Meskipun Siana tahu itu adalah kata-kata tak berarti yang diucapkan hanya untuk hiburan, dia bersyukur atas kebaikan Alan.
"Terima kasih, sungguh. Aku tahu kau mencoba menghiburku. Kamu adalah teman yang baik."
"Aku tidak hanya mengatakan itu untuk menghiburmu. Itu kebenaran."
"Baiklah," katanya, tapi dia tampak tidak percaya padanya. "Aku jauh dari standar kecantikan yang disukai masyarakat. Tapi aku tidak bisa merobek wajahku dan memperbaikinya."
Alan mendengarkan setiap kata-katanya. "Peluangku untuk bertemu seseorang yang layak hampir tidak ada. Satu-satunya pilihan yang aku miliki adalah menurunkan standarku atau aku bahkan mungkin tidak dapat menikahi seseorang." Siana terbelalak. "Tunggu, ini serius. Bagaimana jika aku sudah dewasa dan aku tidak menemukan siapa pun dan tidak bisa menikah?"
"Apakah kamu benar-benar harus menikah?" Alan bertanya, "Tidak bisakah kamu hidup sendiri melakukan apa yang kamu suka?"
"Itu hanya berlaku untuk pria yang kau kenal," katanya, "Pria bisa melakukan apa saja yang mereka suka. Tetapi jika seorang gadis berusia dua puluhan dan belum menikah, kami diperlakukan seperti benda cacat."
Alan mengerutkan kening. "Itu tidak adil," katanya.
"Apakah ini pertama kalinya kamu mendengar ini?" dia bertanya.
"Yah, ya," katanya.
"Beruntung kamu," katanya, "Kami para gadis, kami selalu khawatir tentang ini. Karena itu tidak mempengaruhimu, sebagai laki-laki dan semuanya, mungkin itu tidak penting untuk kamu bicarakan." Siana melanjutkan, "Semakin tua kamu, semakin banyak masyarakat yang tidak menyukaimu, jika kamu seorang wanita. Mereka disalahkan untuk banyak hal, ketidaksuburan, keburukan, sikap buruk bahkan jika mereka tidak melakukan kesalahan."
Alan mengerutkan kening lagi, memikirkan apa yang dia katakan. "Beberapa keluarga memperlakukan anak perempuan mereka sebagai hama yang merampas kekayaan mereka jika dia sudah tua dan belum menikah. Kebanyakan orang terburu-buru dan memaksa anak perempuan mereka menikah yang mungkin tidak mereka inginkan."
"Itu mengerikan," kata Alan.
"Itu, bukan?" kata Siana, "Tapi itulah kenyataan bagi kebanyakan wanita. Mungkin itu akan menjadi kenyataanku juga."
"Kurasa ayahmu tidak akan melakukan itu," kata Alan, "Dia mencintaimu."
"Tentu saja," katanya, "Tapi kau tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan."
Alan menggigit bibirnya seolah-olah dia tidak punya kata-kata untuk diberikan padanya lagi. Siana mengepalkan tinjunya yang mengamuk karena ketidakadilan itu semua. "Jadi, kita semua dibesarkan seperti itu. Wanita-wanita. Kami diajarkan untuk duduk tegak dan tersenyum dan menyenangkan orang. Hanya satu tujuan, yaitu menemukan pelamar sebelum usia dua puluh."
Siana merasa lelah. Mungkin hidupnya akan berbeda. Mungkin, dengan keajaiban, semuanya akan baik-baik saja. Dia akan jatuh kembali ke tempat tidur ketika Alan menatapnya.
"Hei," katanya lembut, "Jika kamu tidak memiliki siapa pun pada saat kita berusia dua puluh tahun, menikahlah denganku jika kamu sangat khawatir."
"Apa?!" seru Siana. Itu benar-benar tidak terduga dari Alan.
"Kamu tidak mau?" tanya Alan.
"Bukan itu…," Siana tergagap, menatapnya untuk melihat apakah dia hanya mempermainkannya dan akan tertawa terbahak-bahak. Tapi dia terlihat sangat serius. Siana tidak terlalu memikirkannya. Alan mungkin mengatakan itu untuk membuatnya merasa lebih baik. Sangat menyentuh bahwa dia ingin membantunya dengan caranya sendiri. Siana memutuskan untuk menghiburnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
MDCF [TAMAT]
FanfictionJudul : My Dangerous Childhood Friend Genre : Adult, Fantasy, Mature, Romance, Smut Sinopsis : "Mari kita berjanji: Kita akan saling menjaga ketika kita berdua berusia di atas dua puluh dan masih lajang." Suatu hari, seorang teman masa kecil kembali...