Mitoni

223 8 0
                                    

Kuasa Allah memang hebat, yang kami rencanakan 1 yang dikasih Allah SWT 10. Yang kami perkirakan akan berkumpul kembali pada bulan Juli tapi bulan April kami sudah bertemu dan berkumpul kembali. Suamiku dapat dinas khusus lagi dan alhamdulillah dinas nya di Solo, tepat h-10 sebelum lebaran suamiku udah berada di Solo. Bersyukur banget atas kuasa Allah, atas kebijakan atasan suamiku dan bahagia kami dapat bersama-sama kembali.

Setelah pengajian 4 bulanan setiap pagi aku selalu jalan-jalan pagi di sawah sendirian terkadang juga ditemani Ibuku jika Ibuku tidak memasak, setelah dia pulang aku jalan pagi ditemani dia 🥰 seneng pasti dong hehehe setelah lebaran lebih sepuluh hari usia kehamilanku 7 bulan.

Dalam tradisi jawa apabila kehamilan memasuki usia 7 bulan wajib diadakan tradisi tingkeban atau mitoni atau bisa disebut selametan kehamilan anak pertama yang menginjak usia kandungan tujuh bulan. Bersyukur banget melewati mitoni ini dengan dia, dimana mitoni hanya di adakan sekali dalam masa kehamilan. Yang di maksudkan sekali adalah apabila mempunyai 4 anak hanya anak pertama saja yang di adakan tradisi mitoni.

Mitoni memiliki hari-hari yang baik untuk dilaksanakan. Mitoni tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu. Biasanya, waktu yang dipilih untuk upacara mitoni adalah Selasa (Senin siang hingga malam), atau pada hari Sabtu (Jumat siang sampai malam). Selain itu, mitoni juga dilakukan pada siang atau malam hari. Dalam hitungan jawaku jatuh tepat pada tanggal 13 Mei 2022 yaitu hari Jum'at dari pagi hingga malam.

Acara ini dilakukan dengan berbagai prosesi adat di mana setiap proses ini memiliki filosofi dan maknanya tersendiri.
Pertama yaitu kondangan. Kondangan adalah pembacaan doa guna melancarkan seluruh prosesi acara dan diakhir dengan pembagian nasi berkat dan 7 takir plontang Biasanya orang jawa menggunakan ceting untuk tempat nasi nya.  Takir plontang di bagikan hanya untuk simbah atau nenek-nenek saja dan akan dipilih 7 simbah yang akan di beri takir plontang. Takir plontang merupakan wadah yang difungsikan untuk meletakan makanan, Wadah ini terbuat dari 7 layah dan daun pisang serta janur. Takir plontang merupakan simbol orang Jawa yang mengarungi bahtera kehidupan dengan terus menerus menata pikiran. Karena laju perjalanan kehidupan selalu mudah terpontang-panting mengikuti gelombang kehidupan. Dalam takir plontang terdapat 7 jenis ikan yang berbeda, rujak dengan 7 buah berbeda dan ketan dalam 7 warna berbeda.

 Dalam takir plontang terdapat 7 jenis ikan yang berbeda, rujak dengan 7 buah berbeda dan ketan dalam 7 warna berbeda

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

'Kondangan'

'Kondangan'

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Tentara KebanggaankuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang