THIRTY

2.6K 119 24
                                    

Gue merasa semakin hari hidup gue semakin monoton. Ngelakuin aktivitas yang hampir sama tiap harinya, hanya berkutat antara rumah, kantor, rumah lagi. Gue hampir ga pernah keluar rumah di waktu-waktu senggang, bahkan sekedar jalan ke mall aja udah jauh dari bayangan. Sejak gue hamil, tenaga gue rasanya habis buat berjuang ngelewatin hari tanpa ada masalah berarti. Apalagi di kantor, gue ngerasa banget kalo tenaga dan pikiran gue terkuras habis buat sekedar bertahan dengan sepatu hak sambil rapat kesana kemari.

Ivan, di sisi lain, juga sibuk dengan hidup dia. Tiap minggu dia masih selalu dateng ke mantannya itu buat nemenin berobat. Kadang dia bakalan pulang telat banget karena habis nungguin kemo atau memang dia habis lembur di kantor. Sejujurnya gue ga terlalu mau tau tentang hal itu, gue juga selalu menghindar dari topik percakapan tentang itu ketika Ivan memulainya, tapi lama kelamaan hal itu juga berpengaruh sama hidup gue. Gue sekarang jadi lebih sensitif urusan tidur, dan Ivan sering banget bikin gue bangun dengan kaget ketika dia pulang dan masuk kamar. Akhirnya gue kadang memilih tidur di kamar tamu dan mengunci pintu agar Ivan ga ganggu.

Bisa dibilang hubungan kita berdua sekarang lebih intim secara fisik, dalam artian gue dan dia lebih dekat dan udah ga canggung lagi berduaan, tapi semakin jauh di luar itu. Gue akui Ivan jadi lebih perhatian ke gue sekarang. Dia yang akan selalu bikin sarapan dan nyiapin gue susu walaupun sebenernya semua itu bisa gue lakuin. Dia juga sering ngelus-elus punggung atau perut gue saat kita berdua istirahat di sofa, atau sekedar ngasih pijit ringan di tangan atau betis gue. Semua itu cukup bikin hari gue lebih baik, walaupun ga akan jadi hari yang sempurna.

Tapi di balik semua perhatiannya Ivan itu, dia juga sering nelpon nanya keadaan mantannya, atau hanya sekedar small talk nanyain makan dan obatnya. Ivan ga pernah berusaha nutupin semua yang dilakuin itu dari gue, seakan-akan itu adalah hal wajib yang harus ditunjukkan ke gue untuk menegaskan kalau dia memang cuma berniat nemenin mantannya.

"Lo jadi ntar ke rumah mertua lo?" Tanya Diana Jumat siang ini di kantin kantor. Kita memang sedang makan siang dengan menu udang asam manis dan capcay ayam.

"Jadi, kenapa emang?"

"Engga, lo tuh kayak sibuk banget kalo weekend. Ada aja agendanya." Gue tertawa kecil, bener juga sih kata-kata Diana barusan. Gue minggu lalu juga sibuk ngadain pengajian empat bulanan di rumah mama, sekarang gantian jatah main ke rumah mama Ivan.

"Iya nih, udah ditagih mama mertua. Soalnya kemaren pas acara empat bulanan di rumah, pas banget mertua lagi pada pergi. Jadi ya sekarang diminta nemuin mereka, mau liat calon cucunya katanya." Dalam hati gue lega hanya dengan memikirkan kenyataan kalau kedua keluarga sangat bahagia atas kehamilan gue ini. Mereka akhirnya gue kabarin ketika kehamilan gue masuk bulan ketiga, dengan sambutan yang meriah. Gue sendiri ngerasa kalau mama dan mertua gue semakin hari semakin manjain gue, sering banget ditanyain pengen apa, pengen beli makan atau minum apa. Padahal gue sendiri ga terlalu doyan sekarang ini.

"Langsung dari kantor apa pulang dulu lo?"

"Rencananya sih langsung, ntar dijemput Ivan trus kesana bareng. Gue tadi ga bawa mobil, dianter dia." Diana mengangguk sembari memasukkan potongan udang ke dalam mulutnya.

Gue berhenti mengunyah makanan dari piring gue. Rasanya lama-lama aneh dan malah bikin gue ngerasa panas di perut. Mungkin karena ada rasa pedas yang cukup kuat, dan gue ga suka itu. Gue memutuskan menyudahi makan mengingat gue udah menghabiskan lebih dari setengah porsi.

Selesai makan siang, gue dan Diana kembali ke ruangan untuk menyiapkan keperluan kerjasama dengan salah satu brand terkenal, langkah awal yang menurut gue sangat pas dalam mengembangkan perusahaan. Walaupun perusahaan ini kecil, gue selalu bersyukur mengingat pencapaian-pencapaian yang udah dilewati. Rencananya minggu depan akan ada pertemuan untuk teken kontrak, dan karena itu kita mulai persiapan dari sekarang.

(UN)MONOTONOUS MARRIAGETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang