayang. Tidak, tidak , pikir Siana, fokus! Dia menggelengkan kepalanya, mencoba menghilangkan pikiran tentangnya.
"Kapan kita membuat janji seperti itu, Alan?" dia bertanya, menolak untuk mempercayai telinganya.
"Kamu bilang kamu ingat," katanya, "Apakah kamu berbohong?"
"Aku..." dia bergumam, "Aku ingat kita menjanjikan sesuatu, tetapi syarat dari janji itu luput dari pikiranku."
Alan terlihat kecewa. Itu membuat Siana sedih melihatnya seperti ini. Alan muda yang dia kenal bertahun-tahun yang lalu pendiam dan pemalu. Dia praktis menyeretnya ke mana-mana bersamanya, ketika dia ingin duduk di sudut dan membaca. Tapi dia telah tumbuh begitu drastis. Itu meninggalkan perasaan pahit di benaknya.
"Maaf, oke," katanya kesal, "Aku tidak bisa menikah sekarang. Kami masih sangat muda, aku bahkan tidak bisa mengingat janji atau apa pun."
"Kamu benar-benar tidak ingat?" dia bertanya dengan sedih. "Kamu berusia empat belas tahun dan cemburu pada temanmu yang dirayu oleh seorang anak laki-laki. Kamu kesal karena tidak ada pria yang baik, jadi kami berjanji untuk menikah satu sama lain jika kami masih belum menikah pada usia dua puluh," katanya sambil tersenyum mengingat.
Siana sedang memikirkan banyak hal. Dia masih merasa sangat putus asa. Alan mengabaikan janji-janji masa lalu mereka membuatnya merasa begitu terasing sehingga dia merasa seolah-olah dia sedang mendengar tentang kehidupan orang lain. Itu sudah terlalu lama. Mereka masih muda dan konyol. Saat Siana menatapnya, dia bisa mendengar Siana muda menyatakan janji itu dengan jelas di benaknya. Dia bisa merasakan panas naik ke wajahnya. Dia mengangkat tangannya untuk mengipasi dirinya sendiri. Bagaimana aku bisa begitu bodoh?
Mungkin melihatnya bereaksi, Alan menemukan harapan. "Apakah kamu ingat sekarang?" dia bertanya, berjalan ke arahnya.
Siana mengangkat tangannya untuk menghentikannya. "Aku ingat," katanya, "Tapi Alan, aku tidak bisa. Aku menyesal. Jangan menikah, tolong."
"Mengapa?" Dia bertanya.
Siana membuka mulutnya untuk menjawab, lalu menutupnya lagi. Dia memiliki begitu banyak pertanyaan, begitu banyak pemikiran di benaknya. Rasanya seolah-olah pikirannya akan pecah dan hancur kapan saja di bawah situasi pernikahan yang sudah traumatis dengan Viscount North yang dia hadapi, hutang ayahnya, rencananya untuk mencari suaka di tempat lain, dan kebingungan serta kegelisahan tentang kelangsungan hidupnya. Pengucapan alasan ini hanya akan tampak seperti alasan bagi Alan. Sebenarnya, dia tidak ingin kehilangan Alan seperti dia mengenalnya. Dia telah kehilangan semua yang dia sayangi; dia juga tidak ingin kehilangan temannya.
Ayahnya telah membawa pulang putra temannya yang sudah meninggal. Dia telah menemukan pendamping dalam dirinya yang tidak pernah dia temukan pada orang lain. Kemudian dia pergi ke medan perang. Mungkin lima tahun tidak terlalu lama bagi orang lain, tapi bagi Siana, itu terlalu lama. Itu telah menjungkirbalikkan hidupnya. Dia tidak bisa kehilangan orang lagi. Dia tidak tahan jika dia melakukannya.
"Siana," katanya, "Tolong beri tahu aku alasannya."
"Semuanya terlalu mendadak, Alan," katanya putus asa, "Itu adalah janji yang kita buat sebagai anak-anak, mungkin juga hanya sekedar angan-angan, lelucon! Kamu tidak harus berkewajiban untuk memenuhi janji yang dibuat bertahun-tahun yang lalu, dan orang lain juga tidak."
"Lelucon?" dia bertanya dengan sungguh-sungguh.
"Keinginan yang lewat, ya," katanya, mengangkat tangannya, "Kami masih anak-anak."
"Tidak untukku, Siana," katanya sedih.
Siana menatapnya, tak berkedip. Apakah dia marah? "Apakah kamu benar-benar serius?" dia bertanya tidak percaya, "Kamu benar-benar ingin menikah, dengan tulus?"
"Jika tidak," katanya, memandangnya, "Mengapa aku harus mengungkitnya sekarang?"
Siana menghela napas. Dia merasa malu dan kaget. Alan mendapat kesan bahwa janji itu berlaku, bahkan setelah bertahun-tahun. Sementara dia dalam kondisi di mana dia harus segera melarikan diri jika tidak ingin berakhir menjadi istri piala Viscount North. Dia tidak berpikir akan ada gunanya bagi siapa pun untuk merenungkan janji yang telah lama hilang ketika kehidupan mereka berdua sangat berbeda. Dia hanya tidak punya waktu untuk ini.
"Maafkan aku, Alan," katanya dengan sedih, "Aku memiliki begitu banyak hal yang memenuhi pikiranku saat ini. Aku tidak bisa menikahimu."
"Apa yang menahanmu?" dia bertanya dengan tidak sabar, "Kami berdua belum menikah."
"Seorang wanita yang belum menikah bukanlah undangan pernikahan, Alan," bentaknya, "Seperti yang aku katakan, aku tidak dalam situasi untuk mempertimbangkan lamaranmu saat ini."
"Apakah karena Viscount North?" dia bertanya, wajahnya tergores khawatir. "Dia memaksamu untuk menikah dengannya dengan syarat dia akan memaafkan hutang ayahmu, bukan?"
"Kecoa tua yang jahat itu!" dia berseru dengan marah, "Ini hutang ayahku dan dia—." Siana menangkap dirinya sendiri pada saat itu dan menutup mulutnya. Ia menatap Alan tak percaya.
KAMU SEDANG MEMBACA
MDCF [TAMAT]
FanfictionJudul : My Dangerous Childhood Friend Genre : Adult, Fantasy, Mature, Romance, Smut Sinopsis : "Mari kita berjanji: Kita akan saling menjaga ketika kita berdua berusia di atas dua puluh dan masih lajang." Suatu hari, seorang teman masa kecil kembali...